Eksklusif: Jadi Orangtua yang Kreatif, Ini Cara Radhini Mengatasi Tantang Mengasuh Toddler saat Pandemi

Radhini dan suami melakukan ragam kegiatan demi tumbuh kembang optimal buah hatinya

9 Oktober 2021

Eksklusif Jadi Orangtua Kreatif, Ini Cara Radhini Mengatasi Tantang Mengasuh Toddler saat Pandemi
Instagram.com/radhini_

Pandemi Covid-19 sudah satu tahun setengah berlangsung. Kondisi ini tentu membuat banyaknya perubahan dalam hidup setiap orang. Tak hanya orang dewasa, anak-anak pun turut merasakannya.

Disebut sebagai anak generasi pandemi, anak-anak juga merasakan dampak berarti seperti kurangnya bersosialisasi karena penutupan sekolah, serta tumbuh kembang yang menjadi lebih terbatas.

Hal ini rupanya juga dirasakan oleh penyanyi sekaligus seorang mama baru, Radhini Aprilya Hapsari. Ia mengaku merasakan adanya keterbatasan dalam mengasuh anak pertamanya, Imani yang kini sedang dalam tahap pertumbuhan.

Dalam exclusive interview untuk Millennial Mama of the Month Edisi Oktober 2021, ia menyebutkan, "Bagaimana juga kan pandemi ini jadi berpengaruh ya, karena kan (anak) jadi nggak bisa sebebas itu main di luar. Dia juga melihat dunia tuh jadi kurang luas, karena kita kurang jalan-jalan juga."

Meski demikian, Radhini menyebutkan bahwa ia dan suami harus bisa memutar otak agar tetap memberikan yang terbaik demi tumbuh kembang buah hati mereka yang lebih optimal.

Lantas, apa saja ya cara yang dilakukan Mama Radhini untuk mengoptimalkan tumbuh kembang buah hati pertamanya? Yuk, simak ulasan selengkapnya yang sudah Popmama.com rangkum berikut ini.

Bisa jadi inspirasi bagi Mama, inilah cara mengasuh toddler dengan menjadi orangtua yang kreatif saat pandemi nih!

1. Lebih kreatif dalam mengatasi tantangan yang ada

1. Lebih kreatif dalam mengatasi tantangan ada
Dok. Radhini

Sebagai orangtua baru, Radhini mengaku dirinya banyak belajar seputar pola asuh yang bisa ia terapkan pada buah hatinya. Namun, adanya pandemi membuat Mama satu orang anak ini harus berpikir lebih kreatif dalam menghadapi tantangan yang ada.

Disebutkan olehnya, ada banyak tantangan yang ia dan suami hadapi selama mengasuh toddler di tengah pandemi. Salah satu yang sangat dirasakan olehnya adalah kendala mengajarkan anak mengenakan masker.

"Kendalanya banyak banget, kayak kendala pakai masker aja tuh jadi kendala. Terus setiap detik harus semprot-semprot juga kan mau nggak mau ya, karena itu kan bentuk adaptasi kita dalam new normal ini," ujarnya menjelaskan.

Selain tantangan mengajarkan kebiasaan baru ini, Radhini juga menyebutkan bahwa ada tantangan lain selama mengasuh Imani. Adapun tantangan tersebut adalah bagaimana cara mengatasi kebosanan sang putri ketika sudah terlalu lama di dalam rumah.

Itulah mengapa penting dibutuhkan pemikiran yang kreatif untuk memberikan stimulasi apa lagi yang akan diberikan kepada putrinya setiap hari.

Sebagaimana disebutkannya, "Jadi memang harus kreatif aja sih kita sebagai orangtua. Misalkan hari ini main painting, besok berenang di kolam karet yang kita beli, atau besoknya lagi main apa gitu. Jadi musti lebih kreatif pokoknya."

Editors' Picks

2. Cara Radhini menjelaskan tentang pandemi pada putrinya

2. Cara Radhini menjelaskan tentang pandemi putrinya
Dok. Radhini

Meski usia toddler masih belum sepenuhnya memahami adanya pandemi, namun sebagai orangtua tetap perlu memberikan pemahaman yang singkat terkait virus Covid-19 yang masih mewabah di negeri ini.

Dalam penjelasan yang dibagikan Radhini, putrinya Imani memang belum mengerti apa yang terjadi dengan kondisi dunia saat ini. Hal ini lantaran usia sang putri yang masih terlalu belia untuk memahaminya.

Namun, penyanyi yang memiliki ciri khas rambut pendek ini tetap memberikan penjelasan dan pengertian kepada putrinya dengan cara-cara yang lebih mudah dipahami oleh anak-anak seusianya.

"Saya selalu terangkan kalau kita keluar itu harus pakai masker, dia udah tau itu. Meskipun pada kenyataannya dia juga susah banget pakai masker, tapi saya lebih kasih pengertian kayak yang nih Mama pakai masker, Papa pakai masker, kita semua harus pakai masker. Jadi paling kasih pengertiannya yang kayak gitu," pungkasnya.

Selain dengan memberikan pengertian untuk selalu menggunakan masker saat keluar rumah, Radhini juga menjelaskan kepada putrinya untuk rajin mencuci tangan dan menyemprotkan disinfektan serta hand sanizter sebagai proteksi tambahan.

3. Berkolaborasi dengan suami untuk mengasuh anak selama pandemi

3. Berkolaborasi suami mengasuh anak selama pandemi
Instagram.com/radhini_

Dalam penjelasan yang dibagikannya, Radhini juga menyebutkan bahwa mendidik anak di tengah pandemi tidak akan berjalan dengan baik jika tidak ada kerja sama antara istri dan suami. Ia pun membuat kesepakatan bersama dalam mengasuh putrinya bersama sang suami, Angga Adiyatama.

Di tengah kesibukan keduanya, Mama dan Papa dari Imani tetap menyempatkan diri untuk mendampingi putri mereka selama bermain di rumah saja.

Radhini juga mengaku bersyukur karena tipe pekerjaan ia dan suaminya adalah freelance yang bisa mereka kerjakan dari rumah, sehingga akan lebih memudahkan keduanya dalam mengawasi putrinya.

"Tinggal kita atur aja sih siapa yang lagi ada kerjaan, berarti yang satu menemani Imani. Kalau keduanya ada pekerjaan, kita titip ke mbak tetapi kita juga tetap mengawasi di situ," ungkap Radhini.

4. Pandemi menjadi hal yang disyukuri selama mengasuh anak

4. Pandemi menjadi hal disyukuri selama mengasuh anak
Instagram.com/radhini_

Meski ada banyak perubahan yang berdampak dalam hidup, namun Radhini mengaku adanya pandemi ini justru membuatnya lebih bersyukur karena memiliki waktu lebih banyak bersama Imani.

Sebagai seorang mama baru, salah satu penyiar podcast "Rapot" ini menyebutkan bahwa ia begitu menikmati momen bersama buah hatinya. Menurutnya, "(pandemi) Ini juga jadi satu hal yang perlu disyukuri juga sih buatku."

Dijelaskan oleh Radhini, banyaknya waktu yang ada selama pandemi membuat ia dan suami bisa lebih mengetahui bagaimana perkembangan anak mereka setiap detiknya.

"Ini kan kita hampir setiap detiknya ngelihat dia udah bisa ngapain, bisa ngomong kosa kata baru, tingkahnya baru, itu bisa kita lihat dengan cepat karena kita selalu ada didekatnya Imani. Jadi saya bersyukur banget akan itu," pungkasnya.

5. Perlu adanya komunikasi dengan support system

5. Perlu ada komunikasi support system
Dok. Radhini

Seperti pada poin penjelasan sebelumnya, Radhini menyebutkan bahwa proses mendidik Imani selama pandemi ini tidaklah mudah jika tidak ada kolaborasi antara ia dan suami.

Untuk itu, Mama dari Imani ini berpesan kepada seluruh Mama yang juga merasakan hal sama dengannya agar tetap berkomunikasi dengan baik kepada suami atau support system yang ada di rumah.

"Kalau kita lagi nggak bisa, harus dikomunikasikan. Kalau kita maksain untuk bisa terus, lama-lama kita jadi nggak waras. Jadi harus dikomunikasikan ke support system kita, supaya semuanya tetap bisa berjalan beriringan," pesan Radhini.

Selain mengkomunikasikan segala sesuatunya, hal penting lainnya yang Radhini sampaikan adalah dengan mencari rutinitas atau hobi baru yang dapat membuat kegiatan harian Mama menjadi lebih bermakna.

Millennial Mama of the Month Edisi Oktober 2021 - Radhini Aprilya Hapsari

Editor in Chief - Sandra Ratnasari
Senior Editor - Novy Agrina
Video Creator - Onic Metheany
Asst. Editor - FX Dimas Prasetyo  
Reporter - Putri Syifa Nurfadilah & Ninda Anisya
Social Media - Irma Ediarti
Video Editor - Jihan
Design - Shania Tabina Anandanoe

Baca juga:

#MillennialMama of the Month

Radhini
Millennial Mama

Radhini

"Selain mengurus keluarga, masih banyak orang yang harus saya bantu"

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.