5 Cara Mengatasi Anak yang Tantrum di Tempat Umum

Jangan langsung menuruti kemauannya, coba tenangkan dan hibur si Kecil yuk

3 Desember 2021

5 Cara Mengatasi Anak Tantrum Tempat Umum
Pexels/Ba Phi

Tantrum merupakan ledakan emosi anak yang membuatnya menangis, berteriak, hingga mengamuk. Hal ini juga menjadi ekspresi keterbatasan anak dalam mengelola perasaannya.

Saat anak mengalami tantrum, tak sedikit orangtua yang masih dibuat kebingungan dalam mengatasinya. Jika kondisi tantrum terjadi ketika anak di dalam rumah, mungkin Mama masih bisa mengabaikannya dan membiarkan anak tenang dengan emosinya sendiri.

Beda cerita ketika anak mama tantrum ketika di tempat umum. Tak hanya bingung dan khawatir dengan kondisinya, tak dipungkiri rasa malu juga akan Mama rasakan karena sudah mengganggu orang yang ada di sekitar.

Untuk mengatasi anak tantrum di tempat umum, berikut Popmama.com telah merangkum beberapa langkah yang tepat tanpa memarahi. Yuk, simak!

1. Melakukan pendekatan sebelum mengajak pergi

1. Melakukan pendekatan sebelum mengajak pergi
Freepik/Freepic-diller

Sebelum memutuskan membawa si Kecil pergi ke luar rumah, langkah pertama yang perlu orangtua lakukan adalah melakukan pendekatan dengan membantunya bersiap, memberitahu ke mana akan pergi, serta apa yang nanti harus ia lakukan ketika berada di tempat yang dikunjungi.

Mama juga bisa memberikan batasan yang perlu anak patuhi. Namun ingat, pastikan batasan tersebut dalam batas wajar sehingga nantinya si Kecil tidak merasa terbebani dalam melakukannya.

Beritahu anak batasan tersebut dengan lembut sambil melakukan kontak mata, cara satu ini akan memberikan ketenangan ketika ia menghadapi perasaan buruk saat di tempat umum.

Editors' Picks

2. Memprediksi emosi anak

2. Memprediksi emosi anak
Pexels/Arina Krasnikova

Jika sudah dipersiapkan sebelum pergi, selanjutnya Mama bisa memprediksi emosionalnya. Perhatikan jika si Kecil mulai tidak nyaman dengan lingkungan tempat berkunjungnya. Sehingga Mama bisa segera mengantisipasi dengan menenangkannya.

Caranya dengan membawa anak ke tempat yang lebih tenang untuk beberapa saat, lalu beri sentuhan atau alihkan perhatian mereka dengan hal-hal yang anak sukai. Cara ini juga membantu anak untuk beristirahat sejenak dari kegiatan di luar rumah.

3. Jangan selalu memberikan yang anak inginkan

3. Jangan selalu memberikan anak inginkan
Pexels/Trần Long

Sat anak ingin sesuatu, tetapi keinginan tersebut tak diwujudkan, kondisi ini yang pada akhirnya membuat anak menjadi tantrum di tempat umum. Alhasil, orangtua sering kali dikalahkan dengan langsung memberikan apa yang anak inginkan.

Nggak harus seperti itu kok, Ma. Justru memberikan apa yang anak mau saat tengah tantrum tidak baik dilakukan. Sebab bisa memengaruhi sikapnya dan akan mengunglanginya di kemudian hari.

4. Jangan membalas perlakuan anak

4. Jangan membalas perlakuan anak
Pexels/keira burton

Saat anak tantrum, terlebih di tempat umum, orangtua pasti akan dibuat kesal karena malu dengan orang sekitarnya. Alhasil, anak pun bisa saja mendapat balasan perlakuannya dengan dimarahi oleh orangtuanya.

Padahal, cara seperti ini sebaiknya dihindari, Ma. Orangtua adalah contoh bagi anak, maka saat Mama atau Papa berteriak memarahinya, maka anak pun bisa mengikutinya lebih keras lagi.

Untuk mengatasinya, Mama bisa memberikan dukungan seperti bersikap tenang, lalu dengarkan apa yang anak katakan. Perlu diketahui bahwa tantrum adalah ledakan emosi yang anak rasakan ketika tak dapat mengelola perasaannya, di sinilah peran orangtua untuk menenangkan anak menjadi sangat dibutuhkan.

5. Memberikan hiburan pada anak

5. Memberikan hiburan anak
Freepik/shurkin_son

Alih-allih berteriak atau memarahi anak, Mama bisa menghiburnya dengan bersikap lebih humoris. Ajak anak untuk mengalihkan perhatiannya dengan membuatnya tertawa bersama.

Ajak anak ke tempat yang lebih nyaman dan tidak terlalu ramai, lalu biarkan si Kecil mengatakan apa yang sedang ia rasakan. Setelah itu barulah Mama bisa menghibur anak sebagai bentuk pengalihan perhatian.

Itulah beberapa cara mengatasi anak tantrum di tempat umum. Perlu diingat bahwa tantrum adalah hal yang wajar di usia anak-anak, kita sebagai orangtua harus lebih mengerti dan mendengarkan apa yang anak keluhkan tentang perasaannya.

Semoga informasi di atas bermanfaat dan bisa membantu Mama menenangkan si Kecil ketika tantrum di tempat umum ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.