Demi Kesehatan Anak, Sering Bersihkan 5 Barang Ini dengan Disinfektan

Semprot disinfektan secara berkala ya, Ma

23 Oktober 2020

Demi Kesehatan Anak, Sering Bersihkan 5 Barang Ini Disinfektan
fatherly.com

Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia setiap harinya terus meningkat, dengan bertambahnya kasus baru semakin membuat masyarakat diminta lebih menjaga kebersihan dan tetap menjaga physical distancing untuk memberhentikan penyebaran virus corona.

Meski semua kegiatan sudah dilakukan #DiRumahAja, masyarakat diminta melakukan langkah pencegahan dengan menyemprotkan cairan disinfektan sebagai upaya membersihkan virus atau bakteri yang menempel. 

Tak hanya pada sarana dan prasarana umum, kebersihan barang-barang di rumah juga tetap harus terjaga dari virus atau bakteri.

Masyarakat diminta melakukan semprot disinfektan di rumah masing-masing sebagai langkah mengantisipasi risiko penularan virus corona.

Membersihkan barang-barang di rumah dengan cairan disinfektan juga membantu mencegah anak terpapar virus yang menempel pada benda-benda yang ada disekitarnya.

Dengan rutin menyemprotkan cairan disinfektan secara berkala, Mama dapat melindungi anak dan keluarga dari risiko terpapar virus atau bakteri.

Untuk menjaga keselamatan anak, Mama bisa rutin membersihkan 5 barang-barang ini dengan disinfektan. Lakukan secara berkala ya, Ma. Simak rangkuman Popmama.com berikut ini.

1. Peralatan makan

1. Peralatan makan
Freepik

Tak hanya peralatan dapur atau memasak seperti area dapur, Peralatan makan juga perlu diperhatikan untuk dibersihkan secara berkala. Terlebih perlatan makan si Kecil yang setiap hari digunakan. Meski terlihat bersih, namun Mama tetap harus memebrsihkan secara menyeluruh dengan cairan disinfektan.

Rodney E. Rohde, Ph.D., ketua program untuk program Ilmu Laboratorium Klinis di Texas State University. Faktanya, penelitian dari National Sanitation Foundation telah menemukan bahwa area tempat makan atau peralatan makan memiliki lebih banyak bakteri dan kotoran dari tempat lain di rumah.

Editors' Picks

2. Knop pintu dan remot

2. Knop pintu remot
Freepik

Benda sering dipegang oleh orang tentu akan membuat berbagai bakteri, virus, dan jamur menempel di permukaannya. Benda yang paling sering dipegang oleh orang rumah tak lain adalah knop pintu dan remot tv.

Untuk menghindari anak dari berbagai bakteri, virus, dan jamur yang menempel di benda-benda tersebut, Mama perlu membersihkan dengan cairan disinfektan agar anak tetap terjaga dari bakteri berbahaya yang mengintai.

3. Kamar mandi

3. Kamar mandi
Pexels/Pixabay

Kamar mandi menjadi area yang sudah jelas harus mendapat perhatian khusus dalam kebersihan. Sebab disinilah bakteri berkumpul. Oleh karena itu, Mama perlu membersihkan disinfektan secara teratur pada kamar mandi untuk membantu meminimalkan pertumbuhan mikroba yang berbahaya bagi pertumbuhan anak-anak.

4. Mainan

4. Mainan
Freepik/Maria-sbytova

Benda satu ini juga perlu mendapat perhatian lebih, Ma. Si Kecil tentu memiliki beragam mainan yang setiap hari dimainkannya. Meski terlihat bersih, namun kita tidak tahu apakah ada bakteri atau virus yang menempel atau tidak.

Jadi, bersihkan mainan si Kecil secara berkala dengan cairan disinfektan ya, Ma. Ini dilakukan sebagai upaya pencegahan virus yang menempel pada mainan anak.

5. Ponsel

5. Ponsel
Freepik

Selain mainan, si Kecil tentu memiliki kegemaran menonton YouTube dari ponsel, bukan? Jika iya, sebelum memberikan pada si Kecil, Mama perlu secara berkala membersihkan ponsel dengan disinfektan. Sebab ponsel merupakan salah satu benda yang setiap hari tak pernah lepas dari genggaman, sehingga kita tidak tahu apakah ada virus yang menempel atau tidak.

Nah, itulah benda-benda di rumah yang perlu dibersihkan dengan disinfekan secara rutin. Sebelum membersihkan dengan disinfektan, pastikan terlebih dahulu anak tidak berada terlalu dekat ya, Ma.

Selain membersihkan area rumah dengan disinfektan, hal penting lainnya yang perlu Mama lakukan adalah tetap jaga kebersihan si Kecil dengan mengajarkan mereka untuk selalu mencuci tangan. 

Itulah 5 barang yang perlu Mama bersihkan dengan disinfektan agar anak tetap aman.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.