Eksklusif: Pola Asuh a la Irish Bella, Belajar untuk Tidak Melarang Anak dengan Kata 'Jangan'

Ini dia pola asuh yang diterapkan Irish Bella dalam mengurus buah hatinya di tengah pandemi

14 Januari 2022

Eksklusif Pola Asuh a la Irish Bella, Belajar Tidak Melarang Anak Kata 'Jangan'
Popmama.com/Michael Andrew
Photoshoot dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah

Setelah menikah, kehadiran seorang anak di tengah keluarga tentu menjadi kebahagiaan tersendiri bagi setiap pasangan. Begitu pula dengan pasangan Irish Bella dan Ammar Zoni. Kini Irish Bella dan suami bekerja sama untuk membangun kebiasaan yang baik dalam mengasuh si Kecil, Air Rumi Akbar 1453.

Sudah berganti status sebagai seorang mama, kini kehidupan Irish Bella pun mengalami perubahan. Bahkan, Millennial Mama of the Month edisi Januari 2022 ini mengaku bahwa dirinya terus belajar untuk bisa memberikan pola asuh yang sesuai untuk anak pertamanya.

"Saya dan suami itu sama-sama bekerjasama bahwa mendidik anak itu tugas kita berdua, jadi harus seimbang," ungkap Irish Bella dalam exclusive interview  bersama Popmama.com beberapa waktu lalu.

Jika Mama ingin mengetahui cerita lain dari Irish Bella dan suami dalam memberikan pola asuh kepada Air Rumi, kali ini Popmama.com telah merangkumkan informasi selengkapnya. Tentunya cara pola asuh Irish Bella ini bisa jadi inspirasi bagi Mama dan Papa dalam mendampingi  toddler  di tengah pandemi.

1. Mengarahkan Air sesuai dengan apa yang disukai oleh sang anak

1. Mengarahkan Air sesuai apa disukai oleh sang anak
Popmama.com/Michael Andrew
Photoshoot dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah

Menurut Irish Bella, mengasuh anak memang bukanlah hal mudah, itulah mengapa ia terus belajar setiap harinya dari berbagai sumber yang ada. Mulai dari membaca buku seputar ilmu parenting, hingga bertanya pada keluarga dan teman-teman yang lebih berpengalaman.

"Saya termasuk yang selalu baca-baca buku, nanya pengalaman teman-teman yang lebih berpengalaman dan sudah punya anak banyak. Tetapi kadang kan apa yang kita baca, kita pelajari, itu kan agaksusah untuk dipraktikan sehari-hari," ungkap Irish.

Meski tidak mudah, namun Irish Bella dan Ammar Zoni sepakat untuk memberikan bimbingan sebaik mungkin sejak usia Air masih dini.

Saat ini, ia lebih ke tahap pemberian edukasi dan pemahaman akan apa pun yang putranya sukai.

"Kalau saya sekarang sih lebih membimbing Air ke mana pun yang dia sukai, tapi tentunya tetap dalam pengawasan kami berdua," sambungnya.

Editors' Picks

2. Irish Bella belajar untuk tidak melarang anak dengan menggunakan kata 'jangan'

2. Irish Bella belajar tidak melarang anak menggunakan kata 'jangan'
Popmama.com/Michael Andrew
Photoshoot dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah

Di masa tumbuh kembang putranya saat ini, pemain sinetron ini mengaku bahwa Air merupakan tipe anak yang sangat aktif bergerak dan ingin mencoba banyak hal baru yang ada di sekitarnya.

Untuk itu, ia ingin membiarkan Air bereksplorasi. Irish juga berusaha tidak melarang anak dengan penggunaan kata 'jangan'. 

Alih-alih mengatakan demikian pada Air, Irish justru melakukan cara pengalihan yang bertujuan untuk mengalihkan perhatian Air agar tidak tertuju pada sesuatu yang tidak sebaiknya ia lakukan. 

"Air adalah baby yang sangat aktif. Jadi untuk mengalihkannya saya belajar untuk ke tidak melarangnya, gitu. Dan juga kalau saya lebih belajar untuk tidak mengucapkan kata jangan. Jadi saya lebih menginstruksi atau mengalihkan dia melakukan sesuatu yang lain," ujar istri dari Ammar Zoni.

3. Menanamkan nilai baik sejak usia dini

3. Menanamkan nilai baik sejak usia dini
Popmama.com/Michael Andrew
Photoshoot dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah

Di usia Air yang saat ini memasuki usia 14 bulan, Irish Bella dan suami ingin menanamkan nilai-nilai baik dalam kehidupan putranya. Beberapa nilai baik yang keduanya tanamkan pada Air sejak dini di antaranya menghormati orang yang lebih tua darinya, serta menjaga kebersihan.

Irish menceritakan, kebersihan menjadi salah satu hal penting yang perlu orangtua tanamkan pada anak-anaknya sejak usia dini. Cara ini bisa dimulai dari hal-hal kecil seperti merapikan mainannya jika sudah seselai digunakan.

"Jadi kalau sudah selesai main, terus dia pengin pindah ke permainan atau ruangan lain, saya yang sering memutarkan lagu tidy up song gitu untuk mengajak dia bertanggung jawab akan mainannya," ucap Mama dari Air Rumi.

4. Mulai memasukkan Air ke sekolah sejak dini

4. Mulai memasukkan Air ke sekolah sejak dini
Popmama.com/Michael Andrew
Photoshoot dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah

Saat ini, baby school atau sekolah untuk bayi dan balita semakin banyak digaungkan untuk para orangtua millennial. Selain untuk memberikan pendidikan berupa pelatihan stimulus, sekolah anak-anak juga bisa membantu anak untuk bersosialisasi sejak dini.

Irish Bella rupanya termasuk ke dalam orangtua yang turut memasukkan putranya ke dalam sekolah anak, bahkan sejak usia Air masih berusia 10 bulan. Saat itu, Air masuk ke dalam kelas yang memang dikhususkan untuk melatih interaksi dengan teman seusianya.

Selain itu, Irish Bella juga menceritakan bahwa tujuannya memasukkan Air ke sekolah bayi adalah untuk melatih stimulus si Kecil sedini mungkin.

Ia mengatakan, "Jadi di sekolah dia bisa belajar musik dengan bernyanyi, belajar motorik dan sensorik, jadi begitu di sekolah dia dikenalkan berbagai jenis tekstur dan lainnya."

Selain itu, menurutnya menyekolahkan anak sejak dini juga lebih efektif dan maksimal karena tools yang disediakan lebih lengkap dan tenaga pengajarnya pun merupakan orang-orang terlatih yang sudah terbiasa mengasuh bayi dan balita.

"Saya merasa kalau di rumah kurang maksimal  aja,  karena kita juga nggak punya tools  buat mengajarkan dia. Aku merasa Air lebih maksimal belajar dan eksplornya saat di sekolah," sambungnya.

Meski begitu, kedua orangtua Air juga menegaskan bahwa pemilihan sekolah juga perlu dipertimbangkan sebaik mungkin. Terlebih di situasi pandemi seperti sekarang ini.

Irish menyebutkan bahwa sekolah yang dipilihnya sudah menyesuaikan dengan protokol kesehatan yang ada, serta kapasitas muridnya pun tidak banyak, sehingga ia merasa lebih tenang dan aman untuk menyekolahkan buah hatinya.

5. Melakukan kerjasama yang maksimal dengan suami

5. Melakukan kerjasama maksimal suami
Popmama.com/Michael Andrew
Photoshoot dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah

Menerapkan pola asuh pada anak tentu tak lepas dari tugas dan kewajiban kedua orangtua. Jika orangtua terdahulu lebih menerapkan bahwa Papa tugasnya mencari nafkah, sementara Mama mengasuh buah hati, Irish Bella justru tidak ingin menerapkan hal serupa untuk putranya.

Menurutnya, kerjasama antara suami dan istri adalah cara terbaik dalam memberikan pola asuh kepada anak.

Sebab bagi pesinetronyang memiliki paras blasteran bule ini, mendidik anak adalah tugas kedua orangtua yang tidak bisa dibedakan.

"Karena memang Air juga butuh sosok Papa, biar gimana pun kan cara mendidik seorang mama dan seorang papa itu beda ya," tutupnya.

Itulah cerita dari Irish Bella, Mama dari Air Rumi Akbar 1453 dalam memberikan pola asuh untuk putra tercinta. Semoga kisah yang dibagikan Mama Irish di atas dapat memberikan inspirasi bagi para orangtua dalam memberikan pola asuh pada anak-anak generasi pandemi sekarang ini.

Baca juga:

#MillennialMama of the Month

Irish Bella
Millennial Mama

Irish Bella

"Key point untuk kita menjalani tahun baru 2022 adalah berpikiran positif, berani, dan selalu bersyukur"

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk