Tak Hanya Menghibur, Ini Manfaat Permainan 3D untuk Anak

Kenalkan sejak dini yuk, Ma!

9 Maret 2021

Tak Ha Menghibur, Ini Manfaat Permainan 3D Anak
Instagram.com/greyandmama

Dunia anak dikenal dengan dunia bermain, jadi sejak kecil pun anak akan banyak bermain untuk membantu proses tumbuh kembangnya. Namun, tak semua mainan fungsinya hanya menghibur kok, Ma.

Salah satunya permainan 3D yang fungsional dengan memberikan edukasi atau manfaat lain untuk pertumbuhan si Kecil. Nggak cuma tersedia di game video, permainan 3D juga banyak dipasarkan dalam berbagai bentuk yang disukai anak.

Seperti yang diperlihatkan Grey, slebgram cilik yang memiliki pengikut 900 ribu lebih dengan akun greyandmama. Dalam foto sang Mama menjelaskan bagaimana permainan 3D dapat memberikan manfaat untuk tumbuh kembang sang anak.

Ada berbagai jenis mainan 3D yang bisa anak mainkan,mulai dari mobil-mobilan, rumah-rumahan, dan lain sebagainya. Ini semua baik diperkenalkan sejak usia dini, Ma.

Tujuannya agar anak dapat merasakan manfaat untuk proses tumbuh kembangnya.

Lantas, apa saja manfaat mainan 3D untuk anak? Berikut Popmama.com telah merangkumnya, disimak yuk!

1. Menghibur

1. Menghibur
Freepik/Gpointstudio

Sudah semestinya permainan memiliki manfaat yang dapat menghibur penggunanya, begitu pula yang akan dialami oleh anak-anak. Dengan memainkan permainan 3D, anak tentu merasa terhibur dan dapat memanfaatkan waktu luangnya untuk bermain permainan edukasi tersebut.

Editors' Picks

2. Stimulasi motorik anak

2. Stimulasi motorik anak
Instagram.com/ivi3dplaycarpets

Sejak dini, anak perlu dilatih motorik agar tumbuh dengan baik. Ada banyak cara melatih motorik anak, Ma. Salah satunya memberikan mainan 3D. Ini karena anak akan menyentuh dan merasakan permainan tersebut untuk merangsang motorik halus dan kasarnya, Ma.

3. Mampu meningkatkan kemampuan kognitif

3. Mampu meningkatkan kemampuan kognitif
Instagram.com/ivi3dplaycarpets

Tak hanya mengajarkan anak berbagai macam pelajaran formal, melalui permainan pun Mama bisa melatih kognitif anak lho! Peneliti menunjukkan bahwa anak yang bermain permainan 3d terdapat terdapat peningkatan kemampuan otak rata-rata hingga 12 persen. 

4. Melatih kreativitas

4. Melatih kreativitas
Instagram.com/ivi3dplaycarpets

Permainan yang mirip dengan bongkar pasang ini juga bisa dijadikan permainan dalam melatih kreativitas anak mama. Dengan menyiapkan permainan 3D, anak akan belajar menyusun mainan tersebut agar menjadi satu keutuhan yang rapih untuk ia mainkan.

5. Meningkatkan bonding orangtua dan anak

5. Meningkatkan bonding orangtua anak
Freepik

Tak hanya dimainkan oleh anak, permainan 3D ini juga bisa Mama mainkan bersama lho! Dengan begitu, tentunya dapat menguatkan bonding antara Mama dan si Kecil. Mulai dari mendampingi anak saat beraktivitas, hingga bermain bersama bisa jadi alternatif dalam tingkatkan bonding. 

Itu dia manfaat mainan 3D untuk anak. Nggak selalu menghibur, mainan juga bisa memberikan manfaat yang baik untuk tumbuh kembangnya kok! Sudah coba, Ma? 

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.