5 Tips Mengajarkan Anak Membaca Lewat Permainan

Selamat Hari Aksara Internasinal 2021! Agar lebih menyenangkan, ajarkan anak membaca lewat permainan

8 September 2021

5 Tips Mengajarkan Anak Membaca Lewat Permainan
Freepik

Setiap tanggal 8 September diperingati sebagai Hari Aksara Internasional 2021 yang sering disingkat dengan sebutan HAI.

Tujuan peringatan Hari Aksara Internasional 2021 untuk mengingatkan masyarakat tentang pentingnya aksara atau literasi. Banyak negara di dunia ikut merayakannya, begitu pula dengan Indonesia.

Literasi merupakan kecakapan dalam berkata-kata, ini termasuk martabat dan hak asasi setiap manusia. Untuk itu penting untuk merayakan Hari Aksara Internasional dengan cara mengajarkan si Kecil membaca, mengenalkan huruf, menceritakan pentingnya budaya membaca sejak dini pada anak.

Untuk tumbuh kembang si Kecil yang optimal, tentu orangtua perlu memberikan dukungan dan mengajarkan berbagai macam pelajaran yang sesuai dengan usianya. Diantaranya adalah dengan melatih anak membaca.

Sebelum anak memasuki jenjang pendidikan pertamnya, Mama bisa lho menganalkan kata-kata sederhana untuk membangun kosakata yang anak ketahui agar lebih siap bersekolah.

Tak hanya mempersiapkan diri sebelum sekolah, anak pun akan mendapat berbagai manfaat lain dengan melakukan kegiatan membaca. Diantaranya meningkatkan kemampuan bahasa, menstimulasi imajinasi, serta meningkatkan konsentrasi dan kesehatan otak anak menjadi lebih optimal.

Untuk itu, Mama bisa mengenalkan anak kegiatan membaca sejak dini dengan cara yang mudah dan menyenangkan.

Salah satunya melalui berbagai permainan, Ma. Dengan mengajarkannya melalui permainan, anak pun tak akan merasa belajar menjadi hal yang membosankan dan menegangkan.

Lantas, apa saja permainan yang bisa melatih si Kecil untuk membaca?

Yuk, simak rangkuman tips dan cara mengajarkan anak membaca lewat permainan yang sudah Popmama.com siapkan berikut ini, Ma!

1. Buku cerita bergambar

1. Buku cerita bergambar
Freepik/gpoInstudio

Si Kecil suka mendengarkan dongeng? Mama bisa memanfaatkan buku cerita menjadi ajang mengenalkan tulisan dan kosakata, Ma.

Cobalah menggunakan buku cerita bergambar yang akan menarik perhatian anak mama. Caranya dengan memulai membaca satu kata sederhana yang ada dalam buku, lalu ajak si Kecil untuk bergantian membacakan kata tersebut. 

Ketika usia anak terus bertambah, Mama pun bisa menambahkan kata lainnya yang akan dibacakan untuk anak. Dengan begitu, kemampuan membaca dan mengenal kata yang anak ketahui pun akan meningkat.

Editors' Picks

2. Bermain tebak-tebakan

2. Bermain tebak-tebakan
Freepik/gpoInstudio

Bermain tebak-tebakan juga bisa lho menjadi metode mengenalkan berbagai macam kata. Caranya pun mudah, Mama bisa membuat permainan ini di rumah dengan bahan-bahan yang ada.

Pertama coba buatlah dadu dari kertas yang kemudian bisa Mama tempelkan kata seperti “siapa”, “apa”, “kapan”, “di mana”, “kenapa”, "bagaimana?"

Kemudian, ambil buku cerita pendek yang anak suka, lalu baca bersama anak. Setelah bacaan selesai, lemparlah dadu yang telah dibuat tadi. Jika sisi bagian atas menunjukkan kata "di mana", Mama bisa menanyakan pada anak di mana latar tokoh dalam cerita yang dibaca tadi.

Begitu pun seterusnya, Ma. Dengan begitu anak pun akan memahami bacaan yang dibaca bersama, serta menambah kosakata yang ia miliki.

3. Kartu gambar

3. Kartu gambar
Pexels/lina-kivaka

Selain buku cerita bergambar, Mama juga bisa mengajak anak membaca melalui permainan kartu gambar. Mama bisa memberikan kartu bergambar dengan alfabet atau kata sederhana yang bergambar dan warna warni. 

Dengan kartu gambar tersebut, tentunya ini menjadi hal yang menari perhatian anak, Ma. Mama pun bisa mengenalkan huruf serta bacaan lain pada anak untuk berlatih membaca.

4. Huruf tempel

4. Huruf tempel
Freepik/Racool-studio

Jika kartu bergambar hanya mengenalkan huru atau tulisan biasa, Mama juga bisa membuat kata-kata sendiri yang sering anak sebutkan sehari-hari.

Caranya dengan membuat huruf atau tulisan yang bisa ditempel pada papan tulis maupun kertas karton. Setelah itu, minta si Kecil menyusun sebuah kata tentang hal yang mereka sukai. 

Ajak perlahan dengan cara yang menyenangkan, misalnya dengan membawa mainan kesukaannya juga boleh, Ma. Mama pun bisa meminta anak menuliskan warna atau kata yang menunjukkan mainan kesukaannya tersebut.

5. Manfaatkan gadget dengan aplikasi belajar

5. Manfaatkan gadget aplikasi belajar
Pexels/Ketut Subiyanto

Tidak dipungkiri bahwa gadget saat ini menjadi benda favorit bagi hampir semua orang, termasuk anak-anak. Agar penggunaan gadget menjadi lebih bermanfaat, Mama bisa memanfaatkannya untuk mengenalkan membaca.

Misalnya dengan mengunduh aplikasi membaca atau buku pelajaran pada gadget yang biasa anak gunakan. Tak hanya itu, Mama bisa juga menonton tayangan edukatif bersama anak melalui aplikasi yang ada pada gadget.

Dengan begitu, anak pun tak selalu terfokus pada permainan yang ada dalam gadget saja, Ma. Tetapi juga gadget bisa bermanfaat untuk melatih anak membaca serta pelajaran lainnya.

Itulah beberapa tips mengenalkan bacaan pada anak melalui permainan. Pastikan selalu mendampingi si Kecil ketika mereka mengalami kesulitan mengenal atau membaca sebuah huruf ya, Ma.

Semoga tips dan cara mengajarkan anak membaca lewat permainan di atas dapat bermanfaat dan bisa diterapkan pada si Kecil di rumah ya. Tetap semangat dalam mendidik si Kecil ya, Mama!

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.