Penting Dilakukan, Ini 7 Waktu Terbaik Memeluk Anak

Meski mudah dilakukan, namun memeluk anak masih sering dilupakan nih, Ma

21 April 2021

Penting Dilakukan, Ini 7 Waktu Terbaik Memeluk Anak
Freepik/Yanalya

Sejak kecil, anak perlu diajarkan bagaimana mengungkapkan rasa sayangnya. Selain baik untuk tumbuh kembangnya, baik pula untuk membangun bonding antara orangtua dan anak sampai dewasa kelak.

Ada berbagai cara yang bisa Mama dan Papa lakukan dalam mengungkapkan rasa cinta dan sayang terhadap si Kecil. Mulai dari memberikan pendidikan yang layak, memberikan hadiah, serta melalui kontak fisik atau sentuhan seperti memberikan pelukan.

Bentuk afeksi yang ditunjukkan Mama dan Papa melalui pelukan ternyata jauh lebih ampuh dalam mengungkapkan kasih sayang lho! Hal ini karena pelukan tak hanya memberikan rasa nyaman dan hangat bagi anak, tetapi juga rasa tentram bagi yang memberi dan diberi pelukan.

Memeluk anak juga memiliki segudang manfaat untuk tumbuh kembangnya, Ma.

Meski orangtua bisa dengan bebas memeluk buah hati mereka, namun hal yang mudah dilakukan ini justru masih sering dilupakan.

Karena itu, Popmama.com akan merangkum 7 waktu terbaik memeluk anak yang bisa Mama dan Papa berikan kepada si Kecil. Disimak dan coba terapkan yuk, Ma, Pa!

1. Sebelum dan bangun tidur

1. Sebelum bangun tidur
Freepik/Shurkin-son

Waktu terbaik saat memeluk anak yang bisa Mama berikan padanya adalah sebelum tidur. Mengapa demikian? Sebab memeluk anak sebelum tidur ternyata memiliki banyak manfaat untuk tumbuh kembangnya, salah satunya akan membuat tidurnya menjadi lebih nyenyak, Ma.

Selain itu, saat anak bangun tidur pun Mama dan Papa juga bisa memberikan pelukan untuk membangkitkan semangat paginya. Jika bangun tidur si Kecil sering terlihat lesu, malas, dan kebingungan, pelukan inilah yang akan membantunya semangat mengawali hari.

2. Ketika Mama dan Papa akan bekerja

2. Ketika Mama Papa akan bekerja
Pexels/gustavo-fring

Bagi orangtua yang bekerja, memeluk anak sebelum memulai kerja juga menjadi waktu terbaik yang bisa Mama dan Papa berikan. Jika si Kecil sudah bangun di pagi hari, maka ini menjadi yang bisa dimanfaatkan untuk memberi tahu anak bahwa Mama dan Papanya harus pergi bekerja. Sehingga si Kecil akan lebih tenang ketika dititipkan dengan pengasuh ataupun keluarga di rumah.

Editors' Picks

3. Ketika Mama dan Papa tiba di rumah

3. Ketika Mama Papa tiba rumah
Freepik

Saat Mama dan Papa pergi tanpa si Kecil, seperti misalnya bekerja atau membeli keperluan rumah tangga, coba sempatkan memeluk mereka yuk, Ma, Pa! Pelukan orangtua saat tiba di rumah menjadi salah satu momen yang selalu ditunggu oleh anak.

Selain untuk menguatkan bonding, pelukan ini juga akan mengurangi sedikit rasa bersalah kita sebagai orangtua karena kurangnya waktu bersama si Kecil di tumbuh kembangnya ini.

4. Anak melakukan kebaikan

4. Anak melakukan kebaikan
Freepik/Shurkin_son

Berbuat kebaikan memang perlu diajarkan pada anak sejak dini. Ketika anak berhasil menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari mereka, Mama bisa memberikan hadiah atas kebaikannya tersebut. Memberikan pelukan menjadi salah satu hadiah yang bisa Mama berikan padanya.

Selain untuk menghargai usaha anak dalam berbuat kebaikan, pelukan juga menjadi afeksi sayang yang bisa Mama berikan bahwa apa yang ia lakukan adalah hal yang baik. Mama bisa memeluk sambil berkata, "Makasih ya, kamu hari ini hebat mau berbagai. Mama bangga!"

5. Ketika anak marah atau sedih

5. Ketika anak marah atau sedih
Freepik
ilustrasi

Di usia balita, umumnya anak masih belum bisa memahami dan mengendalikan emosi yang ada pada dirinya. Sehingga membuat mereka cepat meluapkan rasa marah maupun sedih seperti halnya tengah tantrum, Ma.

Nah, saat anak merasakan seperti ini, salah satu cara terbaik menenangkannya adalah dengan memberikan pelukan. Memeluk anak saat tengah marah atau sedih akan membuat mereka merasa lebih tenang dan bisa menceritakan apa yang tengah dirasakannya pada Mama maupun Papa.

6. Sebagai kejutan

6. Sebagai kejutan
Freepik/tirachardz

Memberi kejutan tak melulu dengan membelikan anak makanan atau mainan baru lho, Ma. Sebuah pelukan yang hangat juga bisa Mama berikan sebagai kejutan untuk si Kecil. Ini menjadi sebuah afeksi yang bisa Mama tunjukkan pada anak bahwa rasa cinta dan sayang untuk si Kecil begitu besar dan tulus.

7. Momen istimewa anak

7. Momen istimewa anak
Freepik/Racool-studio

Momen istimewa anak seperti saat mereka ulang tahun atau memenangkan sebuah perlombaan, ternyata juga bisa dijadikan momen terbaik untuk memberikan pelukan padanya. Selain memberikan hadiah berupa barang, hadiah berupa kontak fisik melalui pelukan justru menjadi jauh lebih bermakna untuk menunjukkan kasih sayang Mama dan Papa padanya.

Itulah waktu terbaik yang bisa Mama dan Papa luangkan untuk memeluk anak. Meski umumnya memeluk anak tidak ada batasan waktu, kapan pun bisa dilakukan, Ma.

Tetapi, waktu yang sudah disebutkan di atas ini bisa menjadi waktu terbaik agar Mama dan Papa tidak melupakan untuk memberika afeksi sayang melalui pelukan. Yuk, jangan lupa untuk memberikan pelukan pada si Kecil hari ini, Ma, Pa!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.