7 Manfaat Edamame untuk Kesehatan Anak

Ternyata banyak manfaatnya lho Ma edamame ini!

24 November 2020

7 Manfaat Edamame Kesehatan Anak
foodandnutrition.org

Saat Mama mengunjungi restoran Jepang, pasti Mama akan menemukan kacang asal Jepang ini yang bernama edamame. Kacang asal Jepang ini memang terkenal banyak nutrisinya lho, Ma.

Edamame ini biasa disajikan sebagai campuran sup atau camilan yang menyehatkan. Kacang edamame ini mengandung banyak vitamin A, vitamin C, serat, dan protein yang banyak serta sejumlah zat gizi lainnya lho dan tentu memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan.

Kacang ini menjadi jenis sayuran yang menyediakan protein lengkap dengan 9 asam amino esensial setara dengan telur dan daging. 

Kali ini Popmama.com akan memberikan informasi lengkap mengenai manfaat edamame untuk kesehatan anak dan bagaimana cara pengolahannya. Simak yuk, Ma! 

Kandungan Gizi dan Kalori 100 gram Edamame

Kandungan Gizi Kalori 100 gram Edamame
Wikimedia Commons

Edamame mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh anak. Dalam 100 gram edamame  mengandung:

  • 129 kalori,
  • 9,41 gram protein,
  • 4,12 gram lemak sehat,
  • 14,12 gram karbohidrat,
  • 5,9 gram serat,
  • 75,2 g mineral,
  • 3,18 mkg zat besi, magnesium, mangan,
  • 94 mg kalsium, zinc, dan kalium.

Selain nutrisi di atas, edamame juga mengandung multivitamin antara lain vitamin B-6, vitamin E, riboflavin, niasin, dan tiamin.

Sumber lemak tak jenuh ganda yang sehat, terutama asam lemak omega-3 asam alfa-linolenat juga ada pada kacang edamame ini. Maka dari itu tak ada salahnya jika rutin mengonsumsi edamame karena banyak sekali kandungan nutrisi dalam edamame.

Bagaimana Cara Mengolah Edamame untuk Anak-Anak?

Bagaimana Cara Mengolah Edamame Anak-Anak
Freepik/jcomp

Kandungan gizi pada edamame sangat kaya dan tak perlu diragukan lagi. Tapi harap diingat bahwa kedelai ini cenderung sulit dicerna bagi anak-anak. Oleh karena itu, cara yang terbaik adalah memberikan edamame sedikit demi sedikit pada si Kecil. 

Agar aman untuk anak-anak, hindari memberi edamame terlalu banyak dalam satu takaran saji karena dapat menyebabkan reaksi alergi.

Dianjurkan agar mengonsumsi edamame satu cangkir kecil per hari atau setara dengan 200 gram ya, Ma. Ini dibagi menjadi beberapa kali makan lho.

Oleh karena itu, saat memberikan edamame kepada si Kecil, pastikan untuk mengolahnya dengan benar dan sesuai teksturnya dengan cara dikukus atau direbus terlebih dahulu hingga matang dan empuk. 

Biasanya untuk anak di bawah usia 3 tahun, bisa disajikan dalam bentuk pure atau sebagai camilan setelah direbus dan teksturnya menjadi lunak.

Hal ini dikarenakan biji edamame yang direbus memiliki tekstur yang halus dan ukuran yang relatif kecil. 

Jika Mama memberikan langsung dalam bentuk bijinya, hati-hati anak bisa tersedak, Ma. 

Manfaat Edamame untuk Kesehatan Anak

Manfaat Edamame Kesehatan Anak
6abc.com

Yang sudah diketahui, edamame memiliki banyak manfaat untuk tubuh karena banyak nutrisi yang terkandung didalam edamame. Yuk, simak beberapa manfaat edamame untuk kesehatan anak.

1. Menjaga kesehatan jantung

1. Menjaga kesehatan jantung
Pexels/Migs Reyes

Kolestrol jahat yang dikenal LDL dapat menurun ketika mengonsumsi kacang edamame karena banyak mengandung serat dan antioksidan, tak hanya itu, bisa meningkatkan kolestrol baik (HDL) juga. 

Dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan, 50 gram protein kedelai per hari dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL hingga 3%.

Studi lain menunjukkan bahwa makan 47 gram protein kedelai sehari dapat menurunkan kadar kolesterol total sebesar 9,3% dan kolesterol LDL sebesar 12,9%.

Editors' Picks

2. Mencegah diabetes

2. Mencegah diabetes
Freepik/katemangostar

Saat mengonsumsi edamame tidak menyebabkan kadar gula darah naik karena edamame memiliki indeks gula darah yang rendah.

Artinya kacang berwarna hijau termasuk edamame cocok untuk penderita diabetes.

3. Membantu memperbaiki fungsi paru

3. Membantu memperbaiki fungsi paru
freepik

Terdapat sebuah penelitian yang mengatakan bahwa genistein yang terdapat di edamame bisa memperbaiki fungsi paru pada penderita asma lho, Ma. Karena banyak penyakit yang bisa menyerang radang paru-paru dan pneumonia maka sangat penting menjaga kesehatan paru-paru ya, Ma.

4. Menurunkan risiko kanker

4. Menurunkan risiko kanker
Pixabay/Marijana1

Edamame juga mengandung isoflavon yang dianggap bisa mengurangi risiko kanker lho, terutama kanker payudara.

Menurut Journal of Agriculture and Food Chemistry, salah satu isoflavon utama yang disebut genistein dipercaya memiliki kandungan antioksidan yang tinggi dan dapat menghambat pertumbuhan sel kanker.

5. Menjaga kesehatan tulang

5. Menjaga kesehatan tulang
Freepik/Racool_studio

Edamame mengandung kalsium, fosfor, zat besi, vitamin E, dan nutrisi lainnya yang dapat menjaga kesehatan tulang, lho!

Mengonsumsi edamame dan kedelai lainnya dipercaya dapat memberikan nutrisi dan bantuan penting untuk memperkuat tulang sekaligus menjaga kepadatannya nih, Ma.

6. Menambah tenaga

6. Menambah tenaga
Freepik/Racool_studio

Mengandung sembilan asam amino esensial yang berarti merupakan sumper protein yang lengkap yang terdapat di dalam kacang edamame.

Protein merupakan salah satu sumber nutrisi yang dapat membuat tubuh tetap kenyang dan membantu memperbaiki serta menumbuhkan jaringan tubuh.

Protein membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna di dalam tubuh, sehingga bisa menjadi sumber energi yang dapat bertahan di dalam tubuh.

7. Meningkatkan kesehatan mata

7. Meningkatkan kesehatan mata
Freepik/gpoInstudio

Edamame merupakan sumber vitamin A yang merupakan vitamin penting untuk menjaga kesehatan mata. Vitamin ini juga mengandung komponen rhodopsin, protein di mata yang memungkinkan kita melihat dalam kondisi kurang penerangan cahaya. 

Vitamin A juga terlibat dalam mengurangi risiko katarak dan degenerasi makula terkait usia lho.

Nah Mama, itu dia informasi mengenai manfaat edamame untuk kesehatan anak yang ternyata kaya akan nutrisi dan tentunya memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan lho jika dikonsumsi dengan tepat.

Aman juga untuk si Kecil jika Mama memberikan edamame sesuai takarannya, tidak berlebihan ya, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.