5 Fitur Google yang Dapat Kenalkan Flora & Fauna pada Anak, Coba Yuk!

Mama bisa belajar sambil bermain bersama anak di rumah, nih!

4 Juni 2020

5 Fitur Google Dapat Kenalkan Flora & Fauna Anak, Coba Yuk
Freepik/Free photo

Penyebaran virus corona atau Covid-19 semakin meluas di Indonesia. Untuk menjaga keamanan anak, sekolah pun terpaksa harus menerapkan sistem belajar di rumah.

Selain belajar di rumah, kita sebagai orangtua juga harus mencari jalan alternatif lain untuk memastikan agar waktu belajar mereka dapat lebih optimal. Salah satunya adalah dengan mengenalkan flora dan fauna pada mereka.

Tak perlu pergi ke kebun binatang atau kebun raya, Mama masih bisa mengenalkan mereka pada hewan dan tumbuh-tumbuhan secara virtual melalui beberapa fitur di Google.

Bagaimana caranya? Berikut Popmama.com telah merangkum 5 ulasan menarik yang wajib Mama ketahui!

1. Mengenalkan hewan lewat Augmented Reality (AR) di Google Search

1. Mengenalkan hewan lewat Augmented Reality (AR) Google Search
Freepik/free photo

Mama dapat menunjukkan kepada anak-anak bagaimana bentuk beruang coklat, hiu, dan 27 hewan lain seukuran aslinya dengan pencarian sederhana di Google Search.

Cara memainkannya mudah, Mama hanya perlu membawa hewan-hewan ini ke suatu ruangan, sehingga anak-anak pun dapat melihat seberapa besar atau kecilnya mereka.

Mereka juga bisa membandingkan ukuran hewan-hewan tersebut dengan sofa atau barang-barang lain di rumah. 

Editors' Picks

2. Mengenalkan suara asli hewan melalui Google Search 

2. Mengenalkan suara asli hewan melalui Google Search 
Freepik/free photo

Selain memperlihatkan perkiraan ukuran asli seekor hewan, Mama juga dapat mengenalkan anak-anak suara hewan melalui pencarian di Google Search.

Caranya mudah, Mama hanya perlu mencari “suara hewan” di Google Search, setelah itu Mama dan anak langsung bisa mendengarkan suara asli hewan yang kalian pilih sebelumnya.

Seru, ya?

3. Mengenakan nama tanaman atau hewan peliharaan dengan Google Lens

3. Mengenakan nama tanaman atau hewan peliharaan Google Lens
sandiegozoo.org

Dengan Google Lens, Mama dapat mengajak anak mencari tahu apa yang sedang dilihat dan pelajari tentang dunia di sekitarnya.

Ketika sedang di pekarangan rumah, anak-anak mungkin bertanya tentang pada Mama mengenai jenis tumbuhan atau hewan yang mereka lihat.

Nah, untuk menjawabnya, Mama hanya perlu mengeluarkan ponsel dan membuka aplikasi Google Lens. Dengan satu kali klik pasti Mama sudah bisa mendapatkan jawabannya.

4. Mengenalkan fakta seputar flora dan fauna di Google Search

4. Mengenalkan fakta seputar flora fauna Google Search
Pixabay/haraldmk

Seberapa panjangkah seekor ular piton? Dimanakah habitat tumbuhan paku? Nah, jika anak-anak sering bertanya hal seputar flora dan fauna pada Mama, maka kenalkanlah ia pada Gooogle Search.

Dengan fitur tersebut, Mama dapat dengan mudah memperkenalkannya pada fakta seputar flora dan fauna melalui knowledge panel hewan di Google Search.

Caranya mudah, Mama dan anak hanya perlu mencari hewan atau tumbuhan yang ingin dipelajari, setelah itu temukan kotak dengan detail menarik seperti nama ilmiah hewan, masa hidup mereka, dan makanan yang mereka konsumsi. 

5. Mengenalkan anak pada dunia bawah laut

5. Mengenalkan anak dunia bawah laut
Pexels/Pixabay

Ajak anak untuk bertualang di bawah air Raja Ampat, Taman Nasional Bunaken, Bali, hingga pulau Komodo. Tak perlu pergi mengelilingi lautan, Mama dan anak hanya membutuhkan fitur Google Maps untuk menjelajahi keindahan alam Indonesia yang menakjubkan.

Underwater Street View ini dibuat oleh tim  XL Catlin Seaview Survey dengan menggunakan kamera panorama yang dipasang pada skuter bawah air yang dikemudikan oleh seorang penyelam.

Inisiatif ini adalah bagian dari studi globals yang didedikasikan untuk memantau perubahan karang laut dan mengungkapkan perubahan itu kepada dunia.

Nah, itulah beberapa hal yang dapat Mama ajarkan pada anak tentang tanaman dan hewan di planet kita dengan fitur Google di smartphone Mama.

Mari kita ajak anak-anak untuk menjadi penjelajah dunia yang cerdas dalam memanfaatkan kebaikan internet dan teknologi.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.