Hamil Muda, Vicky Shu Masih Sempat Rayakan Tedak Siten Anak Pertamanya

Hebat! tahu mamanya hamil, anak Vicky Shu langsung berhenti minta ASI

2 September 2019

Hamil Muda, Vicky Shu Masih Sempat Rayakan Tedak Siten Anak Pertamanya
Instagram.com/sucisuaibsaenong

Penyanyi Vicky Shu dan sang Suami, Ade Imam baru-baru ini merayakan ulang tahun putra pertama mereka, Abimanyu Manggala Nugroho Putro, pada Minggu (1/9/2019), di kawasan Bintaro, Tangerang Selatan.

Selain merayakan ulang tahun, ternyata Vicky Shu yang kini sedang berbadan dua juga sekaligus menggelar acara tedak siten, yakni upacara dalam tradisi Jawa ketika anak belajar jalan.

Uniknya lagi, tema yang diusung oleh Vicky Shu untuk merayakan acara ulang tahun dan tedak siten putranya sangatlah unik dan berbeda.

Penasaran bagaimana kemeriahannya?

Berikut Popmama.com telah merangkum 3 informasi menariknya.

Editors' Picks

1. Perayaan ulang tahun Abimanyu dibarengi dengan tedak siten

1. Perayaan ulang tahun Abimanyu dibarengi tedak siten
Instagram.com/sucisuaibsaenong

Jika biasanya tedak siten dirayakan saat sang Anak berusia 7-8 bulan, maka hal tersebut tidak terjadi pada Vicky Shu dan Ade Imam.

Pasangan yang satu ini memilih untuk merayakan Tedak Siten putra pertamanya saat ia genap berusia 1 tahun. Ternyata, hal tersebut dilakukan untuk sekaligus merayakan hari ulang tahun sang Putra. 

"Kebetulan kedua acara ini sebetulnya sangat mundur harusnya tedak siten kan sekitar 7 atau 8 bulan., cuma waktu itu lagi ada kesibukan," kata Vicky Shu di sela-sela acara.

Bagi para leluhur, adat budaya ini dilaksanakan sebagai penghormatan kepada bumi tempat anak mulai belajar menginjakkan kakinya ke tanah.

Dalam istilah Jawa disebut tedak siten. Selain itu, tedak siten juga diiringi doa-doa dari orangtua dan sesepuh sebagai pengharapan agar kelak anak sukses menjalani kehidupannya.

2. Vicky Shu mengambil tema wayang untuk ulang tahun dan tedak siten Abimanyu

2. Vicky Shu mengambil tema wayang ulang tahun tedak siten Abimanyu
Instagram.com/danywong23

Berbeda dengan artis-artis lain yang biasanya memilih tema kartun dan pahlawan super internasional. Vicky Shu justru memunculkan karakter pewayangan di ulang tahun Bima yang pertama.

Hal ini terlihat dari kue ulang tahun dan dekorasi pesta yang penuh dengan karakter pewayangan. Tak hanya itu, Vicky Shu dan sang Suami juga terlihat kompak mengenakan pakaian khas Jawa dengan nuansa biru muda dan putih.

Tak ingin kalah dari orangtuanya, Abimanyu juga terlihat mengenakan beskap Jawa berwarna senada. Saat prosesi kurungan pada acara tedak siten berlangsung, sang Anak terlihat memilih mobil mainan.

Pilihan dari Abimanyu tersebut dianggap positif oleh Vicky Shu sebagai orangtua.

"Sebetulnya anaknya mau milih apapun pasti akan menjadi yang terbaik," tandasnya.

3. Tahu sang Mama hamil, Abimanyu perlahan minta di sapih

3. Tahu sang Mama hamil, Abimanyu perlahan minta sapih
Instagram.com/vickyshu

Saat ditanya mengenai perkembangan Abimanyu, Vicky Shu menilai bahwa sang Anak sudah mandiri di usianya yang masih satu tahun.

Indikasinya, Abimanyu mulai berhenti sendiri minum Air Susu Ibu (ASI) hingga membuat Vicky terbawa perasaan alias baper.

"Aku tuh sempat galau saat hamil kedua, karena dia tuh full ASI dan beberapa bulan ini ASI aku berkurang dan dia tuh mulai menyapih alami," ujar Vicky Shu.

Penyanyi kelahiran 32 tahun silam itu juga sempat khawatir saat putra pertamanya itu tak mau lagi menyusu.

"Aku tanya dokter kan, kok ASI aku berkurang dan Abimanyu juga mulai nggak mau nyusu, pas aku tahu, ternyata hamil alhamdulillah ternyata dia (Abimanyu) perhatian. Mungkin dia bilang buat adiknya aja gitu ya, akunya yang baper," ujar Vicky Shu.

Nah, itulah ketiga informasi menarik terkait acara tedak siten dan perayaan ulang tahuna anak pertama Vicky Shu. 

Sekali lagi, selamat untuk Abimanyu semoga panjang umur dan sehat selalu. Untuk Vicky Shu, semoga selalu diberikan kesehatan di kehamilan keduanya, ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.