Si Kecil Punya Alergi? Lakukan 5 Hal Ini Agar Ia Bisa Bebas Bermain

Sensitivitas bukan penghalang tumbuh kembang Si Kecil

11 Desember 2020

Si Kecil Pu Alergi Lakukan 5 Hal Ini Agar Ia Bisa Bebas Bermain
Shutterstock/Bluehousestudio

Bermain dan belajar harus menjadi hal yang ‘dekat’ dengan anak. Tentunya hal ini ada alasannya Ma. Bermain dan belajar bisa membuat si Kecil tumbuh menjadi anak yang cerdas. Jangan biarkan si Kecil hanya berdiam di rumah.

Meski terkadang alerginya menghalangi Si Kecil untuk ‘mengulik’ sekitarnya, Mama masih bisa tetap mendukungnya kok. Ikuti lima tips ini ya Ma.

1. Jaga kebersihan rumah

1. Jaga kebersihan rumah
Shutterstock/Makistock

Namanya masih dalam tahap tumbuh kembang, pasti Si Kecil bawaannya nggak bisa diam, ya kan Ma? Ada saja yang ia lakukan di sekitar rumah. Apalagi di masa seperti sekarang yang mengharuskan kita lebih banyak beraktifitas di dalam rumah. 

Maka dari itu, penting banget untuk menjaga kebersihan rumah. Hal ini untuk meminimalisir alergi Si Kecil kambuh. Rajin-rajin menyapu dan mengepel lantai ya Ma. Jangan lupa bersihkan perabotan rumah dari debu juga.

Editors' Picks

2. Pantau saat anak bermain

2. Pantau saat anak bermain
shutterstock.com/Richy99

Memasuki usia tertentu, si Kecil biasanya makin hobi bermain sambil belajar, baik di rumah maupun di luar rumah. Nah, peran Mama dan Papa penting banget nih untuk memantau aktivitas si Kecil selama bermain. Dampingi si Kecil atau sekedar menemaninya bermain sudah cukup. Hal ini guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi padanya. 

3. Kenali tanda alergi si Kecil kambuh

3. Kenali tanda alergi si Kecil kambuh
Shutterstock/MIA Studio

Sebagai orangtua, Mama dan Papa harus peka nih pada gerak-gerik si Kecil. Termasuk tanda-tanda saat alergi si Kecil mulai kambuh. Jika si Kecil alergi pada suatu hal, biasanya ia akan menunjukkan tanda jika alerginya kambuh. Misalnya dengan tiba-tiba ia bersin-bersin, gatal-gatal, hingga bentol di kulit. Jika tanda-tandanya sudah terlihat, segera hubungi dokter ya Ma.

4. Sediakan tempat nyaman bagi si Kecil untuk bermain sambil belajar

4. Sediakan tempat nyaman bagi si Kecil bermain sambil belajar
Shutterstock/SUKJAI PHOTO

Selain menjaga kebersihan rumah, ada hal lain yang perlu Mama perhatikan jika si Kecil semakin aktif bermain. Saatnya bagi Mama untuk menyiapkan ruangan atau tempat yang nyaman untuk si Kecil bermain sambil belajar. Pastikan ruangannya nyaman dan tidak panas, serta bersih ya Ma. Si Kecil pasti jadi betah berlama-lama deh.

5. Berikan nutrisi yang seimbang

5. Berikan nutrisi seimbang
Shutterstock/AnaLysiSStudiO

Hal lain yang bisa Mama lakukan agar si Kecil bebas bermain sambil belajar meski ia memiliki alergi adalah dengan memberikan nutrisi yang seimbang. Dengan memberikan nutrisi seimbang bisa mencegah sensitivitas si Kecil. Karena seperti yang diketahui, alergi atau sensitivitas bisa terjadi karena sistem kekebalan tubuh si Kecil melemah. Itu sebabnya Mama harus mencukupi nutrisi si Kecil agar kekebalan tubuhnya tetap terjaga dengan memberikan susu pertumbuhan dan makanan yang tepat.

Untuk bantu cegah sensitivitas dan dukung pertumbuhan si Kecil, Mama bisa percayakan pada NANKID. NANKID adalah susu pertumbuhan untuk anak usia 1-3 tahun yang diformulasikan oleh Nestlé Research Centre, Switzerland. Susu pertumbuhan ini mengandung protein whey yang terhidrolisa parsial (pHPro) yang lebih mudah dicerna dan probiotik Bifidobacterium lactis (B.lactis). dilengkapi dengan 12 Vitamin & 9 mineral serta omega 3 & omega 6, jadi Mama nggak usah khawatir lagi deh. Klik di sini untuk info lengkapnya ya Ma!

Jadi, siap dukung si Kecil untuk terus bermain sambil belajar, Ma? (CSC)

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk