Awas, 5 Benda Sehari-hari Ini Bisa Timbulkan Bahaya Fatal pada Balita

Rasa ingin tahu balita yang tinggi bisa membuat benda-benda remeh menjadi sumber bahaya tak terduga

17 Oktober 2021

Awas, 5 Benda Sehari-hari Ini Bisa Timbulkan Bahaya Fatal Balita
Freepik/A3pfamily

Di masa balita, anak dipenuhi rasa ingin tahu yang tinggi. Tetapi mereka belum memiliki pengetahuan dan kebijakan untuk mengetahui mana hal yang berbahaya dan tidak. Oleh karena itu, orangtua perlu memastikan area sekitar rumah aman dari benda-benda yang berbahaya untuk keselamatan anak. 

Tak jarang benda-benda yang akrab di keseharian kita menimbulkan bahaya yang tak terhindarkan ketika dimainkan oleh balita. Berikut ini Popmama.com merangkum beberapa benda-benda sehari-hari di rumah yang berbahaya bagi balita:

1. Bahan kimia berbahaya

1. Bahan kimia berbahaya
Freepik/Jcomp

Terpikat oleh bentuk wadah yang lucu atau warna yang menarik, banyak balita harus dilarikan ke rumah sakit karena tak sengaja terpapar bahan kimia berbahaya. Jangan salah, Ma, bahan kimia berbahaya di rumah itu sangat banyak macamnya. Mulai dari pembersih kamar mandi dan dapur, sabun cuci piring, sampai air keras. Duh, jangan sampai si Kecil menemukannya ya!

Editors' Picks

2. Kancing atau benda-benda kecil lainnya

2. Kancing atau benda-benda kecil lainnya
Pexels/Monstera

Di masa kecil, mungkin di antara kita ada yang pernah tak sengaja memasukkan kancing ke dalam hidung atau bahkan memakannya. Ya, kancing punya bentuk dan warna yang memancing rasa ingin tahu anak. Banyak anak kecil yang dilaporkan harus dibawa ke rumah sakit karena bermain-main dengan kancing atau benda-benda kecil lainnya, seperti sekrup atau mur. 

3. Pagar bayi

3. Pagar bayi
Freepik/Annebel146

Ketika balita sudah bisa merangkak atau belajar berjalan, mereka akan berpegangan untuk menjelajahi seisi rumah. Apabila pagar bayi tidak terpasang dengan benar, alih-alih melindungi bayi, justru benda ini dapat mendatangkan malapetaka yang tak terduga. Anak bisa terjatuh dari tangga atau tertimpa pagar bayi. Karena itu, orangtua harus benar-benar memastikan pagar bayi terpasang sesuai instruksi dengan benar.

4. Tangga dan jendela

4. Tangga jendela
Freepik/Lenamay

Tangga dan jendela adalah potensi bahaya yang menakutkan di sekitar anak, apalagi bagi balita. Mereka bisa terjatuh dari tangga, terjepit pinggiran jendela, dan bahaya-bahaya lain yang mungkin saja timbul karenanya. 

Apabila mama perlu membuka jendela, cobalah membuka bagian atasnya saja. Hindari membuka bagian bawah jendela lebih dari 3-5 inci untuk mencegah balita menyelinap keluar.

5. Oven dan benda-benda yang memiliki pintu di dapur

5. Oven benda-benda memiliki pintu dapur
Freepik/Somemeans

Ketika bayi sudah bisa berdiri dan belajar berjalan, mereka akan berpegangan pada benda-benda di sekitarnya untuk menjaga keseimbangan. Oven yang letaknya di bawah atau pun sejajar dengan tinggi bayi, pintu kulkas, mesin cuci piring, pintu lemari penyimpanan, dan berbagai benda yang memiliki pintu di dapur cukup berisiko jika bayi sering memegangnya. Apabila mereka membukanya karena rasa penasaran dan mesin-mesin tersebut sedang beroperasi, bayi bisa kesetrum, terjepit pintu, atau pun mengalami luka bakar.

Hal ini juga berlaku pada tombol-tombol alat di dapur, seperti kompor, tombol air fryer, tombol oven atau microwave, dan lain-lain. Pastikan balita berada dalam pengawasan ketat orangtua ketika mereka menjelajah area dapur ya, Ma. 

Itu dia lima benda-benda sehari-hari di rumah yang dapat menimbulkan risiko bahaya bagi balita. Pastikan balita selalu dalam pengawasan orangtua karena benda-benda yang remeh pun bisa menjadi bahaya serius. 

Semoga informasi ini bermanfaat. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.