Penyebab Anak Usia 2 Tahun Belum Lancar Bicara

Tak jarang masalah ini berkaitan dengan keterlambatan perkembangan atau masalah pendengaran

24 September 2021

Penyebab Anak Usia 2 Tahun Belum Lancar Bicara
Pixabay/stocksnap

Tiap anak bertumbuh-kembang dengan kecepatan yang berbeda-beda. Hal ini terkadang membingungkan bagi orangtua karena beberapa anak mengalami keterlambatan bicara yang cukup signifikan di usia yang seharusnya. 

Masalah keterlambatan bicara perlu segera dicari tahu penyebabnya.

Tak jarang masalah ini berkaitan dengan keterlambatan perkembangan atau masalah pendengaran.

Berikut ini Popmama.com merangkum beberapa faktor penyebab anak belum lancar bicara di usia 2 tahun, dilansir dari Very Well Family.

1. Perkembangan bahasa yang tertunda

1. Perkembangan bahasa tertunda
Freepik/Tatsy

Anak yang memiliki saudara lebih tua atau orangtua dengan gaya pengasuhan keterikatan terkadang mengalami keterlambatan bicara. Ini dikarenakan orang yang lebih tua 'mengambil alih' komunikasi anak yang lebih muda. Misalnya: orangtua mengambilkan barang yang diinginkan anak, sebelum anak selesai mengutarakan maksudnya. 

Hal ini wajar. Orangtua bisa mulai memperbaiki pola komunikasi dengan anak. Anak masih mempelajari caranya berkomunikasi lewat kata-kataa. Seiring berjalannya waktu, orangtua dapat mengetahui apakah yang dialami anak itu normal atau tidak. 

Editors' Picks

2. Gangguan pendengaran

2. Gangguan pendengaran
Freepik/Karlyukav

Faktanya, orangtua biasanya tidak menyadari anak mereka mengalami gangguan pendengaran sampai anak mengalami keterlambatan bicara. Memang menentukan apakah anak mengalami gangguan pendengaran akan sulit dilakukan sendiri oleh orangtua. 

Apabila mama menduga adanya masalah pendengaran pada anak, atau ketika anak pernah mengalami infeksi telinga berulangkali, sebaiknya periksakan anak ke dokter spesialis.

3. Masalah struktur oral

3. Masalah struktur oral
Freepik

Jika anak bisa mendengar dengan baik tetapi sulit membentuk kata-kata, bisa jadi ada masalah dengan mulut dan lidahnya. 

Masalah struktur oral ini termasuk masalah dengan lidah dan langit-langit mulut, langit-langit mulut sumbing atau frenulum pendek. 

Masalah motorik terkait oral terjadi ketika area otak yang bertanggung jawab untuk berbicara mengalami kesulitan mengoordinasikan bibir, lidah, dan rahang untuk menghasilkan suara saat berbicara.

4. Kemampuan bicara anak usia 2 tahun

4. Kemampuan bicara anak usia 2 tahun
Freepik/Lev.studio.x

Kemampuan berkomunikasi anak, dalam hal ini berbicara, biasanya mulai berkembang pesat di antara usia 1 hingga 2 tahun. Pada usia ini kosakata anak berkembang hingga 100 kata. Anak mulai beralih dari kata-kata sederhana ("mama","papa","dada," dan sebagainya) ke kalimat sederhana dua kata ("Apa itu?","Siapa itu?","Susu lagi," dan sebagainya).

Selain itu, anak usia 2 tahun sudah mampu mengikuti perintah sederhana, menyebut nama obyek-obyek yang umum, menunjuk anggota tubuh ketika ditanya, memiliki perbendaharaan kata baru sebanyak 1-2 kata setiap minggu.

5. Kapan harus membawa anak berkonsultasi ke dokter?

5. Kapan harus membawa anak berkonsultasi ke dokter
Freepik/pch.vector

Apabila si Kecil akan menginjak usia 3 tahun dan orangtua telah mencoba berbagai strategi untuk memancing anak berbicara, tetapi anak belum bisa menyusun kata-kata atau menambah kosakata baru, sebaiknya konsultasikan kondisinya dengan dokter. Dokter akan bekerjasama dengan terapis perkembangan anak untuk mengidentifikasi masalah dan menyusun pembelajaran yang dapat diterapkan untuk anak.

Semoga informasi ini bermanfaat. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.