7 Rekomendasi Susu Formula untuk Anak Sembelit

Deretan merek susu berikut ini mengandung formula yang telah disesuaikan untuk anak yang sembelit

15 Oktober 2021

7 Rekomendasi Susu Formula Anak Sembelit
Pexels/Alex Green

Sembelit adalah masalah yang kerapkali dialami anak. Sembelit pada anak bisa disebabkan karena berbagai faktor, antara lain intoleransi laktosa atau alergi terhadap susu sapi.

Kekurangan serat dan terlalu banyak makan makanan yang tinggi lemak juga bisa menjadi pemicu sembelit pada anak. 

Apabila anak mengalami sembelit yang dikarenakan konsumsi susu sapi, berikut ini Popmama.com punya 7 rekomendasi susu untuk anak sembelit yang dapat dicoba:

1. Bebelac Gold Soya

1. Bebelac Gold Soya
bebeclub.co.id

Untuk anak yang sembelit dikarenakan intoleransi laktosa, susu Bebelac Gold Soya dapat menjadi pilihan. Susu formula ini diformulasikan dengan advansfibre dan terbuat dari kacang kedelai yang dikombinasikan dengan 13 jenis serat sehingga dapat membantu pencernaan anak menjadi lebih sehat.

Bebelac Gold Soya memiliki rasa vanilla yang enak dan tersedia dalam kemasan 700 gram dengan harga mulai Rp 125 ribu.

2. Morinaga Chil Kid Soya

2. Morinaga Chil Kid Soya
blibli.com

Produk dari Morinaga ini mengunggulkan formulanya yang dikhususkan untuk anak usia 1-3 tahun yang alergi susu sapi. Terbuat dari isolat protein kedelai, Morinaga Chil Kid Soya diperkaya dengan L-Metionin, Sistein, Taurin, Karnitin, dan Asam Amino Esensial sehingga melengkapi kebutuhan nutrisi anak dan memberikan pertahanan tubuh ganda.

Morinaga Chil Kid Soya tersedia dalam kemasan 300 gram dengan harga mulai Rp 66 ribu, dan kemasan 600 gram dengan harga mulai Rp 160 ribu. Rasa vanillanya pasti disukai si Kecil, Ma.

Editors' Picks

3. Enfagrow A+ Neura Pro Gentle Care

3. Enfagrow A+ Neura Pro Gentle Care
blibli.com

Untuk anak yang alergi susu sapi, orangtua dapat memilih susu formula yang diformulasikan khusus dengan kadar laktosa yang lebih rendah. Salah satunya adalah Enfagrow A+ Neura Pro Gentle Care. 

Enfagrow A+ Neura Pro Gentle Care mengandung protein yang terhidrolisa secara parsial dengan kadar latosa yang lebih rendah sehingga lebih mudah dicerna untuk perut si Kecil yang sensitif. 

Enfagrow A+ Neura Pro Gentle Care ditujukan untuk anak usia 1-3 tahun dengan rasa vanilla dalam kemasan 800 gram seharga Rp 325 ribu.

4. Puramino

4. Puramino
Shopee.co.id

Susu formula Puramino ini diproduksi oleh MeadJohnson. Susu ini khusus ditujukan untuk bayi usia 0-124 bulan yang mengalami alergi protein susu sapi. Formula hipoalergeniknya telah disesuaikan dengan bahan dasar asam amino yang bisa mengatasi alergi susu sapi sehingga mengurangi risiko sembelit. 

Puramino diperkaya dengan omega 3, DHA, dan ARA yang baik untuk perkembangan otak anak. Harga susu Puramino 400 gram mulai dari Rp 499 ribu. 

5. Nutricia Neocate Junior

5. Nutricia Neocate Junior
Shopee.co.id

Satu lagi pilihan susu formula dari Nutricia yang ditujukan untuk anak penderita alergi susu sapi maupun protein makanan lainnya adalah Neocate Junior. Susu ini bebas laktosa pemicu sembelit yang berbahan dasar asam amino non-alergenik. Serat prebiotiknya membantu mendukung kesehatan pencernaan. 

Susu formula Nutricia Neocate Junior harus diberikan sesuai petunjuk dokter. Ditujukan untuk anak usia 1-12 tahun, Nutricia Neocate Junior tersedia dalam kemasan kaleng 400 gram dengan harga mulai Rp 277 ribu.

6. Nutren Junior

6. Nutren Junior
nestlehealthscience.co.id

Nutren Junior merupakan susu pertumbuhan yang mengandung 50% protein whey berkualitas tinggi. Susu ini bebas laktosa sehingga aman untuk anak mama yang sembelit dikarenakan protein susu sapi. Selain itu Nutren Junior juga bebas gluten dan rendah residu, serta dilengkapi 30 vitamin dan mineral penting. 

Susu Nutren Junior baik untuk mengoptimalkan tumbuh-kembang anak usia 1-10 tahun. Tersedia dalam kemasan 400 gram, susu dengan rasa vanilla ini dapat dibeli dengan harga mulai Rp 258 ribu.

7. NAN Lactose Free

7. NAN Lactose Free
tokopedia.com

Anak yang sembelit sistem pencernaannya mengalami kesulitan dalam mencerna laktosa. Susu NAN Lactose Free produksi Nestle ini merupakan susu formula lanjutan yang bebas laktosa yang dapat diberikan untuk anak mulai usia 0-36 bulan. 

NAN Lactose Free mengandung OPTIPRO HA Protein Hypoallergenic yang diolah khusus untuk mengurangi risiko alergi pada si Kecil sekaligus melengkapi kebutuhan gizi anak. Harga NAN Lactose Free untuk kemasan kaleng 400 gram dimulai dari Rp 125 ribu.

Itu dia beberapa rekomendasi susu untuk anak sembelit yang dapat menjadi alternatif untuk memenuhi gizi anak. Sebelum memberikannya pada anak, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter anak ya, Ma. Semoga informasi ini bermanfaat. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.