5 Fondasi Belajar Anak yang Wajib Mama Tahu, Agar Tumbuh Pintar

Dampingi si Kecil terus ya Ma!

4 Desember 2020

5 Fondasi Belajar Anak Wajib Mama Tahu, Agar Tumbuh Pintar
Shutterstock/Bangkok Click Studio

Memiliki buah hati memang menjadi suatu hal yang dinanti banyak pasangan. Namun pastinya Mama tahu, ‘perjuangan’ Mama dan Papa baru dimulai saat si Kecil lahir. Mama harus mempersiapkan banyak hal supaya si Kecil tumbuh menjadi anak yang pintar, dan yang terpenting adalah Mama harus tahu kalau lima fondasi belajar ini penting agar membentuk anak yang pintar.

Kita sama-sama belajar yuk, Ma!

1. Pertumbuhan fisik yang baik

1. Pertumbuhan fisik baik
Shutterstock/PR Image Factory

Sebelum memastikan si Kecil memulai proses belajarnya, Mama harus memastikan jika pertumbuhan fisiknya baik. Coba deh Mama cari tahu pertumbuhan fisik anak sesuai usianya. Apakah pertumbuhan si Kecil sudah sesuai dengan usianya. Untuk mendukung pertumbuhannya, Mama perlu mencukupi makro dan mikro nutrient anak, karena ini membantu lengkapi kebutuhan nutrisi si Kecil.

Editors' Picks

2. Memiliki daya tahan tubuh yang terjaga

2. Memiliki daya tahan tubuh terjaga
Shutterstock/ucchie79

Sekitar 80% sel imun manusia terdapat di pencernaan sehingga pencernaan berperan penting dalam menjaga daya tahan tubuh, termasuk bagi anak-anak. Maka dari itu, Mama perlu memenuhi kebutuhan gizi, termasuk serat bagi si Kecil. Dengan oligofruktosa sebagai serat pangan yang terbukti secara klinis mendukung kesehatan saluran cerna serta mendukung perkembangan bakteri baik, bifidobakteria menjadi lebih banyak.

Dengan begitu, daya tahan tubuh si Kecil selalu terjaga. Jika kesehatan pencernaan si Kecil lancar, daya tahan tubuhnya pun terjaga. Jadi, si Kecil siap belajar menjadi anak pintar.

3. Perkembangan otak yang maksimal

3. Perkembangan otak maksimal
Shutterstock/ucchie79

Mama pastinya ingin perkembangan otak si Kecil berjalan maksimal ya? Tentu hal ini tidak bisa didapat secara instan. Lagi-lagi Mama perlu memastikan nutrisi bagi perkembangan otak si Kecil tercukupi. Pastikan si Kecil mendapatkan nutrisi AA+DHA setiap hari ya. Karena dengan AA+DHA ini bisa mendukung perkembangan otak dengan lebih baik, dibandingkan hanya DHA saja. Selain itu, kolin sebagai nutrisi spesifik mampu membantu mendukung memori si Kecil.

4. Menjaga nutrisinya

4. Menjaga nutrisinya
Shutterstock/Makistock

Nah, ini menjadi salah satu kunci bagi Mama jika ingin si Kecil menjadi anak pintar. Sebagai fondasi belajar anak, pastikan nutrisi lengkap bagi si Kecil terjaga setiap hari. Salah satu caranya adalah menjaga nutrisi anak dengan memberikan susu pertumbuhan yang mengandung AA dan DHA seperti S-26 Procal Nutrissentials.

S-26 Procal Nutrissentials ini mengandung AA dan DHA, Asam Linoleat 1149 mg/saji, serta kaya akan Kolin, Zat Besi, Zinc dan Asam Folat. Dengan tinggi protein dan tinggi kalsium untuk pertumbuhan dan perkembangan si Kecil. Selain itu, S-26 Procal Nutrissentials ini juga diperkaya dengan Oligofruktosa (serat pangan) untuk mendukung sistem pencernaan sehat dan mengurangi terjadinya konstipasi, Vitamin B kompleks untuk membantu mengubah makanan menjadi energi dan pembentukan jaringan serta vitamin C untuk mendukung daya tahan tubuhnya.

Lengkap banget ‘kan Ma? Mama bisa melakukan pembelian produk S-26 Procal/Promise Nutrissentials (2 packs 1.4kg) di e-commerce (Lazada, Shopee, Tokopedia) lho. Jadi Mama nggak perlu ribet keluar rumah lagi. Klik di sini untuk info lengkapnya ya Ma.

5. Rajin stimulasi si Kecil agar tumbuh menjadi pintar

5. Rajin stimulasi si Kecil agar tumbuh menjadi pintar
Shutterstock/Dragon Images

Nah, fondasi terakhir yang harus Mama perhatikan adalah stimulasi otak si Kecil. Kepintaran anak tidak datang secara instan Ma. Kepintarannya memerlukan stimulasi yang Mama lakukan sejak dini. Mama harus rajin menstimulasi otak si Kecil sejak dini, ini bahkan bisa Mama lakukan sejak si Kecil dalam kandungan lho.

Cara menstimulasi si Kecil bisa dengan mengajaknya bermain, mengobrol bersama, membacakan dongeng, hingga bermain puzzle dan masih banyak lagi. Jadi, sudah jelas ‘kan Ma, apa saja fondasi agar si Kecil tumbuh menjadi anak pintar? Langsung mulai dipraktekkan ya Ma! (CSC)

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.