Tetap Sehat Selama di Rumah, 11 Pilihan Camilan Sehat bagi si Kecil

Meskipun di rumah kesehatan si kecil harus dijaga. Camilan ini bisa mmbantu menjaga kesehatannya.

24 Juni 2020

Tetap Sehat Selama Rumah, 11 Pilihan Camilan Sehat bagi si Kecil
Freepik
joker with card

Si kecil yang masih dalam masa pertumbuhan umumnya cepat sekali untuk merasa lapar meskipun ia baru saja makan. Apalagi ketika ia beraktivitas di rumah seperti sekarang ini. 

Biasanya si kecil akan memakan camilan untuk mengatasi rasa laparnya di luar waktu makan. Tapi ternyata, Mama harus perhatian dan memilih camilan apa yang si Kecil makan, karena tidak semua dari mereka itu menyehatkan.

Banyak camilan yang dibuat menggunakan kadar gula yang tinggi atau bahkan mengandung banyak zat kimia yang tentunya jauh dari kata sehat. 

Mama penasaran camilan apa yang menyehatkan namun disukai si Kecil?

Berikut Popmama.com akan sebutkan pilihan camilan sehat untuk anak yang bisa diberikan selama berada di rumah saja.

1. Telur Rebus

1. Telur Rebus
seriouseats.com

Telur merupakan salah satu makanan yang mudah diperoleh. Telur juga dapat diolah menjadi berbagai sajian makanan yang enak dan menarik. Salah satunya ialah telur rebus. 

Telur rebus dapat dijadikan camilan sehat bagi si Kecil. Melansir dari laman livestrong.com, telur mengandung kolin yang mengatur otak, sistem saraf, dan membantu menjaga struktur membran sel otak.

Dengan mengonsumsi telur rebus, secara tidak langsung si Kecil juga terhindar dari bahaya mengonsumsi minyak secara berlebih. 

2. Popcorn

2. Popcorn
Freepik

Kamu mungkin binggung mengapa camilan khas bioskop yang satu ini merupakan camilan yang sehat. Tetapi ternyata, biji-bijian yang menjadi bahan pembuatan popcorn itu sehat dan bergizi.

Mama perlu menghindari penyajian opcorn menggunakan topping yang tidak sehat.

Dengan begitu popcorn buatanmu dapat menjadi camilan sehat bagi anak-anak. Buat popcorn sendiri, tambahkan  sedikit mentega, dan taburi parutan keju parmesan di atasnya.

Ingat satu hal lagi, Mama perlu berhati-hatilah saat meberikan popcorn untuk anakmasih kecil, karena dapat membuatnya tersedak.

3. Oatmeal

3. Oatmeal
Freepik

Mungkin oatmeal lebih identik dimakan sebagai sarapan daripada sebagai camilan. Tapi, tidak ada salahnya si kecil mencoba memakannya sebagai camilan yang enak.

Oatmeal memiliki kandungan serat larut yang tinggi, dan mampu meningkatkan jumlah bakteri baik pada saluran pencernaan.

 Usahakan untuk tidak menggunakan oatmeal yang berasa karena memiliki kandungan gula yang tinggi. Buat oatmeal dengan gandum utuh yang digulung,  tambahkan juga sekitar 1/8 sendok teh kayu manis dan beberapa potong apel untuk rasa manis.

Ini khusus untuk kamu pecinta aroma khas kayu manis lho, kalau anak mama nggak suka maka jangan ditambahkan ya.

Mama dapat meningkatkan kandungan gizi di dalam oatmealmu dengan membuatnya menggunakan susu alih-alih air, itu akan menambah kandungan protein dan kalsium. 

4. Crackers dari gandum utuh

4. Crackers dari gandum utuh
stuff.co.nz

Crackers dari gandum merupakan pilihan camilan yang cocok untuk si kecil. Terdapat kandungan protein, karbohidrat, dan lemak yang baik pada gandum utuh.

Mama sebaiknya, memilih crackres untuk dikonsumsi aank mama dengan hati-hati. Banyak crackers dibuat dengan tepung olahan, minyak terhidrogenasi, dan bahkan gula. Sebagai gantinya, pilih crackres yang dibuat dengan 100% gandum dan biji-bijian.

Editors' Picks

5. Sandwich

5. Sandwich
Freepik/lazy_bear

Sandwich digemari oleh banyak orang. Ia hadir dengan berbagai macam pilihan bahan-bahan yang dapat digunakan untuk mengolahnya. Sehingga menjauhkan si kecil dari rasa bosan ketika mengkonsumsinya. 

Untuk membuat sandwich sehat, Mama dapat membuatnya menggunakan roti gandum, pilih sumber protein, dan sertakan buah atau sayuran di dalamnya.

Mama juga dapat menambahkan keju, telur, maupun potongan metimun atau tomat.

6. Kurma

6. Kurma
Freepik/whatwolf

Makanan yang satu ini biasanya dikonsumsi di bulan puasa dan hari raya Idul Fitri. Tapi tahukah Mama, kalau kurma sebenarnya dapat menjadi salah satu camilan yang sehat untuk anak mama?

Buah yang berasal dari Arab ini rupanya mengandung banyak zat yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti  kalsium, zat besi, vitamin K, folat, serta antioksidan seperti karoten dan fenolik. Pastikan Mama memilih kurma yang segar karena memiliki kandungan gula yang sedikit namun kandungan air, serat, dan proteinnya jauh lebih banyak.

Anak mama pun pastinya menyukai camilan yang satu ini karena kurma memiliki rasa manis yang alami tentunya.

7. Kue pisang nagasari

7. Kue pisang nagasari
sulsel.idntimes.com

Kue pisang nagasari merupakam camilan sehat yang berikutnya. Camilan ini merupakan camilan khas dari Indonesia lho. Dan dibuat dari bahan utama berupa tepung beras dan santen.

Camilan ini merupakan camilan sehat untuk si kecil. Selain karena pembuatan tidak menggunakan bahan-bahan kimia, camilan tradisional yang satu ini juga mengandung buah pisang yang kaya akan potasium dan vitaminnya.

8. Kacang-kacangan

8. Kacang-kacangan
Pixabay/Alexei_other

Kacang memang patut disebut sebagai camilan yang sempurna. Bentuknya yang kecil, memiliki rasa gurih khas, ditambah dengan teksturnya yang renyah membuat siapapun akan ketagihan, tak terkecuali si kecil.

Kelebihan kacang ternyata buka itu saja lho. Kacang juga dikenal sebagai salah satu camilan yang sehat. Mengapa? Karena kacang memiliki kandungan lemak sehat, serat, dan antioksidan yang tinggi. 

Mama tak perlu khawatir si kecil memiliki alergi terhadap kacang. Faktanya, jika membiasakan si kecil untuk mengkonsums kacang dari usia dini akan menghindarkannya dari alergi terhadap kacang.

9. Sepotong Keju

9. Sepotong Keju
Freepik

Keju menjadi pilihan toping yang digemari di berbagai menu. Tak mengherankan kalau olahan susu yang satu ini mempunyaikandungan protein, lemak, dan merupakan sumber kalsium yang baik.

Studi menunjukkan bahwa makan keju dan produk susu lainnya berhubungan dengan kualitas diet yang lebih baik. Keju secara signifikan memenuhi kebutuhan nutrisi anak seperti kalsium, magnesium, juga vitamin A dan D. 

Keju memenuhi kebutuhan protein anak-anak, yang dibutuhkan untuk pertumbuhannya. Protein akan membantu mereka merasa cepat kenyang di antara waktu makan. Dan lagi, penelitian mencatat bahwa anak yang makan keju cenderung tidak mengalami gigi berlubang.

10. Yoghurt

10. Yoghurt
Freepik/Topntp26

Dan yang terakhir inilah minuman kesukaan si kecil. Lengkap dengan perpaduan rasa manis-asam dan manfaat dari susu yang telah difermentasi membuatnya semakin menyukai minuman yang satu ini.

Yohurt juga dapat menjadi camilan yang sangat baik bagi anak mama karena merupakan sumber protein dan kalsium yang baik. Kalsium tersebut sangat dibutuhkan untuk menunjang  perkembangan tulang anak-anak. Beberapa yogurt bahkan juga mengandung bakteri hidup, yang menguntungkan sistem pencernaan.

Mama dapat menghindari yoghurt yang mengandung porsi gula yang berlebihan dengan memilihlah yogurt tawar, lalu tambahkan rasa manis dari buah segar atau gerimis madu.

Pilihlah selalu makanan termasuk camilan yang sehat untuk si Kecil. Pastikan kesehatannya terjaga melalui makanan yang kamu berikan padanya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.