Penting, Cari Tahu Cara Merawat Kulit si Kecil Sedari Dini Yuk!

Kulit si Kecil perlu dirawat dengan baik sedari kecil lho.

22 Mei 2022

Penting, Cari Tahu Cara Merawat Kulit si Kecil Sedari Dini Yuk
Freepik/user18526052

Bagi orang dewasa dan remaja, merawat kulit menjadi sebuah kebutuhan. Hingga tidak jarang Mama mau mengeluarkan uang lebih untuk memberli produk perawatan kulit. 

Meski banyak yang beranggapan jika si Kecil belum membutuhkan perawatan kulit, namun sebenarnya perawatan kulit sejak dini dapat menjadi investasi kesehatan yang sangat baik karena kulit merupakan pertahan terdepan milik tubuh.

Mengajarkan anak merawat kulitnya juga dapat menjadi kebiasaan yang baik ketika anak kelak beranjak remaja. 

Kulit si Kecil yang dirawat dengan baik sejak dini tidak akan mengalami permasalahan kulit seperti kulit kering, pecah-pecah, iritasi, dan lain sebagainya. 

Lalu bagaimana caranya? Mama penasaran, coba lihat 7 tips merawat kulit si Kecil di Popmama.com yuk!

1. Mandi

1. Mandi
Freepik/alexkich

Mandi memang merupakan kegiatan rutinitas yang sebaiknya selalu anak mama lakukan. Meski terdengar biasa saja, mandi sebenarnya menjadi langkah pertama dalam merawat kulit anak. 

Kulit si Kecil akan kotor akibat keringat, minyak, atau bakteri sehabis beraktivitas. Itulah mengapa mereka perlu rajin membersihkan diri. 

Tetap ingat, rajin bukan berarti terlalu sering ya. Terlalu sering mandi malah dapat mengakibatkan meningkatnya kesehatan kulit dan menyebabkan anak kehilangan kandungan minyak pada kulitnya. 

2. Lindungi anak dari matahari

2. Lindungi anak dari matahari
Freepik.com/standret

Matahari dapat menjadi sahabat bagi manusia, namun bisa juga menjadi musuh. Terpapar matahari dalam waktu yang lama tidaklah baik, khususnya bagi kulit si Kecil yang masih sensitif. 

Mengutip dari smartparenting.com.ph, Mama perlu ingat untuk selalu memakaikan tabir surya sebagai perlindungan sebelum anak beraktivitas di bawah matahari. 

Pastikan sunblock yang kamu pilih mampu melindungi kulit si Kecil dari sinar UVA dan sinar UVB. Pilih juga sunblock yang tahan air dan memiliki SPF 30. 

Editors' Picks

3. Rajin membersihkan wajah

3. Rajin membersihkan wajah
Freepik

Seringkali anak-anak melupakan kegiatan satu ini. Anak-anak sering merasa diri mereka sudah bersih sehabis mandi, dan lupa membersihkan wajahnya. 

Biasakan anak-anak untuk membersihkan wajah menggunakan air hangat yang mampu membersihkan lebih maksimal dan tidak menimbulkan iritasi. Temani anak selagi membersihkan wajah ya, Ma. Pastikan temperatur air yang mereka gunakan tidak terlalu panas ataupun dingin. 

Lebih baik lagi jika kamu membiasakan si Kecil cuci muka sebelum tidur. Karena jika tidak, bakeri, dan kuman akan menempel pada wajahnya sepanjang malam. 

4. Pastikan kulit si kecil bersih dan lembab

4. Pastikan kulit si kecil bersih lembab
Freepik/Odua

Air saja tidak cukup untuk membersihkan kulit, maka dari itu ajari selalu anak-anak mandi dan cuci muka dengan sabun yang tepat. Sabun inilah yang dapat membantu membersihkan kulit wajah si Kecil lebih menyeluruh. 

Di sisi lain, hati-hati juga terhadap kulit kering. Mengatasi ini, Mama sebaiknya selalu memakaikan lotion atau pelembab yang sesuai dengan jenis kulit anak dan tentunya tidak memiliki efek samping bagi kulit anak-anak.

Pakaikan lotion pada bagian lengan, kaki, dan wajah sehabis mandi untuk mengunci kelembapan kulit.  

5. Waspada iritasi akibat peralatan rumah

5. Waspada iritasi akibat peralatan rumah
Freepik/KamranAydinov

Hal yang menyebabkan iritasi kulit anak bisa datang dari produk sehari-hari yang kamu gunakan lho. 

Canoe.com mengatakan jika produk dengan kandungan aerosol, seperti air-freshening sprays, furniture polish, bahkan rambut hewan peliharaan dapat mengiritasi kulit si Kecil. 

Ingat selalu untuk membersihkan rumah secara rutin. Hindari juga menggunakan produk berbahan aerosol, termasuk mengijinkan hewan piaraan masuk ke kamarnya. 

6. Perhatikan produk yang mama pakai

6. Perhatikan produk mama pakai
Freepik/kotkoa

Perlu diingat, kulit si Kecil masihlah rentan sehingga kamu perlu teliti memilih produk perawatan kulit anak. Pilihlah produk yang sesuai dengan usia mereka. 

Jauhkan produk yang mengandung mengandung alkohol, pewarna dan pewangi, serta bahan-bahan kimia lainnya yang dapat memicu iritasi.

Sebagai pembersih tubuh, pilihlah sabun cair khusus anak yang tidak mengandung antiseptik juga hipoalergenik.

Pilihlah juga pakaian yang mudah menyerap keringat, seperti pakaian berbahan katun yang dapat menghindari anak dari keringat berlebih dan risiko biang keringat.

7. Banyak minum air puth

7. Banyak minum air puth
whatmomslove.com

Terakhir, namun tidak kalah penting ialah membiasakan anak banyak minum air. Perawatan kulit anak mama bukan hanya perlu dilakukan dari luar, tetapi juga dari dalam. 

Minum air sesuai dengan kebutuhan tubuh memberikan kulit nutrisi sehingga tidak mudah kering dan pecah-pecah. Ini penting karena kulit anak mudah kehilangan kelembapannya. 

Mengutip dari healthychildren.org, anak-anak yang berusia 4-8 tahun perlu minum air kurang lebih 5 gelas dalam sehari. 

Yuk lakukan kebiasaan baik merawat kulit si Kecil sedari dini. Ada begitu banyak manfaat dari kebiasaan baik satu ini lho, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk