Gejala dan Penyebab Pembengkakan Kelenjar Getah Bening pada Anak

Cari tahu penyebab dan pencegahan penyakit berbahaya ini Ma

14 Agustus 2020

Gejala Penyebab Pembengkakan Kelenjar Getah Bening Anak
Freepik

Ada berbagai macam penyakit yang dapat menyerang tubuh si Kecil jika kesehatannya tidak dijaga dengan baik. Salah satunya, ialah pembengkakan kelenjar getah bening yang terjadi pada tubuhnya.

Umumnya pembengkakan kelenjar getah bening sering terjadi pada anak-anak. Namun di sebagian besar kasus, penyakit ini bukanlah penyakit yang berbahaya dan masalah kesehatan yang serius.

Pembengkakan terjadi sebagai tanda bahwa daya tahan tubuh anak sedang bekerja. 

Jangan lengah, Mama tidak boleh menganggap gangguan tubuh ini sebelah mata. Kelenjar getah bening memiliki fungsi melawan sel kanker dan kuman. Maka dari itu, kerusakan yang terjadi pada bagian ini akan mengaggu pertahanan tubuhnya. 

Mulai perhatikan dan cegah kondisi gangguan tubuh yang satu ini, Ma. Simak juga pembahasan gejala, penyebab dan pengobatan pembengkakan kelenjar getah bening yang mungkin saja dialami oleh anak di Popmama.com berikut ini.

1. Apa itu pembengkakan kelenjar getah bening?

1. Apa itu pembengkakan kelenjar getah bening
news.nestia.com

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, kelenjar getah bening berfungsi sebagai sistem kekebalan tubuh. Ini dapat ditemukan hampir di seluruh bagian tubuh kecuali jantung dan otak. 

Pembengkakan kelenjar getah bening atau yang disebut sebagai limfadenopati terjadi ketika tubuh sakit atau terinfeksi. Sebagai salah satu bagian sistem kekebalan, bagian tubuh ini membengkak sebagai bentuk kerja mereka melawan penyakit.

Peristiwa ini umum terjadi pada anak-anak akibat tubuh mereka yang tengah berada dalam proses prtumbuhan. Kelenjar getah bening juga akan kembali ke ukuran aslinya tanpa diperlukan  pengobatan atau saat penyakit dan infeksi telah berlalu.

2. Gejala pembengkakan kelenjar getah bening

2. Gejala pembengkakan kelenjar getah bening
todaysparent.com

Gangguan tubuh ini seringkali sulit dideteksi karena hanya menimbulkan pembengkakan yang tidak terlihat. Meskipun begitu, jika ini terjadi secara berkepanjangan, akan menimbulkan beberapa keluhan seperti bertambah besarnya ukuran bengkak hingga terasa nyeri. 

Walaupun begitu, Mama perlu tetap memperhatikan kondisi tubuh si Kecil, tidak dibiarkan hingga berkepenjangan. Kelenjar getah bening yang membengkak dapat menimbulkan beberapa keluhan seperti timbulnya rasa sakit bada bagian tubuh,

Mama dapat mengetahuinya kondisinya yang semakin parah melalui beberapa gejala. Seperti ketika muncul gejala demam yang tidak kunjung hilang, juga bengkak yang terasa sakit. 

    Editors' Picks

    3. Cara mendiagnosa penyakit ini

    3. Cara mendiagnosa penyakit ini
    Www.clinicalomics.com

    Diperlukan pengetahuan untuk mendiagnosa suatu penyakit. Ini penting, karena membantumu mengetahui pembengkakan kelenjar getah bening yang terjadi tanpa gejala. 

    Melansir dari saintlukeskc.org, terdapat cara mendiagnosa masalah pembengkakan pada kelenjar getah beting. Seperti melakukan pemeriksaan fisik dan mengetahui gejala serta riwayat kesehatan anak. 

    Biasanya para tenaga media mendiagnosa penyakit ini dengan memeriksa nodus di leher, di belakang telinga, di bawah lengan, dan di selangkangan. Nodus biasanya dapat dirasakan di luar tubuh apabila terjadi pembengkakan. 

    4. Penyebab membengkaknya Kelenjar Getah Bening

    4. Penyebab membengkak Kelenjar Getah Bening
    Freepik/xb100

    Sebenarnya membengkaknya kelenjar getah bening disebabkan oleh terjadinya infeksi atau sakit pada tubuh si Kecil. Penyakit umum seperti infeksi di bagian tubuh tertentu (seperti rogga telinga, sinus, gigi, kulit), radang tenggorokan, dan flu dapat menyebabkan kelenjar getah bening bereaksi dan membengkak. 

    Di samping itu, terdapat beberapa penyebab lain yang perlu Mama perhatikan, diantaranya ialah:

    1. Ganguan sistem pada kekebalan tubuh

    Sistem kekebalan yang terganggu dapat menjadi penyebab terjadinya pembengkakan. Penyakit-penyakit autoimun seperti rheumatoid arthritis dan lupus dapat berisiko menyebabkan kelenjar getah bening membengkak. 

    2.Efek samping dari obat-obatan

    Beberapa obat-obatan memiliki efek samping yang terkadang berdampak pada tubuh. Itu juga dapat menjadi penyebab kelenjar getah bening membengkak. Beberapa contoh obat yang menimbulkan efek samping ialah obat antimalaria, antobiotik, dan antikejang. 

    3. Kanker

    Selain karena gangguan sistem imun dan efek dari obat-obatan, tumor atau kanker juga dapat menyebabkan hal yang serupa. Apalagi jika kanker yang terjadi telah menyebar hingga ke organ tubuh (metastatis).

    5. Cara penanganan yang tepat

    5. Cara penanganan tepat
    Freepik/wavebreakmedia

    Meskipun ini bukan merupakan penyakit yang parah dan dapat sembuh sendirinya, Mama tidak sebaiknya meremehkan gangguan tubuh satu ini. Namun, ada baiknya Mama memeriksakan terutama jika ia tak kunjung sembuh dan bertambah parah. 

    Proses penanganan dan pengobatan membengkaknya kelenjar getah bening perlu dilakukan sesuai dengan hal yang menyebabkannya. Penyebab yang berbeda membutuhlan penanganan yang berbeda pula. 

    Seperti jika kelenjar getah bening disebabkan akibat infeksi bakteri dan virus, maka dokter akan memberikan obat antivirus atau antibiotik. Berbeda jika itu disebabkan oleh kondisi yang lebih serius seperti kanker. Maka proses penyembuhan yang dilakukan akan serupa dengan proses penanganan penyakit serius tersebut. 

    6. Kapankah waktu yang tepat mengunjungi dokter?

    6. Kapankah waktu tepat mengunjungi dokter
    bundoo.com

    Seperti penyakit lainnya, ketika berurusan dengan pembengkakan kelenjar betah bening pada anak, Mama tidak bisa sembarang membawa anak ke dokter. Ada baiknya Mama mengetahui kapan waktu yang tepat untuk menemui dokter. 

    Ada beberapa tanda yang menunjukan penyakit ini perlu diatasi dengan bantuan dokter sebagaimana yang dilansir dari aboutkidshealth.ca.

    Seperti jika si Kecil penyakit lain seperti demam, sakit tenggorokan, memar yang tidak wajar, kehilangan berat badan, dan ukuran kelenjar getah bening yang terus tumbuh dan tidak kembali normal setelah beberapa minggu. 

    Ketika itu terjadi, temui dan konsultasikan masalah ini pada dokter. Mereka dapat membantumu menemukan pengobatan terbaik bagi anak mama. 

    Itulah pembahasan seputar gelaja, penyebab, dan cara menanggani kelenjar getah bening yang membengkak pada anak-anak. Semoga bermanfaat.

    Baca juga:

    Tanya Ahli

    Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

    Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.