5 Hal Penting yang Perlu Papa Ajarkan ke Anak Laki-Laki Sejak Dini

Sosok seorang ayah memegang peran penting bagi masa depan anak laki-lakinya

29 Mei 2021

5 Hal Penting Perlu Papa Ajarkan ke Anak Laki-Laki Sejak Dini
Freepik/drobotdean

Dalam mengasuh dan membesarkan anak, Mama dan Papa memiliki peranan yang sama-sama penting. Maka dari itu, Papa juga harus terlibat dalam tumbuh kembang anak. 

Papa perlu ikut memberikan bimbingan, pengasuhan, dan pendidikan bagi anak-anak. Sebab bimbingan dari seorang Papa dapat membantu anak menumbuhkan sifat-sifat positif seperti bertanggung jawab dan berani.

Nantinya pengasuha  dari sang Papa akan melengkapi karakter yang anak dapatkan dari seorang Mama. 

Peran seorang papa dalam tumbuh kembang anak sangat dibutuhkan, terutama oleh anak laki-laki. Anak melihat Papa sebagai role model mereka.

Secara tidak langsung mereka melihat dan mengikuti sifat dan tidakanmu, terutama ketika mereka berada di posisi seorang Papa kelak.

Yuk cari tahu apa saja hal penting yang harus Papa ajarkan pada anak laki-laki yang sudah Popmama.com rangkum berikut ini.

Lakukan hal ini agar di kemudian hari anak laki-laki Papa dapat tumbuh menjadi sosok lelaki sejati.

1. Kejujuran

1. Kejujuran
Freepik/User11472009

Kejujuran menjadi hal yang mulai hilang artinya belakangan ini. Banyak orang yang mengabaikan hal satu ini hanya demi keuntungan pribadi.

Padahal kejujuran penting sekali untuk dimiliki orang-orang apapun situasinya.

Seorang laki-laki yang baik akan melakukan tindakan yang sejalan dengan ucapannya, menandakan bahwa ia memegang tinggi nilai-nilai kejujuran. Ini merupakan salah satu hal yang perlu Papa bekali pada anak-anak sedari dini. 

Tanamkan sikap kejujuran ini dengan kuat. Papa dapat melakukannya dengan membiasakan mereka untuk mengakui kesalahan.

Tidak perlu dibentak, justru berikan mereka pengertian bahwa apa diperbuatnya merupakan tindakan yang salah. Papa juga sebaiknya menciptakan kondisi yang membuat anak merasa nyaman untuk berkata jujur. 

Selain itu, biasakan anak untuk bersikap jujur baik ada ataupun tidak ada orang yang melihatnya. Tidak perlu berbuat baik hanya saat ada orang lain saja.

Ada atau tidak ada orang lain, anak harus terbiasa bersikap jujur.

2. Arti perjuangan

2. Arti perjuangan
Freepik/Bilanol

Salah satu hal yang menyenangkan ketika menjadi seorang anak ialah hampir semua keinginan dapat dipenuhi dengan mudah oleh kedua orangtua. Namun hal ini tidak lagi berlaku ketika anak-anak beranjak dewasa. 

Papa perlu mendidik anak laki-laki mengenai arti perjuangan. Apa pun yang  anak-anak inginkan tidak bisa mereka peroleh begitu saja. Harus ada perjuangan yang mereka lakukan dan korbankan terlebih dahulu.

Papa dapat membiasakan anak-anak untuk lebih mandiri dan berjuang untuk apa yang mereka inginkan.

Seperti misalnya meminta anak untuk rajin  membantu membersihkan rumah atau terlibat saat Papa mencuci mobil untuk memperoleh mainan baru.

Papa juga bisa mengajak anak belajar menabung ketika mereka ingin mempunya barang baru yang berharga, misal sepeda. 

Editors' Picks

3. Memiliki rasa tanggung jawab

3. Memiliki rasa tanggung jawab
maidtoshinecleaners.com

Seorang laki-laki memiliki nilai tanggung jawab yang mereka pegang dengan teguh terhadap tugas, pekerjaan, dan hidup mereka sendiri, bahkan pada orang-orang di sekitarnya.

Papa perlu menumbuhkan rasa tanggung jawab dalam diri anak sejak dini.

Agar mereka tumbuh menjadi laki-laki yang mampu mengemban tanggung jawabnya dengan baik, khususnya sebagai kepala rumah tangga nantinya. 

Cobalah mulai menumbuhkan ini dari hal-hal yang sederhana, seperti mengajak si Kecil merapikan kembali mainannya setelah bermain, merapikan tempat tidur yang berantakan, bahkan menyiapkan keperluan sekolahnya sendiri.

Lama-kelamaan mereka akan terbiasa memiliki rasa tanggung jawab dan menjalankannya dengan baik.

4. Menghormati Orangtua

4. Menghormati Orangtua
Noodle.com

Menghormati orangtua menjadi salah satu bekal penting bagi masa depan si Kecil. Sebab ini merupakan kewajiban dasar yang perlu selalu anak-anak lakukan. 

Setiap anak perlu diajarkan kesopanan dan kemampuan untuk menghormati orangtua. Bukan hanya keluarga sendiri, tetapi juga mereka yang usianya lebih dewasa dari anak papa. 

Seorang laki-laki yang dapat menghormati orang yang lebih dewasa tentunya disukai di dalam pekerjaannya, ataupun dalam keluarga.

Biasakan si Kecil melakukannya dengan memberikan sapaan yang sopan dan salam kepada anggota keluarga ataupun tetangga yang lebih dewasa. Sebagai seorang role model, Papa juga jangan lupa mencontohkan hal yang sama. 

5. Sifat tidak mudah menyerah

5. Sifat tidak mudah menyerah
Freepik/Master1305

Papa mungkin sudah mengajarkan anak laki-laki mengenai arti perjuangan, namun itu belumlah lengkap. Kini ajari juga mereka dengan sifat tidak mudah menyerah. Sebab ada kemungkinan mereka gagal meskipun sudah berjuang dan itu membuat mereka patah semangat. 

Papa perlu menunjukkan sikap terbuka terhadap kegagalan.

Hindari menganggap itu sebagai hal yang buruk dan sia-sia. Sebab dari kegagalan si Kecil dapat kembali mencoba memperbaiki apa yang sebelumnya salah sehingga mampu meraih keberhasilan di kesempatan berikutnya. 

Tunjukkan juga sikap untuk tidak menyerah dan kembali mau mencoba setelah menerima kegagalan.

Sebab dalam perjuangan, kegagalan merupakan hal yang lumrah dan agar dapat menjadi pemenang dibutuhkan mental yang mau kembali bangkit. 

6. Menghargai perempuan adalah hal mutlak yang harus dibiasakan anak laki-laki sejak dini

6. Menghargai perempuan adalah hal mutlak harus dibiasakan anak laki-laki sejak dini
simplemost.com

Hal terakhir dan tidak kalah penting yang perlu Papa bekalkan bagi anak laki-laki ialah menghargai dan mengohormati perempuan. Sebab ini merupakan hal utama yang perlu dimiliki seorang lelaki sejati. 

Sayangnya ada banyak laki-laki yang tidak dapat menghargai perempuan dengan baik, mereka malah terbiasa bertindak keras dan berkata kasar.

Ini mungkin terjadi karena figur Papanya yang melakukan hal serupa. Bisa juga anak melihat dari lingkungannya.

Jadilah contoh yang baik bagi anak laki-laki dengan menunjukkan sikap yang baik terhadap Mama dan nenek di rumah.

Biasakan untuk tidak berkata kasar ataupun melakukan kekerasan fisik. Melainkan perlakukan perempuan dengan lembut dan penuh kasih. 

Hal tersebut dapat memberikan contoh yang baik bagi anak laki-laki. Khususnya ketika mereka memperlakukan pasangan mereka di masa mendatang. 

Lakukan dan ajarkan keenam hal tersebut dalam diri anak laki-lakimu ya Pa! Pastikan anak laki-laki Papa tumbuh menjadi seorang lelaki dewasa yang hebat kelak.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.