Persiapkan 6 Hal Ini Ketika Anak Kembali Belajar dari Rumah!

Persiapkan hal-hal ini di minggu-minggu pertama sekolah anak.

8 Januari 2021

Persiapkan 6 Hal Ini Ketika Anak Kembali Belajar dari Rumah
Freepik/freepik

Bagaimana liburan bersama anak kemarin Ma? Pastinya selama berlibur ada banyak kegiatan menyenangkan yang telah kalian lakukan bersama. Kita sudahi dulu berbicara mengenai hal tersebut, sebab ini saatnya si Kecil kembali memasuki hari-hari sekolahnya. 

Seperti yang kita ketahui, masa liburan anak berbeda jauh dengan masa sekolahnya. Meski kini anak belum pergi ke sekolah seperti dahulu, tetap saja kegiatan seolah yang cukup padat dapat menyita waktu anak-anak di rumah. Ini membuat mereka tidak dapat bermain sebebas di masa liburan. 

Sudah menjadi tugas Mama untuk membantu anak bersiap kembali menghadapi hari-hari sekolahnya. Ini termasuk memperbarui mood anak untuk lebih siap belajar dan menghadapi tantangan di sekolah. 

Untuk itu, Popmama.com akan memberitahukan Mama hal-hal yang perlu si Kecil persiapkan ketika memasuki Belajar Dari Rumah (BDR). Perhatikan dan bimbing anak mempersiapkan sekolahnya dengan baik. 

1. Menyiapkan kembali peralatan sekolah

1. Menyiapkan kembali peralatan sekolah
Freepik/fwstudio

Meskipun bersekolah dari rumah, peralatan sekolah umum seperti pensil, penghapus, buku tulis, penggaris, dan yang lainnya masihlah relevan. Sebab tugas-tugas sekolah yang diberikan oleh guru seringkali meminta anak menggunakan alat tulis tersebut agar mereka dapat menyelesaikannya dengan baik.  

Ketika sekolah online kembali dimulai, ada baiknya Mama membantu si Kecil menyiapkan kembali peralatan sekolah yang ia butuhkan. Hal ini secara tidak langsung membuat anak mama lebih siap, apalagi ketika ia menerima tugas di minggu-minggu pertama sekolahnya. 

2. Seragam sekolah

2. Seragam sekolah
Freepik

Meskipun tidak menghadiri kegiatan belajar di sekolah, namun seragam masih termasuk sebagai hal yang tidak boleh terlupakan. Seringkali masalah timbul akibat seragam yang tidak pas lagi karena berat badan si Kecil bertambah ataupun sebaliknya. 

Perlu Mama ingat, pada beberapa kesempatan, sekolah terkadang meminta anak-anak mengenakan seragamnya sembari belajar. Untuk itu persiapkan seragam si Kecil yang rapi, bersih, dan sesuai dengan tubuhnya agar tetap nyaman dikenakan.

Oh ya, ingat juga Ma pemakaian seragam si Kecil sesuai dengan harinya. 

Editors' Picks

3. Laptop atau handphone yang mendukung

3. Laptop atau handphone mendukung
Freepik

Satu hal yang berbeda antara bersekolah langsung dan bersekolah dari rumah ialah peran alat komunikasi yang menjadi sangat penting. Ketika si Kecil kembali memasuki kegiatan belajarnya di sekolah secara online, Mama perlu memastikan laptop ataupun smartphone-nya dapat digunakan dengan baik dan lancar. 

Jangan sampai Mama melupakan hal ini dan malah menjadi masalah yang menganggu ketika anak-anak kembali bersekolah. 

Selain masalah gadget, Mama juga perlu memperhatikan ketersedian internetnya, terutama jika si Kecil tidak menggunakan Wi-Fi. Pastikan apakah terdapat paket internet di dalam gadgetnya, jika tidak isilah sesegera mungkin. 

4. Kebiasaan selama sekolah

4. Kebiasaan selama sekolah
Freepik/Artroomstudio

Tidak dapat dibantah jika kebiasaan si Kecil selama sekolah dan kebiasaannya selama liburan berbeda jauh. Di hari-hari liburannya, ada kemungkinan anak-anak terbiasa tidur lebih malam, dan bangun lebih siang. 

Hal tersebut tidak dapat dilakukan ketika mereka mereka sekolah. Meski masih dilakukan dari rumah, anak mama tetap perlu bersiap dan sekolah di pagi hari. 

Sebenarnya kebiasaan yang perlu diubah tidak hanya masalah mengenai tidur dan bangun, tetapi juga mengenai kebiasaan mereka sehari-hari. Misalnya, kebiasaan membagi waktu yang baik antara belajar dan bermain di rumah dan kebiasaan mengerjakan pr perlu ditingkatkan kembali. 

5. Pengetahuan dan kesiapan belajar mereka

5. Pengetahuan kesiapan belajar mereka
Freepik

Selama liburan kemarin apakah anak mama tetap rajin belajar seperti ketika bersekolah? Mungkin ada, tetapi sebagian besar anak-anak pastinya tidak melakukan hal tersebut. 

Itulah mengapa ketika kembali bersekolah, Mama perlu menumbuhkan semangat belajar dalam diri anak. Ini dapat kamu lakukan dengan membimbing anak mengulang pelajarannya sebelum liburan atau bahkan memperlajari hal-hal baru yang belum mereka dapatkan. 

Apalagi mengingat kemarin itu merupakan libur tengah semester, berarti ada kemungkinan apa yang si Kecil pelajari pada semester lalu akan kembali ia temui kedepannya. 

6. Semangat belajar yang pantang menyerah

6. Semangat belajar pantang menyerah
Shutterstock/Art_photo
Mama mengajarkan si Kecil sekolah online

Semangat belajar merupakan hal sederhana namun sangat menentukan kelancaran kegiatan sekolah anak mama. Meskipun anak belajar dengan tekun dan mengerjakan tugas dengan baik, tanpa semangat dalam dirinya hal tersebut akan menjadi sia-sia. 

Ketika si Kecil mulai kembali bersekolah, tumbuhkan kembali semangat belajarnya. Mama dapat membantu anak-anak memiliki semangat belajar dengan cara membangun suasana yang positif seputar belajar dengan mengulik rasa ingin tahunya. 

Mama juga dapat mengetahui pola belajar anak dan menciptakan suasana belajar yang baik di rumah agar anak dapat kembali bersemangat ketika didahapkan dengan pelajaran di sekolah. 

Itulah 6 hal penting yang perlu Mama persiapkan saat anak kembali bersekolah. Pada dasarnya. keberhasilan sekolah anak ditentukan dari peran dan keterlibatanmu. Mama perlu terlibat dengan cara memberikan semangat dan dukungan yang positif ketika anak bersekolah. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.