TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

6 Kegiatan Seru Mengisi Akhir Tahun Bersama Anak di Masa Pandemi

Rekomendasi kegiatan di rumah bersama si Kecil menjelang akhir tahun.

23 Desember 2020

6 Kegiatan Seru Mengisi Akhir Tahun Bersama Anak Masa Pandemi
Freepik

Tidak terasa ya, beberapa hari lagi kita akan memasuki liburan akhir tahun. Namun berbeda dari biasanya, libur akhir tahun kali ini sebaiknya tidak diisi dengan pergi ke tempat-tempat wisata yang ramai. Lebih baik jika Mama dan keluarga menghabiskan waktu-waktu liburan dari rumah. 

Memang biasanya liburan di rumah terkesan membosankan dan tidak ada sesuatu yang baru. Apalagi mengingat tahun ini Mama, Papa, dan anak-anak banyak beraktivitas dari rumah. Ini membuat rumah terkesan tidak istimewa dan bergitu-begitu saja. 

Sebenarnya, ada banyak kegiatan kebersamaan di rumah yang dapat kamu lakukan bersama si Kecil pada liburan akhir tahun ini. Tidak hanya itu, beberapa kegiatan juga memiliki manfaat tersembunyi bagimu juga anak-anak. 

Pada kesempatan kali ini, Popmama.com akan membagikan sedikit rekomendasi kegiatan berakhir tahun di rumah yang dapat kamu lakukan bersama si Kecil. 

Ayo ajak si Kecil melakukan kegiatan seru untuk mengisi akhir tahun di masa pandemi.

1. Membersihkan rumah

1. Membersihkan rumah
huffpost.com

Ada yang mengatakan bahwa tahun baru harus disambut dengan sesuatu yang baru juga. Ini tidak berarti Mama perlu belanja baju atau perlengkapan rumah yang baru. 

Cara sederhana yang dapat Mama lakukan bersama si Kecil ialah membersihkan rumah. Merapikan rumah ketika manyambut awal tahun dapat membuat rumah terasa lebih nyaman, segar, dan lebih baru. Secara tidak langsung ini membantu membentuk semangat di awal tahun nanti.

Membersihkan rumah bersama si Kecil juga dapat menjadi salah satu kegitan yang menyehatkan dan bermanfaat. Kegiatan ini juga membantu anak-anak untuk lebih terlibat dan bertanggung jawab terhadap kebersihan rumah. 

Selain membersikannya, Mama dan si Kecil juga dapat melakukan sedikit pembaharuan suasana rumah. Tidak perlu repot-repot, kamu cukup menambahkan sedikit hiasan atau ornamen di sudut ruangan, ataupun membuat dekorasi dinding bersama si Kecil.

2. Berolahraga di sekitar rumah

2. Berolahraga sekitar rumah
childsafetyblog.org

Meskipun liburan kali ini berada di rumah, kita harus tetap membiasakan tubuh bergerak dengan cukup setiap harinya. Ini dapat dilakukan dengan cara berolahraga rutin selama berlibur. 

Selama libur akhir tahun di masa new normal ini, orangtua dan anak-anak tidak perlu berolahraga di tempat yang jauh. Cukup lakukan kegiatan ini di sekitar rumah. Melakukan aktivitas olahraga di sekitar rumah merupakan salah satu cara untuk menyegarkan dan menjernih kembali pikiran. 

Olahraga rutin juga dapat meningkatkan menyehatkan tubuh juga meningkatkan imun tubuhmu dan si Kecil. Jelas ini membuat kalian lebih terhindar dari bahaya Covid-19. 

Ada banyak pilihan kegiatan olahraga yang bisa kalian lakukan bersama, seperti persepeda, berlari, ataupun jogging di pagi hari. Kegiatan ini akan sangat menyenangkan dan menyehatkan untuk dilakukan bersama si Kecil. 

Editors' Picks

3. Membuat makanan bersama

3. Membuat makanan bersama
Shutterstock/ORION PRODUCTION

Makan bersama merupakan kegiatan kebersamaan yang sering dilakukan. Akan timbul momen kekeluargaan yang hangat ketika semua anggota keluarga serumah meluangkan waktu untuk berkumpul dan berbicara bersama. 

Akan lebih menyenangkan lagi jika semua anggota keluarga ikut terlibat dalam proses pembuatannya. Membuat makanan bersama dapat menjadi momen kebersamaan keluarga yang tidak terlupakan. Ajaklah juga si Kecil untuk terlibat dengan melakukan hal-hal sederhana, seperti mencuci piring ataupun membantu mencuci sayur dan buah.

Proses pembuatan makanan yang melelahkan akan terbayar tuntas dengan kebersamaan yang hangat ketika kalian menyantap makanannya. 

4. Melakukan aktivitas bersama

4. Melakukan aktivitas bersama
Freepik

Pada hari-hari biasa, rasanya sulit sekali menghabiskan waktu bersama anak-anak. Orangtua memiliki kesibukan dengan pekerjaan mereka sedangkan anak-anak disibukkan dengan pekerjaan rumah dan tugas sekolah. 

Akhir tahun ini merupakan kesempatan bagi Mama dan Papa untuk menghabiskan wkatu melakukan aktivitas bersama anak. Ada banyak kegiatan yang dapat kalian lakukan bersama, seperti bermain, menonton film keluarga, berolahraga, atau sekedar duduk dan membiarakan banyak hal. 

Beraktivitas bersama anak selama libur akhir tahun dapat menjadi salah satu kegiatan bonding yang sangat baik. Dengan mudahnya orangtua akan semakin mengenali sikap dan pribadi anak lebih baik lagi. 

5. Membuat resolusi yang baru di akhir tahun

5. Membuat resolusi baru akhir tahun
Freepik/pressfoto

Membuat resolusi yang baru merupakan salah satu kegiatan penting yang perlu dilakukan sebelum menyambut tahun yang baru. Meskipun masih kecil, Mama dapat membantu si Kecil menyusun rencana dan impiannya untuk tahun yang akan datang. 

Mama dapat mengulangkan waktu di akhir tahun ini untuk sedikit berbincang-bincang dengan si Kecil. Tanya apa yang ia rasakan sepanjang tahun dan apa yang ingin ia perbaiki. Bantulah si Kecil untuk menentukan resolusi dan harapan mereka di tahun mendatang. 

Ajaklah juga si Kecil untuk menuliskan semua harapan dan keinginan di tahun mendatang pada secarik kertas, lalu tempelkan pada dinding di kamarnya. Usahakan Mama dan Papa terus memantau pencapaian target anak setiap beberapa bulan sekali. Diskusikan dan berikan bantuan selama prosesnya. 

Selain membuat resolusi secara pribadi, kamu dapat mengajak anak-anak membuat resolusi keluarga. Tulis dan letakkan di tempat yang dapat dilihat seluruh anggota keluarga. Namun pastikan Mama dan Papa juga menepati resolusi yang kalian buat bersama. 

6. Berdoa bersama

6. Berdoa bersama
Freepik/Annastills

Terakhir namun tidak kalah penting ialah berdoa bersama. Dalam menyambut tahun baru, Mama dapat meluangkan waktu dan mengajak si Kecil untuk berdoa bersama. 

Mama sekeluarga dapat berdoa memohonkan harapan dan keinginan di tahun mendatang. Tidak hanya permohonan, ungkapkan juga ucapan syukur atas tahun ini yang telah kamu dan si Kecil alami bersama. 

Doa yang dilakukan secara sederhana ini membantumu dan si Kecil untuk merefleksikan diri selama satu tahun juga menyusun rencana dan harapan di tahun mendatang.

Manfaatkan kesempatan berakhir tahunmu dengan baik. Lakukan berbagai aktivitas bersama keluarga yang tidak biasanya dapat kamu lakukan. Cara ini dapat mempererat hubunganmu dengan keluarga, khususnya dengan si Kecil.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk