7 Peran Anak Dalam Keluarga yang Perlu Diketahui Sejak Dini

Anak mama perlu mengetahui peranannya dalam keluarga dengan baik

26 November 2020

7 Peran Anak Dalam Keluarga Perlu Diketahui Sejak Dini
Freepik/wavebreakmedia-micro

Dalam sebuah keluarga, kehadiran seorang anak sangatlah berarti. Tidak dapat dibantah jika kehadiran anak membuat keluarga terasa lebih hidup dan ramai.

Anak-anak selalu saja dapat membuat Papa dan Mama tersenyum, namun juga kesal di lain waktu. Membesarkan si Kecil membuat hari-hari orangtua menjadi lebih berwarna.

Terlepas dari itu semua, anak-anak sebenarnya memiliki peran penting dalam keluarga yang tidak kalah dari peran kedua orangtua, lho. 

Meskipun seringkali diposisikan sebagai yang terkecil, anak-anak tidak boleh melupakan perannya dalam keluarga. Dan juga mereka perlu menjalankan peran yang dimiliki sebaik-baiknya. 

Mama, yuk bantu si Kecil mengenali perannya dalam keluarga. Popmama.comtelah merangkum 7 peran anak dalam keluarga

1. Belajar dengan rajin dan giat

1. Belajar rajin giat
Pixabay/White77

Tidak dapat dibantah lagi jika salah satu kewajiban seorang anak ialah mengikuti pembelajaran di lingkungan sekolah ataupun rumah dengan baik.

Peran ini diberikan pada anak bukan tanpa tujuan. Anak-anak perlu belajar mengenai ilmu pengetahuan, mengatur sikap, berkomunikasi, dan lainnya agar mereka dapat menjadi seseorang yang baik dan berhasil di masa depan.

Pendidikan ini diharapkan dapat mengasah cara anak-anak berpikir agar dapat menghadapi kerasnya dunia ketika mereka dewasa kelak. 

Orangtua pastinya bangga jika anak-anak mereka dapat tumbuh menjadi seseorang yang pintar dna sukses di masa depan. Ini merupakan cara yang sederhana bagi seorang anak untuk membalas jasa kedua orangtuanya.  

2. Menaati perintah orangtua

2. Menaati perintah orangtua
parents.com

Orangtua memiliki tanggung jawab yang besar dalam mengasuh dan menumbuhkan anak-anak mereka. Itulah mengapa mereka seringkali memberi nasihat dan memberikan anak arahan. 

Namun sayangnya, tidak sedikit anak-anak yang tidak mau mematuhi perkataan orangtua.

Mereka menganggap orangtua mereka terlalu protektif, kuno, atau bahkan penuh aturan. Apalagi jika orangtua mendidik anaknya dengan emosi dan amarah.

Sebenarnya peran seorang anak untuk menaati perintah orangtua merupakan hal yang penting. Karena pada dasarnya orangtualah yang bertanggung jawab atas anak-anaknya. Mereka tidak ingin anak-anaknya gagal. maka dari itu mereka selalu memberikan anak nasihat dan perintah pada anak-anak. 

Editors' Picks

3. Menghormati kedua orangtua dan menjaga nama baik keluarga

3. Menghormati kedua orangtua menjaga nama baik keluarga
Freepik

Peran kedua orangtua dalam kehidupan anak-anaknya tidak dapat dihitung lagi. Papa dan Mama telah mengeluarkan banyak waktu dan tenaga untuk merawat anak-anaknya. Maka sudah menjadi kewajiban seorang anak untuk menghormati orangtua. 

Anak-anak perlu mengormati kedua orangtua. Sederhananya, mereka dapat melakukan ini dengan menuruti perkataan Papa dan Mama, dan bisa menjaga nama baik keluarga.

Penting untuk tidak menjelekkan kedua orangtua di depan mata orang lain dan teman-temannya.

4. Membantu meringankan beban orangtua

4. Membantu meringankan beban orangtua
express.co.uk
menenangkan anak

Orangtua senantiasa menolong dan membimbing anak-anaknya, khususnya ketika mereka dihadapkan dengan hal-hal yang tidak dapat mereka atasi sendiri. Secara tidak langsung itu sebenarnya menambah beban orangtua dalam membesarkan anak-anaknya. 

Si Kecil sebenarnya dapat melakukan beberapa hal sederhana yang dapat meringankan beban orangtua.

Contohnya seperti membantu orangtua menjaga kebersihan dan ketentraman rumah dengan cara membantu menyapu atau membersihkan kamar sendiri. 

Anak-anak juga dapat meringankan beban orangtua dengan menghibur dan mendengarkan keluh kesah kedua orangtua ketika mereka memiliki masalah. 

5. Bersikap sopan pada seluruh anggota keluarga

5. Bersikap sopan seluruh anggota keluarga
thestir.cafemom.com

Bersikap sopan adalah salah satu peran anak di rumah. Anak-anak perlu bersikap sopan, tidak hanya pada orangtua, tetapi juga pada seluruh anggota keluarga. 

Sikap sopan dalam kepada anggota keluarga menunjukkan bahwa si Kecil menghormati keluarganya, terutama mereka yang lebih tua. Di sisi lain, anak-anak yang mampu bersikap sopan memegang nilai dan norma yang diajarkan dengan baik. 

Anak-anak dapat bersikap sopan dengan cara memberikan salam, tidak memotong pembicaran, juga berbicara dengan bahasa yang baik pada anggota keluarga yang lainnya.  

6. Menjaga nama baik keluarga

6. Menjaga nama baik keluarga
Freepik/prostooleh

Meskipun masih kecil, anak-anak termasuk sebagai bagian dari sebuah keluarga, dan sudah menjadi kewajiban seluruh anggota untuk menjaga nama baik keluarga. 

Mama perlu memberitahu si Kecil pentingnya menjaga nama baik dirinya sendiri dan keluarga. Karena pada dasarnya, nama baik merupakan gambaran dan citra seseorang dimata orang lain. Anak-anak pastinya tidak mau jika dirinya dipandang sebelah mata oleh orang lain bukan?

Menjaga nama keluarga dapat anak mama lakukan dengan cara menujukkan sikap dan perilaku yang baik kepada sesama ataupun juga meraih prestasi dan membanggakan Papa dan Mama. Selain dua hal tersebut, anak-anak juga perlu diajarkan untuk menjaga rahasia keluarga. 

7. Menghormati yang lebih tua dan menyayangi yang lebih kecil

7. Menghormati lebih tua menyayangi lebih kecil
Freepik/Asmedvednikov

Peran anak dalam keluarga tidak hanya sebatas pada kedua orangtua saja, anak-anak juga perlu bertanggung jawab pada anggota keluarga lainnya yang lebih tua ataupun lebih muda.

Contoh sederhananya terdapat pada hubungan si Kecil dengan kakak dan adik. Si Kecil memiliki tugas untuk berelasi akur dan akrab baik pada kakak ataupun adiknya.

Anak mama dapat menghormati sang kakak yang lebih tua darinya. Si kecil dapat melakukan ini dengan tidak membantah perkataan kakak, dan bersedia membantu ketika ia kesulitan.

Tidak hanya kakak, si Kecil juga memiliki peran untuk menyayangi adik dengan cara menjadi seorang kakak yang baik dan memperhatikan kebutuhan adiknya.   

Itulah beberapa peran anak dalam keluarga yang bisa diberitahukan sejak dini. Mama perlu mengajarkan pada si Kecil agar ia dapat memenuhi setiap perannya di dalam keluarga dengan baik. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.