Tampil Menarik dan Tetap Aman, 6 Rekomendasi Masker Anak

Apakah Mama sudah memberikan si Kecil masker yang tepat?

26 Juli 2021

Tampil Menarik Tetap Aman, 6 Rekomendasi Masker Anak
Popmama.com/Novy Agrina
Ilustrasi

Tidak terduga ya, di pertengahan tahun 2021 ini pandemi virus Covid-19 rasa belum berkurang. Malah bertambah parah hingga memicu penetapan aturan PPKM dadurat beberapa waktu yang lalu. 

Menanggapi kondisi ini, Mama dan keluarga sebaiknya tetap menaati prokes yang ditetapkan oleh pemerintah. Seperti memakai masker, dan sering mencuci tangan sehabis melakukan kontak fisik ataupun pergi ke luar rumah.

Hal tersebut sebaiknya juga ditaati oleh si Kecil. Karena tubuh mereka masih rentan dan mudah untuk sakit. Apalagi si Kecil tak sepenuhnya rentan dari virus Covid-19. 

Tetap pastikan anak-anak selalu memakai masker ketika mereka berpergian ke luar. Pastikan juga masker yang anak kenakan sesuai dengan aturan yang berlaku saat ini. 

Agar si Kecil semakin semangat memakai masker, sebaiknya Mama memberikan masker yang sesuai bagi mereka. Seperti masker dengan berbagai warna, ataupun yang memiliki gambar karakter yang anak sukai. 

Tenang saja, Popmama.com akan merangkum pilihan rekomendasi merek masker anak di tahun 2021 ini. Simak dengan baik ya, Ma!

1. Jenis masker apa yang aman bagi si Kecil saat ini

1. Jenis masker apa aman bagi si Kecil saat ini
Freepik/A3pfamily

Melansir dari sehatnegeriku.kemkes.go.id, di tahun 2021 ini ada sejumlah perubahan mengenai masker yang layak dan aman untuk dikenakan. 

Jika sebelumnya masker scuba dan kain masih tergolong efektif melindungi anak dari penyebaran virus Covid-19, kini keduanya tidak cukup mampu menangkal mutasi baru dari virus ini.

Menurut Drg. Arianti, jenis masker yang kini aman untuk digunakan ialah jenis masker medis, yaitu masker bedah (berbahan Non – Woven Spunbond, Meltblown, Spunbond (SMS) dan Spunbond, Meltblown, Meltblown, Spunbond (SMMS))  dan masker respirator (N95 atau KN95).

Masker bedah yang anak gunakan sebaiknya memiliki tiga lapisan. Sehingga dapat digunakan untuk menutupi mulut dan hidung, juga digunakan hanya sekali pakai.

Perlu diingat penggunaan masker bedah ini sebaiknya digunakan bersama masker lainnya. Gunakan masker bedah dahulu (pada lapisan pertama), dan pastikan kawat tipis di bagian atas masker bedah ditekan ke arah wajah. Lalu lapisi dengan masker kain (3 lapis) di luarnya agar memberikan perlindungan yang maksimal.

Sedangkan untuk masker respirator atau yang disebut N95 atau KN95 ini cukuplah aman karena memiliki lebih dari 4 lapisan. Masker respirator ini sebaiknya dibuat lapisan lebih tebal yaitu polypropylene, dengan lapisan tengah berupa elektrete / charge polypropylene. Masker respirator ini memiliki kemampuan filtrasi yang lebih baik dibandingkan dengan masker bedah.

Perlu kamu ingat, masker medis yang baik sebaiknya memiliki efisiensi penyaringan bakteri hingga 95%..

2. Ulife+ Kids Silicone Mask With KN95 Filter URM101

2. Ulife+ Kids Silicone Mask With KN95 Filter URM101
tokopedia.com

Masker pertama ini merupakan masker berjenis KN95 atau N95 yang mampu berkualitas dan sangat efektif.  Masker produksi Ulife+ ini dibuat degan bahan silikon & plastik polypropylene yang aman, dan awet. 

Produk masker KN95 ini dapat digunakan kembali dan dicuci sehingga dapat digunakan dalam waktu yang lama. Meski begitu ini tak mengurangi tingkat efektivitas masker ini. Masker ini juga memiliki bentuk yang cukup berbeda, membulat dan tebal seperti masker para profesional. Bahkan dapat ditempel dengan stiker yang berbeda dan lucu. 

Masker ini dilengkapi dengan sepuluh filter KN95 yang dapat diganti antara 3–7 hari sekali atau sesuai dengan intensitas pemakian anak. 

Ulife+ Kids Silicone Mask With KN95 Filter ini cocok sekali bagi anak Mama yang berusia 4-16 tahun dan memiliki 5 ply di dalam. Oh ya, masker ini tersedia dengan harga mulai dari Rp 399.000,00. 

Editors' Picks

3. Masker Anak KF94 EVO

3. Masker Anak KF94 EVO
lazada.co.id

Selain produk keluaran Ulife+ tadi, Mama juga dapat memiliki masker berjenis KN95 dari K94 EVO. Masker ini memiliki kelebihan tersendiri dari desain butterfly shape-nya. Bentuk ini membuat anak lebih leluasa bernafas ketika mengenakannya, sehingga lebih nyaman untuk dipakai dalam waktu yang lama. 

Masker KN95 ini juga dilengkapi dengan filter KN95 yang memiliki BFE 95%. Lengkap dengan 4 ply yang semakin menjaga si Kecil dari bahaya virus dan bakteri. 

Masker K9E EVO ini cocok sekali bagi anak mama yang berusia 3-12 tahun dan dapat Mama peroleh dengan harga sekitar Rp129.000,00/ box dengan isi 10 pcs masker di dalamnya. 

4. Masker Duckbill Kids Pokana-4 Ply Surgical Face Mask

4. Masker Duckbill Kids Pokana-4 Ply Surgical Face Mask
tokopedia.com

Jika anak ingin varian masker yang berbeda dengan warna yang lebih menenangkan dan sederhana, mungkin ini merupakan pilihan yang tepat untukmu. 

Pokana Duckbill Mask merupakan masker 4 ply / 4 layer dan sangat nyaman untuk anak mama kenakan ketika pergi ke luar rumah. Masker ini pun memiliki BFE 97% sampai dengan 99%. 

Masker Pokana ini juga memiliki sejumlah varian warna yang menarik bagi si Kecil, mulai dari pure white, marble grey, nude pink, soft beige, midnight black, deepsea navy, dark grey, hingga army green

Masker duckbill keluaran Pokana ini dibanderol seharga Rp20.000,00 untuk 1 sachet yang terdiri dari 2 lembar. Cocok sekali untuk anak mama yang berusia 3-7 tahun.

5. Masker medis anak 3ply earloop merk SEVEN KIDS

5. Masker medis anak 3ply earloop merk SEVEN KIDS
tokopedia.com

Masker medis anak berikutnya yang cocok bagi si Kecil ialah masker keluaran Seven Kids. Masker ini memiliki 3 lapisan, lengkap dengan earloop sehingga nyaman untuk digunakan. 

Masker medis anak ini nyaman dikenakan anak karena memiliki nose clip dan dibuat dari bahan yang berkualitas. Bukan hanya itu, keamanan masker medis ini pun sudah teruji, bahkan BFE hingga 99%. Efektif untuk menghindari bakteri dan virus agar tidak terhirup si Kecil.

Masker produksi Indonesia ini dibuat menggunakan bahan non woven (Spunbond, Meltblown, Spunbond). Anak-anak usia 5-12 tahun tentu menyukai masker ini karena memiliki variasi tampilan yang lucu. 

Mama dapat memperoleh masker anak ini seharga mulai dari Rp37.000,00/box dengan isi 50 lembar masker. 

6. Sensi-Kids Face Mask Headloop

6. Sensi-Kids Face Mask Headloop
shopee.co.id

Masker keluaran Sensi memang sudah dikenal sangat bermanfaat dan efektif menjaga virus agar tidak terhisap masuk melalui hidung ataupun mulut. 

Sensi Kids memberikan masker yang aman bagi anak mama karena memiliki 3 lapisan di dalamnya. Masker bedah ini juga memiliki BFE mencapai 99% dan dibuat dari bahan fiberglass, serta hypoallergenic.

Tidak hanya itu, masker Sensi ini juga dilengkapi dengan nosepiece. Sehingga dapat mengikuti bentuk hidung dan kontur wajahAnak mama yang menggunakan kacamata tak perlu takut pengelihatan mereka terganggu oleh embun ketika memakai masker. 

Produk masker bedah ini dapat Mama peroleh mulai dari Rp15.000,00/bungkus dengan isi 5 pcs masker di dalamnya.

7. Shumu Masker Anak KN95

7. Shumu Masker Anak KN95
shopee.co.id

Dan masker berjenis repirator yang selanjutnya ialah Shumu masker anak KN95. Masker KN95 ini dijual per box dengan harga sekitar Rp35.000,00 per boxnya dengan isi 10 pcs. 

Mengingat masker KN95 menjadi salah satu jenis pilihan masker terbaik saat ini, tidak ada salahnya Mama memberikan produk satu ini bagi si Kecil. 

Masker Shumu ini juga memiliki sejumlah kelebihan, seperti tahan air, nyaman dan lentur untuk dipakau lama, memiliki tekstur yang lembut yang tidak membuat wajah si Kecil lecet ketika dikenakan dalam waktu yang lama. 

Oh ya, masker KN95 Shumu ini juga dibuat dengan standarisasi internasional, dan memiliki 5 ply/lapisan. Sehingga dapat efektif mencegah virus, bakteri, dan kuman terhirup masuk ke dalam tubuh. 

Itulah dia 6 rekomendasi masker yang tepat untuk si Kecil sesuai dengan ketetapan pemakaian masker yang baru. Tetap jaga kesehatan dan patuhi peraturan pemerintah dengan baik ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.