Tetap Belajar Walau Liburan Akhir Tahun? Yuk Ikuti 6 Tips ini!

Belajar selama liburan bukanlah hal yang membosankan kok.

28 Desember 2021

Tetap Belajar Walau Liburan Akhir Tahun Yuk Ikuti 6 Tips ini
Freepik

Apa yang anak-anak mama biasa lakukan di masa liburan? Mungkin jawaban utamanya ialah: bermain. Tentu saja, masa liburan akan lebih menyenangkan bila diisi dengan kegiatan yang seru seperti bermain. 

Sayangnya karena kebanyakan bermain, anak-anak seringkali melupakan pelajaran di sekolah. Tidak heran ketika masuk kembali di semester yang baru, Mama dan Papa sering kewalahan dengan nilai anak yang kebakaran. 

Sebenarnya perlukah anak mama belajar semasa liburan? Banyak yang beranggapan jika meminta anak belajar di masa liburan akan membuat si Anak menjadi stres dan terbeban. Padahal seharusnya waktu liburan digunakan untuk beristirahat dari aktivitas sehari-hari. 

Belajar bukanlah hal yang perlu anak-anak hindari, meskipun selama mereka liburan. Mama dapat mendukung dan memberi dorongan agar anak mau belajar dan bereksplorasi melalui hal-hal sederhana.  

Ada beberapa tips dan cara yang telah Popmama.com rangkum dan dapat Mama gunakan untuk mendorong anak belajar di masa liburan 

1. Jadikan dapur sebagai tempat belajar yang seru

1. Jadikan dapur sebagai tempat belajar seru
Freepik/senivpetro

Jauhkan pemikiranmu mengenai belajar yang lekat dengan membaca buku di meja. Faktanya, anak-anak dapat belajar dari berbagai hal lho. Salah satunya melalui aktivitas menyenangkan bersama Mama di dapur. 

Dapur merupakan salah satu tempat belajar yang baik. Ada banyak sekali aktivitas yang anak-anak lakukan di sana, mulai dari mengenali bahan-bahan makanan, belajar membaca resep, menyiapkan bahan baku makananan dengan teliti, belajar bertanggung jawab, teliti, dan masih banyak lagi. 

Mama dapat memberikan si Kecil kesempatan terlibat membuat hidangan keluarga yang cocok untuk disantap di masa liburan. Termasuk mengajari si Kecil bersikap lebih mandiri melalui kemampuan memasak dan membuat makanan. 

Memasak bersama keluarga juga dapat menjadi momen hangat selama liburan lho!

2. Pergi keluar dan belajar sesuatu

2. Pergi keluar belajar sesuatu
Freepik/Jcomp

Selama berlibur ada banyak hal yang dapat anak lakukan, Bukan hanya di rumah, tetapi juga di luar rumah, 

Ada berbagai hal yang dapat anak pelajari di luar rumah. Misalnya dengan mengajak anak bermain di taman, mereka dapat belajar mengenai beragam mahluk hidup dengan cara unik mereka bertahan hidup, seperti tumbuhan melakukan fotosintesis, dan lainnya. 

Mama dan Papa juga dapat mengajak anak berbelanja ke pusat perbelanjaan. Di sana mereka dapat belajar mengelola uang, membuat keputusan, dan lainnya. 

Editors' Picks

3. Bacakan cerita sebelum anak tidur

3. Bacakan cerita sebelum anak tidur
Freepik/Prostooleh

Tanpa pekerjaan rumah dan kegiatan belajar sekolah sehari-hari, anak mama memiliki waktu luang lebih lama di malam hari. Mama dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk membacakan anak cerita sebelum tidur. 

Meski terdengar sederhana, membacakan anak buku merupakan salah satu metode belajar lho. Memberikan si Kecil cerita penuh moral dapat membantu mereka mendapatkan pesan moral dengan cara yang menyenangkan. 

Di sisi lain ini melatih kemampuan anak mendengarkan, kemampuan literasi, dan tentunya mengasah imajinasi anak. 

4. Bosan bukanlah hal yang buruk

4. Bosan bukanlah hal buruk
Freepik/Danai76

Liburan ternyata tidak semenyenangkan itu. Setelah beraktivitas tanpa kesibukan dan aktivitas sekolah beberapa hari, anak mama akan merasa bosan. Memang mereka tidak dibebani dengan tugas dan tanggung jawab belajar, namun karena tidak ada tujuan inilah anak-anak menjadi bosan.

Mengutip dari melbournechildpsychology.com.au, bosan bukanlah hal yang buruk. Ketika merasa bosan anak-anak akan dituntut untuk berpikir mencari hal-hal yang baru yang dapat mengatasi rasa bosannya. 

Tidak heran rasa bosan selama liburan dapat menjadi cara anak berpikir lebih kreatif. Mama dapat membantu anak mengatasi rasa bosan dengan membiarkan anak mengeksplorasi hal-hal baru, hindari kebiasaan menyuapi anak atau menyuruh anak melakukan hal yang kamu inginkan. 

Oh ya, hindari juga kebiasaan memberikan gadget kepada anak ketika bosan. Ini memang dapat menjadi cara instan yang mudah dilakukan, tetapi efeknya kurang baik.  Anak-anak perlu waktu untuk mematikan gadgetnya, menghindar sejenak dari keramaian dunia luar dan menemukan dirinya sendiri.  world through their own eyes — even for a few minutes a day — instead of through their phone screen.

    5. Biasakan anak membaca

    5. Biasakan anak membaca
    Freepik/Pvproduction

    Setelah membiasakan anak membaca buku di malam hari, Mama juga dapat membiasakan anak rajin membaca buku.

    Membaca buku merupakan cara belajar yang menyenangkan dan menarik. Mama dapat memberikan anak berbagai pilihan buku untuk belajar. Tidak hanya buku pelajaran atau buku ilmu pengetahuan, berikan anak buku yang sesuai dengan usia dan kesukaan si Kecil. 

    Kamu dapat memberikan anak buku cerita bergambar, buku mewarnai, buku membuat kerajinan tangan, dan lain sebagainya. Buku-buku ini dapat menjadi cara mengasah kemampuan bahasa anak dan imajinasinya. 

    6. Buatlah projek menyenangkan bersama anak

    6. Buatlah projek menyenangkan bersama anak
    Freepik/Pressmaster

    Cara belajar melalui projek tertentu sangatlah efektif dan lebih semangat untyk dilakukan. Tidak perlu dibuat dengan sulit atau repot, banyak lho kegiatan liburan yang menarik untuk dijadikan sebuah projek. 

    Misalnya ketika kalian berbelanja, ajak anak meneliti bahan dan cara membuat baju yang mereka beli. Setelahnya pintalah anak menjelaskan bagaimana proses pembuatan baju hingga dapat mereka kenakan saat ini. 

    Ada banyak lagi ide-ide kegiatan belajar yang dapat Mama lakukan bersama si Kecil mengisi waktu-waktu liburan ini. Yuk manfaatkan waktu liburan dengan beragam aktivitas yang menyenangkan!

    Baca juga:

    Tanya Ahli

    Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

    Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

    Mama CerdAZ

    Ikon Mama CerdAZ

    Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

    Cari tahu yuk