Balita Meninggal dengan Kulit Melepuh Usai Mengonsumsi Obat Klinik

Jangan sembarangan memilih tempat berobat ya, Ma. Bisa fatal akibatnya!

6 Desember 2019

Balita Meninggal Kulit Melepuh Usai Mengonsumsi Obat Klinik
Freepik/Raw Picture

Seorang balita bernama Muhamad Noval Muhtarom (4) di Kabupaten Madiun, Jawa Timur dilaporkan meninggal dunia dengan kondisi sekujur tubuh melepuh saat berobat di salah satu klinik pada Rabu (4/15/19).

Anak dari pasangan Sadikan dan Tarmiati, warga Desa Nglambangan, Kecamatan Wungu, Kabupaten Madiun ini diduga salah mengonsumsi obat yang diberikan petugas klinik.

Awalnya, Noval mengalami sakit batuk, panas, dan pilek. Kedua orangtuanya pun membawa Noval menuju klinik di Desa Dimong, Minggu (1/12/19).

“Noval lalu diberi sejumlah obat. Orangtuanya diminta member minum obat yang diberikan petugas klinik,” jelas Saimun selaku Paman korban.

Namun, bukannya membaik, obat tersebut justru memberikan efek negatif pada tubuh korban. Hal ini ditandai dengan munculnya bintik-bintik merah di sekitar mulut korban dan kulitnya pun melepuh.

Akhirnya, orangtua korban kembali mengunjungi klinik yang sama pada Senin (2/12/19) dan kemudian diberikan obat yang berbeda. Namun, kondisi korban semakin parah. Orangtua pun memutuskan membawanya ke Rumah Sakit. 

Setelah dua hari menjalani perawatan di RS Santa Clara Madiun, korban menghembuskan nafas terakhirnya dengan kondisi kulit yang melepuh dan mengelupas.

Terkait dengan peristiwa ini, Satuan Reskrim Polres Madiun pun melakukan tindakan untuk menyelidiki penyebab pasti kematian korban yang diduga karena keracunan obat.

Berkaca dari peristiwa tersebut, Mama dan Papa sebagai orangtua sebaiknya bisa lebih pintar dan jeli dalam memilih tempat pengobatan bagi buah hati.

Hal ini perlu diperhatikan karena menyangkut kesehatan anak. Tidak akan ada orangtua yang menginginkan hal-hal buruk terjadi pada si Kecil, bukan?

Maka dari itu, berikut tips memilih tempat berobat atau rumah sakit untuk anak yang telah dirangkum oleh Popmama.com. Yuk disimak, Ma.

1. Rumah sakit khusus anak

1. Rumah sakit khusus anak
Pexels/Icon 0

Hal penting yang harus dilakukan saat hendak membawa si Kecil berobat ketika sakit adalah memastikan tempat yang dituju merupakan rumah sakit khusus anak.

Berbeda dengan orang dewasa, anak lebih membutuhkan perawatan yang spesial.

Tidak hanya itu, peralatan yang digunakan pun harus dengan ukuran tepat dan aman bagi anak.

2. Rumah sakit dengan dokter spesialis anak yang profesional

2. Rumah sakit dokter spesialis anak profesional
Pexels/Pixabay

Dokter spesialis anak akan membantu Mama dan Papa mengetahui kondisi si Kecil secara lebih jauh dan mendalam.

Misalnya, riwayat medis anak sehingga perawatan dan pengobatan anak menjadi lebih maksimal.

Maka, Mama dan Papa harus memerhatikan ketersediaan dokter spesialis anak yang profesional sehingga si Kecil dapat ditangani dengan baik.

Editors' Picks

3. Rumah sakit dengan tenaga medis yang cepat tanggap

3. Rumah sakit tenaga medis cepat tanggap
Pexels/Павел Сорокин

Selain dokter, tenaga medis lain seperti suster akan membantu dalam perawatan anak.

Ada baiknya, orangtua memilih rumah sakit yang memiliki tenaga medis yang cepat tanggap sehingga si Kecil mendapatkan perawatan yang terbaik.

4. Perhatikan fasilitasnya

4. Perhatikan fasilitasnya
Pexels/Павел Сорокин

Tidak hanya tenaga medis saja yang perlu diperhatikan, Mama dan Papa juga sebaiknya mengamati apakah fasilitas rumah sakit sudah lengkap atau kah jauh di bawah standar.

Jangan sampai anak terlambat ditangani karena fasilitas ruangan rumah sakit yang tidak memadai.

5. Rumah sakit dengan obat yang lengkap

5. Rumah sakit obat lengkap
Pexels/Pixabay

Tidak jarang, Mama atau Papa menemui rumah sakit yang tidak menyediakan obat-obatan secara lengkap.

Hal ini tentu saja akan menyulitkan karena orangtua harus mencari obat di Apotek lain sehingga si Kecil mendapatkan pengobatan yang tepat.

Itulah 5 hal yang perlu orangtua perhatikan jika hendak membawa anak berobat ke rumah sakit.

Ada baiknya, Mama dan Papa juga memerhatikan lokasi yang tidak terlalu jauh dari rumah serta mempertimbangkan kemampuan finansial.

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!