Buah-Buahan Penambah Berat Badan Anak

Selain kaya vitamin dan mineral, buah juga bisa bantu menambah berat badan

20 Oktober 2020

Buah-Buahan Penambah Berat Badan Anak
Unsplash/Rayyu Maldives Photography

Bertambahnya ukuran tubuh bisa menjadi tolok ukur tumbuh kembang anak. Hingga tak heran, banyak orangtua yang berusaha memberi asupan terbaik agar masa tubuh anaknya bertambah. 

Salah satu asupan yang berperan, yaitu buah-buahan. Buah dapat dikonsumsi segar sebagai camilan atau dibuat jus yang lezat untuk anak. 

Berikut Popmama.com berikan rekomendasi buah penambah berat badan anak. Dikutip dari berbagai sumber, Ma. 

1. Alpukat

1. Alpukat
Unsplash/Thought Catalog

Alpukat dikenal sebagai buah dengan kandungan kalori yang tinggi dan mengandung lemak sehat. Mama dapat memasukkan alpukat dalam daftar menu harian anak sehingga membantu bertambahnya berat badan. 

Kandungan lemak pada alpukat sebagian besar terdiri dari lemak tak jenuh tunggal, sedikit lemak jenuh, dan lemak tak jenuh ganda. Sebagian besar lemak tak jenuh tunggal itu adalah asam oleat. Jenis lemak yang tergolong sangat sehat.

Dikutip medicaldaily, sebuah alpukat dengan berat 100 gram mengandung kalori yang cukup, lemak sehat, protein, vitamin K, serat, folat dan karbohidrat. Selain itu, alpukat juga kaya akan mikronutrien.

Editors' Picks

2. Pisang

2. Pisang
Unsplash/Louis Hansel

Pisang dapat menjadi pilihan buah yang bagus untuk membantu anak Mama menambah berat badan. Pisang dapat dijadikan camilan segar dicampur dengan oatmeal, madu, dan selai kacang atau diolah menjadi jus yang lezat bersama yoghurt. 

Sebuah pisang berukuran 118 gram mengandung 27 gram karbohidrat dan 105 gram kalori. Meskipun pisang cukup banyak mengandung karbohidrat, pisang memiliki indeks glikemik rendah sampai sedang. 

Jadi, pisang tidak menyebabkan lonjakan tiba-tiba dalam kadar gula darah. Metabolisme tubuh pun tetap terkendali, Ma. 

Selain itu, pisang mengandung protein lemak sehat, dan vitamin B6. Beragam kandungan dalam pisang dapat menjaga kesehatan jantung, sumber antioksidan yang baik bagi tubuh, dan bantu merawat rambut sehat. 

3. Mangga

3. Mangga
Unsplash/Phoenix Han

Mangga menjadi buah-buahan yang bagus untuk menambah berat badan. Rasanya yang manis membuat mangga dapat menjadi buah kesukaan si Kecil, Ma. 

Mengutip healthline, buah mangga adalah sumber kalori yang baik karena mengandung banyak karbohidrat untuk menambah berat badan.

Mangga juga tinggi akan protein, vitamin C, dan folat. Selain itu, mangga merupakan sumber tembaga yang baik dan mengandung beberapa vitamin B, serta vitamin A dan E.

Mangga sudah memiliki rasa yang lezat dengan sendirinya sehingga dapat dikonsumsi langsung atau Mama bisa mengolahnya menjadi smoothie. 

4. Kelapa

4. Kelapa
Unsplash/Tijana Drndarski

Kelapa merupakan buah serbaguna yang populer karena banyak memiliki manfaat untuk kesehatan, Ma. Buah kelapa juga merupakan sumber kalori yang bagus karena kaya akan karbohidrat, serat, dan lemak. 

Mama dapat menambahkan kelapa, terutama bagian daging buahnya untuk dikonsumsi sehingga membantu peningkatan berat badan anak. 

Daging kelapa tinggi banyak mineral penting, termasuk fosfor dan tembaga. Selain itu, air kelapa yang menyegarkan juga baik untuk dikonsumsi karena dapat menjaga kesehatan pencernaan dan mencegah dehidrasi.

5. Buah-buahan kering

5. Buah-buahan kering
Unsplash/Anshu A

Buah-buahan kering dapat menjadi salah satu pilihan atau bahkan selingan dari makanan lain untuk bantu menambah berat badan anak. 

Dibandingkan dengan buah segar, buah-buahan kering biasanya telah ditambahkan dengan gula sebagai pemanis. Namun, tetap kaya akan antioksidan, vitamin, dan juga mineral.

Mama dapat menemukan buah-buahan kering, seperti anggur, aprikot, atau kismis di toko swalayan terdekat. Dalam mengonsumsinya, Mama bisa mencampurkan beberapa buah kering dengan tambahan protein, seperti yoghurt atau kacang-kacangan. Berikan sebagai camilan sehat di sela-sela jam makan siang. 

Itulah 5 jenis buah penambah berat badan anak yang dapat Mama berikan untuk bantu menambah berat badannya. Pilih buah-buahan dengan kualitas terbaik dan kreasikan olahannya sehingga lebih disukai si Kecil, Ma. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.