Yuk, Ajarkan Anak Membuat Friendship Bracelet untuk Sahabatnya Ma

Murah dan mudah dibuat, lho!

11 Januari 2021

Yuk, Ajarkan Anak Membuat Friendship Bracelet Sahabat Ma
Pexels/Cotton Bro

Tidak hanya dalam kehidupan orang dewasa, sahabat juga hadir dalam masa anak-anak. Bagi anak, sahabat dapat berperan sebagai teman bermain, berbagi, dan bertumbuh bersama. 

Kehadiran sosok sahabat di masa anak-anak juga akan menjadi suatu hal yang membahagiakan bagi orangtua. Hingga tidak heran, banyak Mama atau Papa yang menganggap sahabat dari sang buah hati sebagai anaknya sendiri. 

Orangtua pun memerlakukan anak serta sahabatnya dengan penuh kasih sayang yang sama. Secara tidak langsung, anak mama akan meniru perilaku baik ini. Sesekali, mama mungkin dapat mengarahkan anak untuk memberikan hadiah kepada sahabatnya. 

Misalnya, barang sederhana berupa friendship bracelet atau aksesori yang dibuat sendiri. Selain cantik dikenakan, barang ini dapat menjadi simbol cinta dan harapan untuk terus bersama. Anak-anak pasti menyukainya. 

Berikut Popmama.com berikan cara mudah mengajarkan anak membuat frienship bracelet. Dikutip dari laman projectswithkids. Barangkali berguna sebagai panduan Mama dan si Kecil! 

Bahan dan alat yang dibutuhkan

Bahan alat dibutuhkan
www.projectswithkids.com

Sebelum memulai membuat friendship bracelet sederhana untuk sahabat anak mama, terdapat beberapa bahan dan alat yang dibutuhkan, yaitu:

  • benang bordir aneka ragam warna sesuai keinginan,
  • manik-manik berbagai warna yang bertuliskan macam huruf,
  • kancing baju bentuk bulat (boleh juga berbentuk apa saja),
  • gunting, dan
  • solasi atau lakban berukuran kecil. 

Cara membuat friendship bracelet

Cara membuat friendship bracelet
www.projectswithkids.com

Setelah bahan dan alat yang diperlukan siap. Mama dan si Kecil dapat mengikuti intruksi di bawah ini dalam membuat friendship bracelet!

Editors' Picks

1. Ukur panjang benang sesuai pergelangan tangan

1. Ukur panjang benang sesuai pergelangan tangan
www.projectswithkids.com

Pilih 3 jenis warna benang bordir sesuai selera anak. Misalnya, warna merah, pink, dan biru. Kemudian ukur panjang benang menggunakan pergelangan tangan anak mama.

Panjang benang bordir yang akan digunakan untuk membuat friendship bracelet ini setidaknya 4 kali ukuran pergelangan tangan anak. Setelah itu, gunting benang dan lipat masing-masing warna benang menjadi hingga 2 bagian.

Jika benang bordir yang digunakan sebanyak 3 warna, maka banyak tali setelah dilipat berjumlah 6 bagian. Jangan sampai salah ya, Ma! 

Setelah benang dilipat menjadi 2 bagian, sisakan lubang sebesar kancing baju di bagian ujung benang dan ikatlah dengan erat. Sebaiknya, ukur dengan seksama jangan sampai terlalu kecil agar tidak sulit dikenakan atau besar karena akan mudah terlepas.

Rekatkan bagian lubang kancing pada benang menggunakan solasi atau lakban kecil di meja untuk mempermudah langkah berikutnya. 

2. Mulailah mengepang seluruh benang

2. Mulailah mengepang seluruh benang
www.projectswithkids.com

Pisahkan seluruh benang berdasarkan warnanya menjadi 3 bagian. Jadi, terdapat 2 buah benang pada setiap kelompok warna. 

Setelah itu, Mama bisa mulai mengepang seluruh benang bordir. Kombinasi 3 warna yang dipilih akan menjadi kesatuan warna indah. 

Bantulah anak mama untuk membuat kepangan benangnya sendiri. Meski perlu kesabaran dan ketelatenan dalam mengajarkannya pada si Kecil, cara ini akan terasa menyenangkan baginya.

Selain itu, kegiatan membuat kreasi bersama juga dapat menumbuhkan bonding antara orangtua dengan buah hati, lho! 

3. Susun manik-makin huruf sesuai keinginan

3. Susun manik-makin huruf sesuai keinginan
www.projectswithkids.com

Setelah hampir setengah jalan mengepang benang bordir, ikat 2 bagian benang. Kemudian, isi benang dengan manik-manik huruf yang telah disiapkan. 

Mama dapat membantu anak dalam menyusun huruf sesuai keinginannya. Misalnya, bertuliskan nama sang sahabat atau ungkapan lainnya.  

Ingat ya Ma, hanya 2 bagian benang yang diisi dengan manik-manik huruf. Sisanya dibiarkan saja, tidak diisi karena lubang manik-manik akan mampu dimasukkan banyak benang. 

Apabila sudah selesai merangkai huruf, ikat kembali di bagian manik-manik terakhirnya. Hal ini berguna agar manik-manik huruf dalam benang tetap berada dalam posisinya.

4. Kepang benang kembali hingga selesai

4. Kepang benang kembali hingga selesai
www.projectswithkids.com

Langkah selanjutnya, yaitu meneruskan kepangan benang hingga selesai. Namun, jangan dihabiskan sampai bagian ujung benangnya, ya. 

5. Tambahkan kancing sebagai pengait

5. Tambahkan kancing sebagai pengait
www.projectswithkids.com

Benang yang tersisa dan tidak terkepang ini akan menjadi pengait, Ma. Sama seperti teknik menyusun manik-manik, ambil 2 bagian benang. Kemudian, masukkan kancing baju yang telah disiapkan.

Masukkan benang dalam lubang kancing hingga beberapa kali agar lebih rekat dan tidak mudah lepas. Bantulah anak mama melakukannya dengan hati-hati hingga berhasil.

Itulah cara mudah membuat friendship bracelet sederhana yang bisa Mama ajarkan pada anak. Buatlah sepasang sehingga dapat dikenakan bersama anak dan juga sahabatnya, Ma! 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.