Selain Zebra, Ini Hewan Bertubuh Belang yang Perlu Anak Ketahui Ma

Tubuh belang menjadi ciri khas tersendiri pada hewan

16 Oktober 2020

Selain Zebra, Ini Hewan Bertubuh Belang Perlu Anak Ketahui Ma
round.glass.com

Selama masa tumbuh kembangnya, anak-anak perlu diberikan stimulasi sehingga kemampuan dan kecerdasannya optimal. Tidak hanya stimulasi dalam bentuk nutrisi, tetapi juga beragam pengetahuan.

Salah satunya dengan mengenalkan beragam jenis hewan. Masing-masing hewan memiliki keunikan tersendiri, seperti zebra yang tubuhnya berwarna putih dan hitam atau harimau dengan tubuh hitam oranyenya. 

Kedunya telah dikenal sebagai hewan bertubuh belang. Sebenarnya masih ada banyak hewan dengan tubuh belang, tetapi mungkin kurang populer sehingga jarang diketahui. 

Untuk bantu memperkaya pengetahuan si Kecil, berikut Popmama.com rangkum beragam jenis hewan bertubuh belang selain Zebra.

1. Bongo

1. Bongo
marwell.org.uk

Bongo atau hewan dengan nama latin Tragelaphus eurycerus adalah sejenis antelop yang hidup di kawasan Afrika Tengah dan Barat. Sebenarnya, antelop merupakan jenis herbivora yang sangat populer di Afrika. 

Namun, mungkin saja Mama baru kali ini mendengar tentang hewan bernama bongo. Hal ini wajar karena bongo memang cenderung pemalu sehingga mereka hidup tersembunyi di kawasan hutan, Ma. 

Penampilan bongo sangat khas dibanding jenis antelop lain karena memiliki garis-garis putih dan cokelat di tubuhnya.

Mengutip laman Animalia, jumlah belang pada bongo berkisar 10-15 garis. Biasanya, bongo tidak pernah jauh dari pepohonan untuk berlindung. Selain itu, mereka juga memanfaatkan belang di tubuhnya untuk kamuflase.

Editors' Picks

2. Hiena belang

2. Hiena belang
fineartamerica.com

Hiena merupakan hewan karnivor yang dikenal buas di alam liar. Hiena biasanya memiliki tubuh berwarna cokelat, tetapi ada juga biena yang bertubuh belang atau yang disebut sebagai Hyaena hyaena. 

Sebenarnya, hiena belang kurang populer dibanding hiena tutul (Crocuta crocuta) yang punya ciri khas suka "tertawa". Melansir laman SanDiegoZoo, hal itu karena hiena belang memang kurang banyak dipelajari dibanding 3 spesies hiena lain.

Secara ukuran, hiena belang lebih kecil daripada hiena tutul dan hiena cokelat (Hyaena brunnea), tapi lebih besar dari aardwolf (Proteles cristata). Namun, hiena belang memiliki peran yang sama pentingnya dengan hiena jenis lain di ekosistem Afrika, yaitu sebagai pemakan bangkai. Hiena adalah hewan pemakan bangkai yang efektif karena gigitan mereka bisa menghancurkan tulang. 

3. Numbat

3. Numbat
wilderness.org.au

Selain herbivor dan karnivor, hewan insektivor alias pemakan serangga pun ada yang bertubuh belang, lho. Hewan tersebut bernama numbat (Myrmecobius fasciatus).

Numbat dalah hewan marsupial unik endemik Australia yang berukuran kecil. Dengan panjang tubuh hanya mencapai 30 cm dan ekornya berukuran 20 cm. Selain itu, numbat juga memiliki ciri khas berupa belang-belang yang terdapat di bagian punggungnya.

Sebagai pemakan serangga, numbat memiliki lidah yang panjangnya mencapai 11 cm atau sepertiga panjang dari bagi tubuhnya. Lidah numbat lengket sehingga bisa digunakan untuk menangkap serangga dari lubang atau sarangnya.

Makanan utama numbat adalah rayap. Dalam sehari, hewan ini mampu mengonsumsi rayap hingga 20 ribu ekor, lho. Meskipun numbat tidak berkuku kuat dan tajam untuk menggali tanah, tetapi numbat memiliki moncong kurus panjang yang bisa masuk dan mendeteksi keberadaan rayap di lubangnya.

4. Marlin belang

4. Marlin belang
oceanographicmagazine.com

Sebenarnya, ada banyak ikan berukuran kecil yang tubuhnya belang, tetapi ikan besar cukup jarang. Salah satu ikan besar yang bertubuh belang, yaitu marlin belang (Kajikia audax).

Ikan yang hidup di Samudera Pasifik dan Hindia ini bisa tumbuh hingga sepanjang 4,2 meter dan berat 200 kg. Karena ukurannya yang besar, ikan ini sering jadi salah satu buruan utama dalam olahraga memancing, Ma.

Marlin belang juga sering ditangkap nelayan karena dagingnya dianggap sebagai bahan utama terbaik untuk dijadikan sashimi dan sushi. 

5. Warbler hitam putih

5. Warbler hitam putih
birdwatchingdaily.com

Selain beberapa jenis hewan yang telah dijelaskan sebelumnya, burung pun ada yang bertubuh belang, Ma. Burung belang tersebut bernama warbler hitam putih (Mniotilta varia).

Sesuai dengan namanya, burung ini memiliki warna hitam putih yang mencolok, khususnya pada jantan dewasa. Sedangkan pada betina, warnanya sedikit lebih pucat.

Dilansir AllAboutBirds, ukuran burung ini cukup kecil, panjangnya hanya mencapai 13 cm dengan berat 15 gram.

Burung yang hidup di Amerika Utara hingga Selatan ini termasuk burung pengicau. Warbler merupakan pemakan serangga yang mencari makan dengan cara melubangi kulit kayu untuk mencari mangsanya. 

Itulah 5 jenis hewan unik yang memiliki tubuh belang. Semoga dapat menjadi salah satu pengetahuan yang dapat Mama ajarkan pada si Kecil, ya.

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.