Tanda Sistem Imun Tubuh Anak Sedang Menurun

Waspadai gejalanya dan segera atasi jika anak mengalaminya, Ma

18 Juni 2021

Tanda Sistem Imun Tubuh Anak Sedang Menurun
Pixabay/Victoria Borodinova

Sistem imun berperan penting dalam menjaga kesehatan anak karena berfungsi melindungi tubuh dari serangan radikal bebas. Terlebih di saat pandemi seperti ini yang rentan bagi anak untuk tertular penyakit. 

Berbagai upaya pun biasanya akan orangtua lakukan untuk memertahankan sistem imun atau kekebalan tubuh si Kecil agar tetap baik. Misalnya, mengajarakan pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang, rajin berolahraga, dan istirahat yang cukup. 

Namun terkadang, harapan mungkin tidak sesuai kenyataan. Anak mama bisa saja mengalami penurunan sistem imun.

Berikut Popmama.com rangkum tanda imun anak sedang menurun agar Mama lebih waspada dan tahu cara mengatasinya. 

1. Mudah lelah

1. Mudah lelah
Pixabay/Pezibear

Dalam menjalani kehidupan sehari-hari, sangat wajar apabila anak mama dan papa merasa lelah. Mengingat anak-anak biasanya cukup aktif bergerak dan mungkin berlangsung dalam waktu lama. 

Namun, jika rasa lelah datang lebih cepat dari biasanya sebelum melakukan aktivitas fisik atau bahkan setelah anak beristirahat, bisa saja sistem imun tubuh si Kecil sedang menurun atau lemah, Ma. 

Hal ini karena pada saat sistem imun tubuh tidak bekerja secara efisien, tubuh anak menjadi lebih cepat lelah karena terus melawan parasit dan bakteri berbahaya. Anak pun bisa merasa tidak nyaman dan mungkin lemas sepanjang hari. 

2. Susah makan

2. Susah makan
Pexels/Alex Green

Apabila anak memiliki nafsu makan yang bagus, tetapi tiba-tiba tidak merasa berselera sehingga sulit makan, mungkin saja imun tubuh si Kecil sedang menurun.

Gejala ini bisa jadi disebabkan oleh adanya infeksi di dalam tenggorokan. Anak-anak akan merasa sulit untuk menerima makanan yang masuk. Hingga bisa disertai dengan tersedak saat berusaha menelan makanan atau muntah. 

Jika tidak diwaspadai dan segera diatasi, bisa menjadi masalah yang berkepanjangan karena anak tak memiliki nutrisi cukup untuk tumbuh dan berkembang. Jadi, hati-hati, Ma!

Editors' Picks

3. Jika infeksi, sulit sembuh

3. Jika infeksi, sulit sembuh
Pexels/Andrea Piacquadio

Saat sistem imun pada tubuh menurun atau lemah, anak akan lebih mudah terinfeksi. Misalnya, sariawan, radang tenggorokan, flu dan batuk, radang gusi, atau luka lainnya.

Ketika infeksi pun, akan sulit untuk sembuh sehingga berlangsung cukup lama. Hal ini karena pertahanan dalam tubuh tidak cukup kuat untuk melindungi anak dari setiap mikroba yang ditemui.

4. Demam

4. Demam
Pixabay/Victoria Borodinova

Demam memang menjadi cara tubuh dalam melawan infeksi virus, bakteri, jamur, atau parasit. Namun, jika demam yang dialami anak cukup tinggi dan disertai keluhan sakit kepala, mungkin salah satu pertanda bahwa sistem imunnya sedang menurun. 

Apalagi, jika demam terjadi cukup sering, Ma. Hal ini mungkin menjadi pertanda bahwa tubuh anak sedang merasa kewalahan dalam melindungi tubuh dari serangan infeksi.  

5. Muncul ruam pada kulit

5. Muncul ruam kulit
Pexels/Dominika Roseclay

Kulit termasuk pelindung utama dalam melindungi tubuh dari bakteri atau kuman. Selain itu, kondisi kulit bisa menjadi tolok ukur utama yang dapat mencerminkan seberapa baik sistem imun dalam tubuh bekerja. 

Jadi, apabila kulit anak mama mengalami ruam, bercak, atau kering, bisa saja menunjukkan bahwa imun tubuh sedang menurun. Gejala tersebut merupakan tanda adanya peradangan dalam tubuh, Ma. 

6. Pencernaan bermasalah

6. Pencernaan bermasalah
Pexels/Elly Fairytale

Gejala lain yang menandakan sistem imun tubuh anak menurun, yaitu adanya masalah pencernaan. Hal ini karena sistem pencernaan berperan penting dalam kesehatan. Ada beberapa mikroorganisme yang bermanfaat dalam usus untuk melindungi tubuh dari berbagai infeksi dan juga mendukung sistem kekebalan tubuh.

Namun, jika anak sering mengalami diare, sembelit, kembung, atau mual, hal itu mungkin menjadi pertanda bahwa sistem kekebalan tubuhnya sedang menurun. 

7. Tips meningkatkan sistem imun

7. Tips meningkatkan sistem imun
Pexels/Alex Green

Apabila anak mama mengalami salah satu atau beberapa gejala di atas, tentu saja perlu segera menanganinya. Berikut cara yang bisa dilakukan agar sistem imun tubuhnya kembali stabil, Ma.

  • terapkan pola makan bergizi seimbang, 
  • imbangi dengan aktivitas fisik dan olahraga rutin,
  • beristirahat dengan cukup,
  • hindari kontak dengan orang yang sakit, 
  • jaga kebersihan rumah dan lingkungan sekitar, dan
  • cegah stres karena stres bisa menurunkan sistem imun. 

Itulah beberapa informasi penting mengenai tanda-tanda sistem imun anak menurun berikut cara mengatasinya. Semoga Mama dan keluarga tetap sehat, ya. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.