Tips Menumbuhkan Kebiaasan Ngemil yang Baik pada Anak

Pastikan jenis cemilan yang dikonsumsi anak sehat ya, Ma!

23 Februari 2021

Tips Menumbuhkan Kebiaasan Ngemil Baik Anak
Pexels/Charles Parker

Nutrisi memiliki peran yang sangat penting bagi proses tumbuh kembang anak. Maka, setiap orangtua perlu memerhatikan asupan harian si Kecil. Pastikan bahwa kebutuhan nutrisinya tercukupi sehingga anak tumbuh dengan optimal. 

Selain makanan utama, cemilan juga menjadi hal yang tidak terlewatkan oleh anak-anak. Namun, masih banyak anak yang belum memahami jenis cemilan sehat. Alhasil, kebiasaan ngemil ini berpotensi berbahaya bagi kesehatan mereka. 

Terlebih, banyak dokter anak yang menyebutkan bahwa sekitar 15–25% penyakit pada anak-anak disebabkan karena pola makan yang kurang tepat, termasuk kebiasaan mengonsumsi cemilan kurang sehat. 

Dalam mengatasinya, Mama mungkin dapat mengikuti beberapa tips menumbuhkan kebiasaan ngemil yang baik pada anak dari Popmama.com berikut ini. 

1. Ajak anak untuk terlibat dalam memilih cemilan

1. Ajak anak terlibat dalam memilih cemilan
Pexels/Amina Filkins

Tidak ada salahnya untuk melibatkan anak-anak saat memilih cemilan, lho. Hal ini justru dapat membuat anak lebih memahami beragam jenis cemilan yang ada di pasaran. 

Mama bisa memulainya dengan membuat jadwal belanja cemilan mingguan atau bulanan bersama anak. Lalu, diskusikanlah dengan anak tentang jenis cemilan yang baik dan tidak baik bagi mereka. 

Berikan penjelasan juga mengenai berapa banyak cemilan yang boleh anak konsumsi. Dengan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti anak, ya. 

Editors' Picks

2. Baca setiap kandungan dalam cemilan anak

2. Baca setiap kandungan dalam cemilan anak
Pexels/Gustavo Fring

Sebelum memutuskan untuk memberi anak cemilan, pastikan bahwa komposisi bahan dan kandungan gizinya. Apakah sudah cukup sehat, tidak mengandung kalori dan gula yang berlebihan untuk kebutuhan gizi hariannya. 

Lakukanlah evaluasi juga, apakah kebiasaan ngemil anak selama ini sudah baik atau belum. Dengan membaca seluruh kandungan cemilan di setiap kemasannya. Lalu, bandingkan dengan jenis cemilan lain untuk menentukan cemilan mana yang paling baik untuk anak mama. 

3. Sesuaikan dengan selera anak, tapi pastikan tetap sehat

3. Sesuaikan selera anak, tapi pastikan tetap sehat
Pexels/Kamaji Ogino

Memilih cemilan yang baik berarti menjaga anak dari jenis cemilan tidak sehat. Mama bisa kok memberikan cemilan yang sesuai selera dan tetap sehat.

Hanya membutuhkan kecermatan saat memilih, pastikan bahwa kandungan cemilan aman untuk dikonsumsi anak. Selain itu, pahami juga aturan porsi dalam memberikan cemilan pada anak agar tidak berlebihan. 

4. Buat sesi ngemil jadi lebih seru dengan permainan

4. Buat sesi ngemil jadi lebih seru permainan
Pexels/Alex Green

Sesi ngemil anak tidak hanya melibatkan aktivitas makan, tetapi juga bisa dinikmati dengan cara yang lebih seru. Misalnya, dengan mengajak anak-anak melakukan beragam permainan.

Anggaplah cemilan sebagai hadiah yang diberikan setelah anak menyelesaikan permainan. Jadi, anak tetap bisa mengoptimalkan tumbuh kembangnya meski dalam waktu bermain dan ngemilnya tersebut, Ma.

5. Jadilah teladan baik bagi anak, Ma

5. Jadilah teladan baik bagi anak, Ma
Pexels/Alex Green

“Ketika anak-anak lebih banyak beraktivitas di rumah seperti saat pandemi ini, ia cenderung mengkonsumsi lebih banyak cemilan karena rasa bosan beraktivitas seharian di rumah. Sebaliknya, ini dapat menjadi momentum emas bagi orangtua untuk menumbuhkan kebiasaan baru, yakni memilih cemilan yang lebih baik. Hal yang paling penting adalah orangtua harus bisa memberikan teladan yang baik, karena anak-anak akan meniru gaya hidup atau pola ngemil orangtuanya,” jelas dr. Attila Dewanti, Sp.A (K), dokter spesialis anak dalam keterangan tertulisnya kepada Paddle Pop

Jadi, jangan hanya mengajarkan dan melarang anak ya, Ma. Pastikan bahwa Mama dan Papa di rumah menjadi contoh yang positif bagi anak. Dengan menumbuhkan kebiasaan ngemil yang sehat juga. 

Itulah beberapa tips yang dapat diterapkan dalam membiasakan anak-anak untuk ngemil dengan baik. Semoga dapat bermanfaat!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.