TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

65 Kata-Kata untuk Anak Perempuan, Pesan Bijak yang Menyentuh Hati

Ucapan yang berisi pesan baik untuk si Kecil sampai dewasa nanti

15 Agustus 2022

65 Kata-Kata Anak Perempuan, Pesan Bijak Menyentuh Hati
Freepik/Freepik

Setiap orangtua pasti menginginkan anak perempuannya tumbuh dengan sehat dan bahagia. Tak jarang di momen tertentu, orangtua ingin memberikan pesan dalam bentuk kata-kata agar anak perempuannya bisa merasakan kepedulian serta perhatian darinya.

Namun, terkadang orangtua kesulitan mengungkapkan kasih sayangnya dalam bentuk kata-kata. Bahkan, tak sedikit hubungan orangtua dan anak perempuannya renggang gara-gara mereka tak terbiasa mengekspresikan bahasa cinta dalam bentuk ucapan.

Nah, berikut kata-kata untuk anak perempuan yang bisa diucapkan oleh orangtua. Kumpulan kata-kata ini cocok diutarakan pada saat hari ulang tahun anak perempuan juga lho.

Simak contoh kata-katanya dalam ulasan Popmama.com ini, yuk!

1. Kata-kata untuk anak perempuan ulang tahun

1. Kata-kata anak perempuan ulang tahun
Freepik/V.ivash

Ketika merayakan hari kelahiran anak, cobalah mengucapkan kata-kata untuk anak perempuan ulang tahun ini. Sehingga, anak merasakan kepedulian dan cinta dari orangtua.

Kamu bisa mengucapkan atau menuliskan kata-kata untuk anak perempuan yang menyentuh hati:

  1. Selamat ulang tahun putriku. Rasanya baru kemarin kamu lahir ke dunia ini. Namun, sekarang kamu sudah tumbuh dewasa. Di hari ulang tahunmu, ingatlah bahwa kami akan selalu mencintaimu.
  2. Putriku tersayang, selamat bertambah usia, ya. Semoga kamu menjadi perempuan kuat dan mandiri. Jangan lupa untuk mengasihi orang lain dan tetap mengasihi diri. Kami mencintaimu, selalu.
  3. Waktu berlalu dengan cepat, padahal kami masih merasa kamu adalah gadis mungil yang baru belajar berjalan beberapa waktu lalu. Selamat bertambah umur, putri kami tersayang. Tumbuhlah dengan bahagia.
  4. Menjadi dewasa memang tidak mudah. Namun, kuharap kamu belajar menjalani hidup dengan sebaik-baiknya. Jangan lupa berbahagia dan memberikan kebahagiaan ke orang-orang sekitar.
  5. Putriku tercinta, kami bukanlah orangtua terbaik. Namun, kami berusaha menjadi orangtua yang baik setiap waktu. Di hari ulang tahunmu ini, doa kami tetap sama, yakni kamu menjalani kehidupan yang penuh keberkahan dan cinta. 
  6. Sayangku, selamat lahir ke dunia. Terima kasih sudah lahir di tengah-tengah keluarga kecil ini. Semoga kamu menjadi perempuan yang memberikan kedamaian dan ketenangan.
  7. Selamat hari lahir, anak perempuanku tercinta. Semoga kamu tetap menjadi perempuan berani yang tahu kapan waktunya menangis dan kapan waktunya tersenyum dengan tegar. Doa terbaikku selalu menyertai langkahmu, ya.
  8. Lahir ke dunia bisa berarti anugerah dan kutukan. Namun, aku harap kamu memaknai kehidupanmu sebagai anugerah, pemberian Tuhan. Sama seperti kami yang menganggapmu sebagai anugerah terindah dalam keluarga. 
  9. Putriku, kami adalah orangtua yang terus belajar mencintaimu. Semoga kamu tumbuh menjadi perempuan yang menyadari keberhargaan diri tanpa merasa paling tinggi di dunia ini. Selamat bertambah usia. Semoga dilimpahi kesehatan dan kebahagiaan.
  10. Selamat ulang tahun putri kecilku yang sudah bertumbuh dewasa. Terima kasih sudah menjadi perempuan yang terus belajar menapaki hidup. Semoga kamu menemukan apa pun yang kamu cari di dunia ini.
  11. Selamat ulang tahun, anakku tersayang. Terima kasih sudah menjadi sumber bahagia dalam keluarga. Terima kasih sudah lahir ke dunia dan tumbuh menjadi perempuan menawan yang rendah hati.
  12. Putriku, kini umurmu sudah bertambah. Seiring dengan pertambahan umur, kamu juga akan belajar tentang dunia yang sesungguhnya. Kamu mungkin mendapatkan banyak kekecewaan. Namun, aku harap kamu bisa menemukan harapan-harapan kecil yang kadang tersembunyi di balik kegelapan.
  13. Selamat ulang tahun, anak perempuanku paling cantik di dunia ini. Semoga kamu diberkahi dengan kebahagiaan dan kesehatan.
  14. Putriku tercinta, ulang tahunmu mungkin tidak seistimewa biasanya. Namun, percayalah bahwa kehadiranmu selalu istimewa dalam hidup kami.
  15. Selamat melewati satu per satu fase hidup, Nak. Semoga kamu belajar tentang kehidupan dengan hati yang lapang dan pikiran yang terbuka. Semoga kamu menjadi perempuan yang mengasihi dan dikasihi oleh sekitarnya.

Editors' Picks

2. Kata-kata untuk anak perempuan pertama

2. Kata-kata anak perempuan pertama
Freepik/Freepic.diller

Di momen-momen tertentu, kamu mungkin ingin mengungkapkan isi hati dan pikiran pada anak perempuan pertama. Berikut beberapa contoh kalimat yang bisa digunakan. 

  1. Kau adalah anak pertama yang dikasihi dalam keluarga.
  2. Kami harap kamu tumbuh menjadi anak perempuan tanpa merasa terbebani, Nak.
  3. Kebahagiaanmu adalah hal yang paling utama. Maka, lakukan sesuatu yang membuatmu paling merasa bahagia, ya.
  4. Tumbuhlah dengan sehat dan bahagia.
  5. Jadilah kakak yang mengasihi diri dan adik-adikmu. Berbahagialah di dunia ini.
  6. Ingatlah, kami mencintaimu sepanjang waktu. Jadilah anak perempuan yang penuh kasih.
  7. Kaulah harta keluarga yang kami syukuri. Tumbuhlah menjadi anak perempuan pertama yang bertanggung jawab, kuat, dan mandiri. Kami akan selalu menemani langkahmu di dunia ini.
  8. Alih-alih menjadi orangtua dan anak, kami berharap kita menjadi sahabat yang saling bertukar cerita. Semoga kita menjadi keluarga yang saling mengasihi dan peduli.
  9. Anakku, jangan membebani dirimu sebagai anak pertama. Aku harap kamu tumbuh menjadi manusia bahagia. Ingatlah, kamu berharga.
  10. Kamu adalah anak perempuan pertama yang melengkapi keluarga ini. Jadilah anak yang menebar kebaikan dan kebenaran. Doa kami selalu menyertai langkah mungilmu di dunia ini.
  11. Sayangku, menjadi anak perempuan mungkin akan terasa berat. Namun, ingatlah bahwa kami akan selalu ada untukmu.
  12. Anak perempuan yang paling aku cintai, terima kasih sudah tumbuh dengan baik dan sehat. Teruslah berbahagia, ya.
  13. Terima kasih sudah hadir di dunia ini. Terima kasih sudah menjadi anak perempuan pertama yang bertanggung jawab.
  14. Sebagai orangtua, kami akan selalu mendukungmu. Jadilah dirimu sendiri. Raih cita-citamu setinggi langit. Jangan biarkan orang lain mengerdilkan impianmu.
  15. Anakku tersayang, terima kasih sudah menjadi anak perempuan kuat yang berani dan jujur. Terima kasih karena tidak berpura-pura ketika memang tidak baik-baik saja.

3. Kata-kata untuk anak perempuan yang sudah menikah

3. Kata-kata anak perempuan sudah menikah
Freepik/Freepic.diller

Suatu hari nanti, anak perempuan bisa jadi anak menikah. Saat itu, kamu mungkin ingin memberikan kata-kata untuk anak perempuan agar ia bisa menjalani fase hidupnya baru dengan baik.

Apabila hari itu tiba, cobalah ungkapkan pikiran dan perasaanmu sebagai orangtua dengan kalimat ini.

  1. Menikah bukanlah proses yang mudah. Ada banyak tantangan dan rintangan yang terbayangkan sebelumnya. Semoga kamu mampu menghadapi setiap perjalanan hidup dengan bijaksana, ya.
  2. Anakku, pernikahan adalah perjalanan seumur hidup. Jadilah perempuan yang kuat dan mandiri, tapi bisa menerima dan memberi cinta. Ketahuilah keberhargaan dirimu, ya. Aku harap kamu bisa mengambil keputusan-keputusan terbaik untukmu.
  3. Tidak ada pernikahan yang sempurna, Nak. Namun, kamu juga berhak menjalani pernikahan yang bahagia. Bangunlah kebahagiaan bersama dengan pasangan. 
  4. Anak perempuanku, sekarang kamu sudah menikah. Rasanya waktu berlalu dengan cepat. Aku harap kamu bisa menjalani pernikahan yang bahagia dan harmonis.
  5. Jadikan masa lalu sebagai pembelajaran. Jadikan hari ini sebagai hadiah. Tatap masa depan dengan penuh harapan dan kesiapan diri. Jadikan pernikahan sebagai ibadah panjang meminta ridho Tuhan.
  6. Anakku, selamat menempuh kehidupan baru dalam rumah tangga. Semoga kamu membangun kebahagiaan bersama pasangan. Semoga pernikahanmu diberkahi Tuhan.
  7. Nak, pernikahan bukan permainan catur. Kamu dan pasangan tidak bisa saling tebak dan menerka maksud hati masing-masing tanpa berbicara. Jadi, kalian harus saling terbuka.
  8. Sekarang, kamu sudah menikah. Pesan kami hanya satu, yakni bangun pernikahan dengan dasar cinta dan kebahagiaan.
  9. Pernikahan bukanlah pelarian, apalagi jalan menuju kebahagiaan. Jadikan pernikahan sebagai fase hidup baru yang menjadi tempatmu belajar. Jalani prosesmu dengan baik, Nak.
  10. Anakku tersayang, cinta bukan pondasi satu-satunya dalam pernikahan. Ada banyak pondasi lain yang harus kamu dan pasangan siapkan. Kami harap kamu memiliki pondasi tersebut agar pernikahan tidak mengalami kehancuran.
  11. Apa yang terjadi di dunia ini bukanlah suatu kebetulan. Hidupmu juga bukan kebetulan semata. Jalani dan maknai hidupmu dengan sebaik-baiknya, seperti saat ini ketika kamu memutuskan untuk menikah.
  12. Nak, hidup ini adalah pilihan. Maka, bertanggung jawablah dengan pilihan yang kamu buat.
  13. Jalanilah pernikahan dengan kesadaran diri, maka kamu akan menjadi manusia yang sadar kapan waktunya terus berjuang dan kapan waktunya untuk menyerah.
  14. Pernikahan selalu membutuhkan kerjasama dua orang. Tanpa usaha kalian, pernikahan tidak bisa dipertahankan. Misalkan dipertahankan, kebahagiaan sulit diwujudkan.
  15. Anakku, cinta dan doa kami akan terus mengalir padamu. Semoga kamu menjalani pernikahan membahagiakan, ya.

4. Kata-kata untuk anak perempuan yang baru lahir

4. Kata-kata anak perempuan baru lahir
Freepik/Freepic.diller

Apabila anak perempuan baru lahir, kamu bisa menuliskan ucapan yang bisa dibaca ketika anak sudah dewasa kelak. Kata-kata tersebut sebagai ungkapkan rasa bahagiamu atas kehadirannya di dunia ini.

Beberapa contoh kata-kata untuk anak perempuan yang baru lahir:

  1. Terima kasih sudah lahir ke dunia ini, permata hatiku. Semoga kamu tumbuh sehat dan bahagia.
  2. Terima kasih telah hadir di keluarga ini. Semoga kamu tumbuh menjadi anak yang penuh kasih dan cinta.
  3. Kaulah anugerah Tuhan yang akan kami jaga sepenuh hati. 
  4. Jadilah anak yang dilimpahi kesehatan dan kebahagiaan.
  5. Semoga kehadiranmu membawa kebahagian untuk orang sekitar, Nak.
  6. Anakku tersayang, semoga kelahiranmu menjadi penenang yang mendamaikan hati.
  7. Nak, kami harap kamu tumbuh menjadi anak kebanggaan yang bertanggung jawab.
  8. Kau adalah anak yang kami nantikan selama ini. Kami sudah menyayangi sejak dalam kandungan. Doa kami selalu menemani langkahmu.
  9. Terima kasih sudah menjadi buah hati yang membawa warna dalam hidup kami.
  10. Kelahiranmu menjadi pertanda kebaikan dan kasih sayang Tuhan.

5. Kata-kata untuk anak perempuan yang penuh pesan kebijaksanaan

5. Kata-kata anak perempuan penuh pesan kebijaksanaan
Freepik/Bristekjegor

Sebagai orangtua, kamu tentu mengharapkan anak perempuan tumbuh dengan baik. Kamu mungkin memiliki beberapa pesan bijaksana untuk bekal anak menjalani kehidupan.

Berikut contoh kata-kata untuk anak perempuan yang berisi kebijaksanaan:

  1. Nak, jadilah anak yang tidak mudah menyalahkan orang lain. Ketahuilah bahwa yang bisa kamu kontrol adalah dirimu sendiri.
  2. Anakku tersayang, jadilah perempuan tegas yang sadar akan keberhargaan dirimu. Namun, tetaplah jadi manusia yang rendah hati dan penuh kasih.
  3. Sayangku, hidup memang tidak adil bagi semua orang. Karena itulah hidup juga bisa disebut adil.
  4. Anak perempuanku yang menawan, kebahagiaanmu adalah hal terpenting. 
  5. Anakku tercinta, jalani hidup dengan berani. Lakukan apa yang kamu yakini, tapi jangan tumbuh menjadi manusia yang keras hati.
  6. Menjadi manusia artinya kamu harus memilih dan mengambil keputusan.
  7. Jadilah perempuan yang berani menggapai mimpi. Jangan menggantung impian pada orang lain.
  8. Nak, hidup adalah perjuangan. Maka, perjuangkan hidup dengan sehormat-hormatnya.
  9. Anakku, jadilah manusia yang rendah hati, berpendirian, dan penuh kasih. Kami akan berusaha mendukung dan mendoakanmu.
  10. Anak perempuanku yang memesona. Terima sudah lahir ke dunia. Teruslah menjadi manusia yang belajar dan tahu caranya berbenah diri.

Itulah 65 kata-kata untuk anak perempuan. Ungkapkan cinta dan kepedulianmu agar anak merasakan perhatian orangtuanya.

Ucapkan atau tuliskan kata-kata tersebut dengan penuh kasih supaya anak juga merasakan cinta besar dan tulus. Semoga bermanfaat.

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk