Comscore Tracker
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

8 Pelajaran Anak TK yang Dapat Diajarkan di Rumah, Apa Saja?

Dukung proses belajar si Kecil di rumah dengan cara yang menyenangkan, yuk!

5 Desember 2022

8 Pelajaran Anak TK Dapat Diajarkan Rumah, Apa Saja
Freepik/Jcomp

Ketika anak mulai sekolah TK (Taman Kanak-Kanak), orangtua pasti merasa gugup sekaligus bangga. Pasalnya, anak mulai belajar sepenuhnya di sekolah dengan guru dan teman-teman yang lain. Di sisi lain, anak juga tampak antusias mempelajari banyak hal baru.

Selain belajar bersosialisasi, anak akan belajar banyak ilmu pengetahuan, mulai dari pelajaran berhitung sampai pelajaran membaca. Nah, sebagai orangtua, Mama dan Papa dapat menemani anak belajar ketika berada di rumah.

Tak perlu bingung, berikut pelajaran anak TK yang bisa diajarkan pada si Kecil di rumah. Sehingga, anak makin memahami pengetahuan yang diajarkan di sekolah.

Apa saja pelajaran anak TK yang bisa diajarkan di rumah oleh orangtua? Simak ulasan Popmama.com berikut, ya.

1. Belajar membaca

1. Belajar membaca
Freepik/Pressfoto

Membaca adalah salah satu pelajaran anak TK. Hal ini bertujuan agar anak memahami beberapa kosakata ketika masuk Sekolah Dasar (SD). Biasanya, anak diajarkan beragam huruf dan bunyi serta ilmu dasar membaca. 

Lantaran dunia anak TK masih seputar bermain, maka cara pengajarannya pun dibuat seru, seperti sedang bermain. Harapannya, anak sudah bisa mengenali 26 huruf ketika duduk di bangku TK. 

Mama dan Papa dapat mendukung proses belajar anak dengan menyediakan buku di rumah. Belilah buku-buku dengan topik yang disukai anak-anak, misalnya buku dongeng. Temani anak membaca meski dia belum sempurna mengeja kata.

Dilansir Parents, anak TK belajar dengan cara mengulang. Jadi, sebaiknya orangtua membacakan anak buku kesukaannya secara berulang.

Saat membacakan buku, tanyakan pada anak mengenai kosakata tertentu. Minta anak untuk mengulang kata-kata tersebut. Jangan lupa berikan pemahaman pada anak mengenai makna kata yang diucapkannya.

2. Belajar berhitung

2. Belajar berhitung
Freepik/Fwstudio

Selain membaca, pelajaran anak TK adalah berhitung. Idealnya, anak TK sudah bisa mengenali, menulis, mengurutkan, dan menghitung 30 benda.

Bila sudah memiliki kemampuan tersebut, anak akan makin mudah menyelesaikan soal penambahan atau pengurangan dengan angka kurang dari 10.

Saat di rumah, orangtua bisa mengajak si Kecil untuk mencari angka 1-30 di buku, koran, atau majalah. Kemudian, mintalah anak untuk menggunting, menempelkan, dan mengurutkannya sesuai urutan angka.

Selain itu, orangtua dapat meminta anak untuk menghitung boneka atau mainan yang dimilikinya. Sehingga, anak kian terbiasa menghitung dan mengingat angka.

3. Belajar bersosialisasi

3. Belajar bersosialisasi
Freepik/Pressfoto

Pelajaran anak TK ini tak kalah menarik lho. Bahkan, belajar bersosialisasi termasuk kemampuan dasar yang perlu diasah sejak dini.

Saat TK, anak akan diajak untuk mengumpulkan informasi tentang dirinya. Mulai dari mengenal namanya sendiri, umurnya, nama orangtua, sampai alamat rumah. Anak juga diarahkan untuk memahami hobinya.

Jadi, anak mengetahui apa yang harus dikatakan ketika berinteraksi dengan orang lain.

Orangtua dapat bermain peran dengan si Kecil ketika di rumah. Misalnya, orangtua berperan sebagai dokter dan anak menjadi pasien. Tanyakan beberapa pertanyaan dasar untuk memantik anak mengingat informasi tentang dirinya.

Editors' Picks

4. Belajar tentang waktu

4. Belajar tentang waktu
Freepik/Jcomp

Selanjutnya, pelajaran anak TK yang berhubungan dengan waktu. Mama dan Papa dapat mengajari anak tentang konsep waktu sebagai pengetahuan dasar. Bantu anak untuk memahami waktu pagi, siang, dan malam.

Mulailah dengan menanamkan kebiasaan makan tepat waktu. Sehingga, anak tahu kapan waktunya makan pagi, makan siang, dan makan malam.

Memberikan pemahaman waktu pada anak memang cukup sulit. Pasalnya, anak lebih mudah memahami hal-hal konkret. Namun, tetap bantu anak memahami waktu.

Caranya, dengan menegaskan jam saat beraktivitas dengan anak. Contohnya, katakan jam berapa ketika anak bangun tidur atau harus berangkat sekolah.

5. Belajar mengidentifikasi bentuk dan objek

5. Belajar mengidentifikasi bentuk objek
Freepik/Racool_studio

Selain konsep waktu, orangtua juga bisa mengajarkan tentang bentuk dan objek pada anak. Pelajaran anak TK ini membantu si Kecil untuk mengenali beragam bentuk, seperti lingkaran, persegi, segitiga, persegi panjang.

Setelah memahami jenis-jenis bentuk, anak dapat diajak untuk mengenali objek sesuai dengan bentuknya. Orangtua dapat memberikan pertanyaan, 'Menurut kamu, apa bentuk jam dinding?'.

Gunakan mainan edukasi seperti permainan balok untuk merangsang kemampuan kognitif anak, ya.

6. Belajar menulis

6. Belajar menulis
Freepik.Gpointstudio

Pelajaran anak TK belum terlalu rumit karena disesuaikan dengan kemampuan dan perkembangan anak. Bahkan, pelajaran yang diberikan pun dibalut dengan permainan seru. Sehingga, aktivitas belajar lebih menyenangkan.

Umumnya, anak TK mulai diajarkan cara menulis di sekolah. Untuk mendukung proses belajar anak, orangtua bisa menemani anak belajar di rumah. Bantu anak menuliskan kata-kata sederhana.

Jangan lupa sediakan kotak khusus berisi alat tulis agar anak makin semangat belajar. Lengkapi kotak alat tulis dengan krayon, pensil. spidol warna, kertas, dan sebagainya. Pilih alat tulis dengan motif kartun dan warna-warni.

7. Belajar sains

7. Belajar sains
Freepik/Jcomp

Pelajaran anak TK berikutnya adalah sains. Ilmu pengetahuan ini dapat diajarkan orangtua pada anak di rumah. Sehingga, si Kecil lebih mengenal dunia sekitarnya. 

Anak pun belajar mengenali jenis tanaman, jenis hewan, sampai aneka fenomena alam, seperti hujan. Orangtua dapat memantik kemampuan berpikir anak dengan mengajukan pertanyaan.

Cobalah memantik anak untuk menjelaskan hujan sesuai dengan pengamatannya.

8. Belajar mengenali musim

8. Belajar mengenali musim
Freepik/Pch.vector

Terakhir, pelajaran anak TK tentang musim. Mama dan Papa dapat mengajarkan tentang musim yang ada di Indonesia, yakni musim kemarau dan musim hujan. 

Gunakan gambar untuk menunjukkan keberagaman musim atau cuaca pada anak. Pilih gambar dengan visual yang menarik. Lalu, minta anak untuk menjelaskan ulang gambaran cuaca atau musim tertentu.

Misalnya, ketika musim kemarau, pohon-pohon akan meranggas dan cuaca terasa panas.

Itulah 8 pelajaran anak TK yang bisa diajarkan Mama dan Papa di rumah.

Menemani anak belajar bisa dijadikan momen untuk membangun kedekatan. Jadi, luangkan waktu untuk menemani anak belajar, ya.

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk