Comscore Tracker
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

10 Cara Menunjukkan Kasih Sayang pada Anak Balita

Lakukan cara-cara berikut ini yuk Ma supaya anak makin sayang ke Mama juga!

17 November 2022

10 Cara Menunjukkan Kasih Sayang Anak Balita
Pexels/Andrea Piacquadio

Setiap anak berhak mendapatkan banyak kasih sayang dan cinta dari orangtuanya. Penyampaian rasa kasih sayang dan cinta dari orangtua ke anak perlu ditunjukkan dengan cara yang benar supaya anak paham dan tahu bahwa dirinya dicintai.

Perlu Mama ketahui bahwa anak-anak utamanya anak yang masih balita mempunyai bahasa cinta yang berbeda dari orang dewasa. Sehingga setiap orangtua perlu belajar bagaimana caranya membuat anak merasa dicintai dengan benar.

Bukan hanya dari indera pendengarannya saja, lebih dari itu anak-anak juga bisa merasakan kasih sayang melalui semua indera yang mereka punya.

Untuk menujukkan kasih sayang pada anak, berikut Popmama.com berikan rangkuman informasi mengenai 10 cara menunjukkan kasih sayang pada anak balita. Yuk disimak, Ma!

1. Berbicara dengan nada yang lembut

1. Berbicara nada lembut
Pexels/Jep Gambardella

Anak akan merasa senang saat mendengar Mama berbicara, apalagi jika berbicara dengan suara yang lembut. Suara lembut akan membuat anak merasa aman dan nyaman ketika berada di sekitar Mama.

Berbicara dengan nada pelan tanpa berteriak-teriak juga dapat menciptakan kehangatan yang tentu bisa dirasa oleh anak mama. Berbicara dengan nada pelan dan lembut mampu menjadi cara yang baik untuk mengembangkan keterampilan yang dibutuhkan anak guna mengatur perilakunya sendiri kelak.

2. Menatap wajahnya ketika anak berbicara

2. Menatap wajah ketika anak berbicara
Pexels/Brett Sayles

Cara menunjukkan kasih sayang kepada anak balita selanjutnya adalah menatap wajahnya ketika sedang berbicara. Mama bisa melihat dan menatap wajahnya lekat-lekat.

Menatap wajah lekat-lekat dapat menimbulkan rasa kepercayaan anak terhadap Mama. Anak akan merasa ada orang yang bisa dipercaya untuk mendengarkan segala keluh kesahnya meskipun hal itu merupakan hal kecil. Tatapan mata satu sama lain membantu anak mama untuk cepat belajar mempercayai Mama dan ingin terus mengembangkan hubungan baik bersama Mama.

3. Selalu memberikan senyuman pada anak

3. Selalu memberikan senyuman anak
Pexels/Werner Pfennig

Anak yang berada di usia balita tentu akan sering melakukan dan mencoba banyak hal. Sebagai orangtua, Mama pasti selalu berusaha menaruh perhatian terhadap segala yang dilakukannya.

Maka dari itu, untuk menunjukkan rasa kasih sayang kepadanya, Mama bisa melakukannya dengan cara sering tersenyum kepada anak. Berikan senyuman atas setiap hal yang dilakukan oleh anak, seperti saat Mama dipanggil atau disapa oleh anak mama.

Setiap senyuman yang Mama berikan akan membuat anak memberikan reaksi yang sama sayang dan bahagianya juga kepada Mama.

4. Berikan pelukan untuk anak

4. Berikan pelukan anak
Pexels/Iris Carvalho

Cara menunjukkan kasih sayang pada anak balita adalah dengan membiasakan memberikan pelukan. Tak hanya jika anak sedang merasa sedih atau marah, Mama bisa memberikan pelukan untuk anak kapan saja.

Pelukan tersebut mampu membuat anak mama merasa disayangi dan tidak merasa sendirian. Dengan membiasakan pelukan, anak pun akan lebih mudah menunjukkan kasih sayangnya untuk Mama.

Editors' Picks

5. Bacakan dongeng untuk anak

5. Bacakan dongeng anak
Pexels/Lina Kivaka

Membacakan dongeng adalah salah satu cara terbaik untuk menunjukkan kasih sayang kepada anak. Dengan meluangkan waktu mengajak anak duduk di pangkuan Mama dan membacakan dongen untuk anak, Mama dapat membangun kedekatan dan ikatan kuat bersama anak mama.

Hal tersebut juga merupakan cara yang tepat untuk menghabiskan waktu berkualitas dengan si Kecil. Maka dari itu, sebagai orangtua, sebaiknya Mama seringlah meluangkan waktu, meskipun hanya sebentar saja untuk membacakan cerita bagi anak.

6. Temani anak tidur

6. Temani anak tidur
Pexels/Karolina Grabowska

Beberapa orangtua mungkin tidak setuju dengan adanya ide untuk menemani anak tidur, sebab mereka berpikir itu akan membuat anak tumbuh menjadi anak yang manja di kemudian hari.

Namun, untuk anak yang masih balita, tak ada salahnya bagi Mama untuk menemaninya tidur atau sekadar berbaring di sampingnya. Hal ini dapat membuat anak merasa nyaman dan merasa disayangi oleh Mama.

Anak perlu tahu bahwa Mama ada untuknya, terutama dalam kehidupan atau masa kecilnya. Cara ini juga mampu membantu membangun kepercayaan di antara Mama dan anak mama.

7. Berikan anak hadiah

7. Berikan anak hadiah
Pexels/Yan Krukov

Mungkin Mama sudah kerap kali memberikan beberapa hadiah kepada si Kecil. Namun tak salahnya apabila Mama membuat beberapa kejutan yang tidak pernah anak mama duga sebelumnya.

Tak harus memberikan hadiah atau kejutan yang mahal berupa mainan terbaru.

Sesekali, Mama bisa berikan anak hadiah kecil namun berkesan yang bisa selalu diingat sekaligus bermanfaat bagi anak.

8. Temani anak saat melakukan aktivitas favoritnya

8. Temani anak saat melakukan aktivitas favoritnya
Pexels/Ivan Samkov

Untuk melakukan cara ini, Mama bisa mencoba memperhatikan atau bertanya kepada anak mama aktivitas apa yang sedang ingin dilakukan. Apakah ingin menggambar, main boneka atau bola, menonton film kesukaan atau hanya sekadar makan makanan kesukaannya.

Luangkan waktu Mama untuk ikut berpartisipasi aktif dalam hal yang memang disukai oleh anak. Selalu coba tunjukkan kepedulian kepada anak di sela-sela padatnya rutinitas kerja atau bisnis Mama.

Menghabiskan waktu senggang bersama anak dengan menemaninya adalah cara terbaik untuk memperlihatkan bahwa Mama sangat menyayangi si Kecil.

9. Buatkan anak makanan kesukaannya

9. Buatkan anak makanan kesukaannya
Pexels/MART PRODUCTION

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, meluangkan waktu adalah salah satu cara untuk menunjukkan kasih sayang kepada anak. Dalam waktu luang ini, Mama bisa mencoba untuk membuatkan anak makanan kesukaannya.

Ajak anak mama duduk di meja makan dan tanyakan menu makanan apa yang disukai. Apabila bersedia, Mama juga bisa mengajak anak untuk membuat makanan baru dari bahan-bahan yang telah tersedia di rumah.  

Dengan aktivitas seperti inilah, si Kecil tentu akan merasa semakin sayang dengan Mama juga, sehingga akan terus menanti-nanti waktu berikutnya seperti ketika Mama memasakkan makanan yang lezat untuknya.

10. Lakukan hal sederhana lainnya untuk anak

10. Lakukan hal sederhana lain anak
Pexels/Ron Lach

Cara selanjutnya yang dapat Mama lakukan untuk menunjukkan kasih sayang pada anak adalah dengan cara melakukan hal-hal kecil untuk anak mama di rumah. Cara ini akan menimbulkan dampak yang hangat dan luas bagi anak.

Hal sederhana yang bisa Mama lakukan yakni sesederhana merapikan tempat tidurnya atau membersihkan kamar tidurnya, apalagi jika anak mama masih balita sehingga belum bisa membersihkan kamarnya dengan benar.

Selain itu, Mama juga bisa mengajak anak mama keluar untuk berkunjung ke tempat favoritnya. Atau dengan kejutan-kejutan kecil seperti, menyembunyikan mainan baru di bawah selimut kamar tidur si Kecil. Tindakan-tindakan kecil dan sederhana seperti inilah yang bisa membuat anak merasa dicintai sekaligus disayangi.

Itulah rangkuman cara menunjukkan kasih sayang pada anak balita. Semoga informasi kali ini bermanfaat bagi Mama.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk