TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

11 Hewan yang Memiliki Umur Terpendek, Ada yang Cuma Berumur Sehari

Kenalkan hewan yang berumur pendek berikut ini pada si Kecil yuk!

27 September 2022

11 Hewan Memiliki Umur Terpendek, Ada Cuma Berumur Sehari
Pexels/Sharon Snider & Pexels/Anuj

Di alam ini terdapat beberapa hewan yang mempunyai umur panjang sampai puluhan tahun, bahkan melebihi umur manusia.

Akan tetapi, ada juga hewan yang mempunyai umur pendek dan hanya berkisar hitungan jam saja.

Umur seekor hewan tergantung pada habitatnya, ukuran, sumber makanan, dan kemampuan bertahan serta faktor lainnya. Meskipun hidup dalam jangka waktu pendek, beberapa hewan tetap mampu berkembang biak secara cepat dan hidup bebas di alam ataupun dipelihara.

Lantas hewan apa saja yang memiliki umur terpendek? Berikut  Popmama.com telah merangkum informasinya yang dilansir berbagai sumber mengenai 11 hewan yang memiliki umur terpendek. Yuk, disimak!

1. Gastrotricha

1. Gastrotricha
en.wikipedia.org

Gastrotricha adalah hewan yang memiliki tubuh berukuran kecil sehingga hanya mampu dilihat dengan mikroskop. Hewan gastrotricha biasanya bisa ditemukan di air laur dan tawar.

Ukuran hewan mempunyai ukuran tubuh sekitar 0,06 - 3,0 mm dan bentuknya seperti cacing. Hewan ini dapat ditemukan di air tawar dan laut. Hewan gastrotricha hanya mampu bertahan hidup selama 3 hari.

2. Lalat capung atau mayfly

2. Lalat capung atau mayfly
Pexels/Erik Karits

Lalat capung adalah hewan dengan umur terpendek di bumi. Hidup hewan satu ini hanya bertahan selama 24 jam. Bahkan lalat capung disebut sebagai 'serangga satu hari' karena rentang hidupnya yang paling pendek.

Lalat capung menghabiskan sebagian besar hidupnya sebagai nimfa. Nimfa merupakan larva yang baru menetas. Dalam sisa hidupnya, lalat capung juga mempunyai tujuan untuk bereproduksi.

3. Hamster

3. Hamster
Pexels/Sharon Snider

Hamster adalah sejenis hewan pengerat yang terbagi menjadi berbagai jenis dan tersebar luas di seluruh dunia. Walaupun memiliki tubuh kecil, hewan satu ini sering dijadikan sebagai hewan peliharaan karena memiliki tampilan yang menggemaskan.

Sayangnya, hamste rata-rata hanya mampu bertahan hidup sampai 2 hingga 4 tahun saja. Menurut Guinness World Records, hamster tertua pernah hidup hingga 4,5 tahun. Itu merupakan usia yang luar biasa untuk seekor hamster, mengingat kebanyakan hamster hanya hidup singkat.

4. Nyamuk

4. Nyamuk
Pexels/Jimmy Chan

Nyamuk adalah salah satu jenis serangga dari ordo Diptera. Hewan nyamuk mempunyai umur pendek. Untuk nyamuk betina biasanya memiliki usia yang lebih panjang hingga beberapa bulan daripada nyamuk jantan.

Seekor nyamuk jantan hanya berumur sekitar 10 hari, sementara nyamuk betina dapat hidup lebih dari 10 hari. Perlu diketahui juga bahwa hanya nyamuk betina saja yang menghisap darah dan nyamuk jantan bertahan hidup dengan mengkonsumsi madu layaknya lebah.

Editors' Picks

5. Semut pejantan

5. Semut pejantan
commons.wikimedia.org

Semut pejantan adalah hewan berjenis kelamin jantan dari koloni semut. Semut satu ini berbeda dengan semut pekerja, semut pejantan hanya mennghabiskan hidupnya untuk bereproduksi dan makan. 

Semut ini hanya mampu bertahan hidup hingga 2 minggu. Uniknya, semut penjantan akan segera mati begitu mereka kawin dengan betina.

6. Lalat

6. Lalat
Pexels/Vivek Sharma

Lalat adalah salah satu serangga yang dikenal sebagai hewan jorok, sebab sering hinggap dan berkembang biak di beberapa tempat kotor. Sehingga terkadang Mama atau anak mama akan merasa jengkel dan merasa terganggu jika menemukan lalat di rumah.

Masa hidup atau umur lalat terbilang pendek, umurnya terbatas hanya dalam waktu singkat yakni 4 minggu. Dalam masa hidupnya yang lebih pendek ini, setiap lalat betina masih mampu bertelur hingga 1.000 butir

7. Capung

7. Capung
Pexels/Rodolfo Clix

Capung adalah salah satu serangga yang sering ditemui di berbagai tempat, seperti di sekitar rumah atau taman. Namun tahukah Mama dan anak mama bahwa capung ternyata memiliki masa hidup terpendek.

Umur maksimum seekor capung adalah sekitar 4 bulan. Sebagian besar capung tidak mampu hidup lama karena mereka dapat dengan cepat dimakan oleh hewan lainnya seperti laba-laba, burung, kadal, dan katak.

8. Bunglon

8. Bunglon
Pexels/Nandhu Kumar

Bunglon adalah salah satu jenis kadal yang mempunyai umur terpendek juga. Bunglon memiliki kemampuan mengubah warna kulitnya dengan tujuan berkamuflase agar terhindar dari musuh atau predator.

Hewan bunglon memang dikenal menjadi salah satu reptil yang berumur pendek. Pada umumnya bunglon dapat bertahan hidup mencapai 2 – 3 tahun. Akan tetapi, untuk beberapa jenis bunglon seperti jenis Panther dan Labord’s hanya berumur sampai satu tahun saja.

9. Tikus

9. Tikus
Pexels/Pixabay

Tikus adalah hewan pengerat bertubuh kecil yang masuk ke dalam daftar hewan yang memiliki umur pendek. Hewan pengerat ini mempunyai banyak predator, termasuk ular, rubah, kucing, dan burung hantu.

Tikus termasuk hewan berumur pendek dengan siklus bertahan hidup hingga 3 tahun. Sementara untuk tikus dewasa, secara seksual mereka hanya mampu berumur sampai 30 hari.

10. Ikan cere

10. Ikan cere
en.wikipedia.org

Ikan cere adalah ikan dengan ukuran kecil yang berasal dari Amerika Serikat bagian selatan dan timur. Pada tahun 1920, ikan ini tersebar dan dapat berkembang biak di Indonesia.

Ikan cere juga dikenal unik sebab memiliki umur pendek. Ikan ini mampu hanya bertahan hidup sampai 2 tahun. Ikan cere betina juga memiliki umur yang sedikit lebih panjang daripada ikan cere jantan.

11. Lebah pekerja

11. Lebah pekerja
Pexels/김 대정

Lebah pekerja adalah lebah betina yang organ reproduksinya tidak dapat berkembang sempurna dan tidak mampu menghasilkan telur pada kondisi normal. Sehingga lebah ini dipekerjakan untuk mencari makanan, membangun serta melindungi sarang, dan melakukan banyak fungsi sosial lainnya.

Walaupun lebah pekerja terbilang sibuk, ternyata lebah ini mempunyai umur pendek. Lebah pekerja hanya mampu hidup sekitar 8 bulan. Lama hidup lebah pekerja juga bisa dipengaruhi oleh musim dan aktivitas mereka. Pada musim panas lebah ini dapat hidup selama 4 - 6 minggu, sedangkan saat musim dingin dapat hidup mencapai beberapa bulan.

Nah, itulah 11 hewan yang memiliki umur terpendek di dunia. Semoga informasi tersebut dapat membantu menambah ilmu untuk anak mama. Tetap semangat untuk mengajarkan pengetahuan baru pada si Kecil ya, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk