TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

7 Manfaat Menjalani Hari Bersama Papa bagi Anak

Papa bisa membuat anak merasa lebih bahagia dan disayangi

2 September 2022

7 Manfaat Menjalani Hari Bersama Papa bagi Anak
Pexels/Josh Willink

Menghabiskan waktu bersama keluarga merupakan hal yang paling menyenangkan. Kebahagiaan yang didapatkan ketika menghabiskan waktu bersama keluarga dapat membantu mengurangi stress, kecemasan, mengarahkan pada gaya hidup yang lebih sehat.

Apalagi bagi seorang anak yang dalam masa tumbuh kembangnya membutuhkan dampingan berupan perhatian dan kasih sayang dari orangtua. Salah satunya yakni dari seorang papa.

Waktu berkualitas yang dihabiskan antara Papa dan anak papa sangat penting ya. Anak dapat merasakan dan mengetahui sesuatu baru yang sebelumnya belum mereka rasakan saat bersama Mama.

Untuk itu, berikut Popmama.com berikan ulasan mengenai 7 manfaat menjalani hari bersama Papa bagi anak

1. Anak bisa merasakan pengalaman berbeda

1. Anak bisa merasakan pengalaman berbeda
Pexels/Tatiana Syrikova

Seorang anak yang menghabiskan waktu bersama Papa akan mendapatkan pengalaman yang berbeda dari sebelumnya. Si Kecil bisa menemukan hal-hal yang baru dan menantang jika bersama Papa.

Hal ini dikarenakan, terkadang Papa akan mengajak anaknya untuk bertualang, berolahrga dan bermain di tempat outdoor yang akan melatih keberanian anak. 

2. Mampu meningkatkan hubungan kedekatan antara anak dan Papa

2. Mampu meningkatkan hubungan kedekatan antara anak Papa
Pexels/Tatiana Syrikova

Membangun hubungan kedekatan dengan anak adalah salah satu hal yang penting. Bukan hanya dengan Mama, seorang Papa juga perlu dekat dengan anak. Oleh karena itu manfaatkan waktu bersama si Kecil dengan sebaik mungkin.

Terbangunnya hubungan ini tentu akan membuat anak nyaman dan percaya terhadap Papa sehingga anak akan lebih terbuka untuk menceritakan hal yang dialami bahkan mengungkap perasaan yang mereka rasakan.

Editors' Picks

3. Membuat anak merasa lebih disayangi dan dibanggakan

3. Membuat anak merasa lebih disayangi dibanggakan
Pexels/cottonbro

Bersama dengan Papa anak akan merasa lebih disayangi. Contohnya ketika mengajak si Kecil untuk bermain tak hanya di rumah tapi juga mengajak anak pergi keluar untuk berkumpul dengan Papa dan teman-teman papa.

Pasti akan ada kesempatan di mana Papa bisa menceritakan tentang si Kecil dan hal membanggakan apa yang telah anak bisa lakukan atau kuasai. Hal inilah yang dapat membuat anak merasa bahwa dirinya hebat dan menjadi kebanggaan dari orangtua.

4. Mensejahterakan emosi anak

4. Mensejahterakan emosi anak
Pexels/Ketut Subiyanto

Peran seorang Papa yang baik ternyata juga mampu membangun rasa emosi yang baik pula pada anak. Nasihat dari Papa membuat emosi anak menjadi lebih terkontrol agar bisa selalu damai dan tenang.

Papa juga mampu mengajarkan anak bagaimana cara berperilaku, mencintai, menjadi seorang anak yang baik dan peduli serta menetapkan prinsip dan moral yang benar bagi kehidupan.

5. Bermain bersama anak akan terasa lebih seru

5. Bermain bersama anak akan terasa lebih seru
Pexels/Anete Lusina

Sebagai Papa yang sudah memiliki anak, akan lebih baik jika sering bermain bersama si Kecil. Bermain bersama anak dapat memberikan rasa kebahagiaan yang luar biasa, lho.

Selain itu anak juga akan merasa senang apabila diajak bermain oleh Papa. Melalui momen ini Papa bisa melihat bagaimana perkembangan si Kecil dan betapa lucunya tingkah anak.

6. Anak akan meniru perilaku baik Papa

6. Anak akan meniru perilaku baik Papa
Pexels/Anete Lusina

Hubungan anak dengan Papa dapat mempengaruhi anak sepanjang hidupnya. Interaksi dengan Papa bisa mengubah dan membentuk pandangan anak dalam kehidupan dan dapat memiliki pengaruh besar pada hubungan anak dengan orang lain di sekitarnya di masa depan.

Misalnya jika Papa memiliki sifat baik hati, penyayang, dan sabar, maka anak akan menirunya bahkan mungkin akan mempunyai pemikiran untuk mencari ciri-ciri sifat tersebut pada pacar atau pasangannya kelak.

7. Memberikan kesempatan Mama untuk me time

7. Memberikan kesempatan Mama me time
Pexels/Ketut Subiyanto

Mengurus anak merupakan hal yang terkadang cukup membuat Mama lelah dan penat. Tak hanya memenuhi kebutuhan anak, namun juga harus mengurus pekerjaan rumah lainnya. Hal ini menghabiskan tenaga dan membuat Mama membutuhkan waktu istirahat sejenak untuk diri sendiri atau me time.

Salah satu waktu yang bisa Mama gunakan untuk me time adalah ketika anak sedang bersama Papa. Biarkan si Kecil dan Papa menghabiskan waktu bersama. Ketika mereka jalan-jalan keluar atau bermain bersama, Mama bisa melakukan me time untuk sementara waktu.

Nah, itulah tadi 7 manfaat hari bersama Papa bagi anak. Lakukan aktivitas bersama anak sesering mungkin ya, Pa.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk