TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

10 Nama Buah dari huruf M, Beri Tahu Si Kecil Yuk Ma!

Apa saja ya buah yang berawalan dari huruf M?

17 September 2022

10 Nama Buah dari huruf M, Beri Tahu Si Kecil Yuk Ma
Freepik/senivpetro

Terdapat berbagai jenis buah yang tersebar di alam. Buah-buahan tentu saja mengandung banyak nutrisi yang baik bagi kesehatan anak mama.

Adanya jenis buah yang terlalu banyak ini, terkadang membuat si Kecil bingung untuk mengingat atau mengenali nama-nama buah.

Oleh karena itu, untuk mempermudah anak agar cepat hafal, Mama bisa memperkenalkan nama buah kepada anak dengan cara mengelompokkannya ke dalam urutan abjad pertama dari nama buah.

Nah, untuk menambah wawasan anak mama tentang nama buah, kali ini Popmama.com telah merangkum deretan nama buah dari huruf M.

Disimak yuk Ma!

1. Mangga

1. Mangga
Pexels/MESSALA CIULLA

Buah satu ini sudah cukup populer dan sering dijumpai. Mangga adalah salah satu jenis buah-buahan tropis yang hanya tumbuh di iklim cukup hangat.

Buah mangga memiliki ciri-ciri kulitnya berwarna hijau dan akan berubah menjadi kuning hingga kemerahan saat sudah matang, rasa dagingnya asam dan manis. Buah ini sering dikonsumsi dan dibuat menjadi minuman segar. Terdapat banyak sekali kandungan vitamin C dan kaya antioksidan dalam buah mangga yang dapat berfungsi untuk menjaga kesehatan mata dan kulit, menyehatkan pencernaan, menurunkan risiko kanker dan diabetes serta mampu meningkatkan kekebalan tubuh.

2. Melon

2. Melon
Pexels/Any Lane

Siapa yang tidak mengenal buah besar ini? Yup ini adalah buah melon. Buah melon adalah buah yang kulit luarnya berwarna hijau atau kuning dan dagingnya umumnya berwarna hijau. Daging buah melon bertekstur lunak dan mengandung banyak air. 

Buah melon dikenal memiliki berbagai nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Melon mampu membantu mengurangi tekanan darah tinggi dan juga baik untuk kesehatan tulang.

3. Markisa

3. Markisa
Pexels/Any Lane

Berikutnya ada buah bernama markisa. Markisa adalah buah yang berasal dari Amerika Selatan yang beriklim tropis. Buah markisa memiliki ciri-ciri kulitnya berwarna merah keunguan hingga kuning. Ratusan biji yang terdapat di dalam markisa dapat langsung dimakan.

Markisa dikenal dengan rasanya yang asam. Meskipun begitu, buah markisa memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi. Buah ini juga merupakan sumber antioksidan yang dapat menangkan radikal bebas penyebab kerusakan sel-sel tubuh.

4. Mengkudu

4. Mengkudu
food.ndtv.com

Mengkudu adalah salah satu buah dari kelompok Rubiaceae. Buah mengkudu mempunyai daging buah berwarna putih, rasa pahit, dan bertekstur lunak.

Daging buah mengkudu banyak mengandung air yang aromanya tidak sedap seperti keju busuk yang timbul akibat dari pencampuran antara asam kaprat. Walaupun berbau tidak sedap, buah mengkudu menawarkan banyak manfaat, diantaranya mampu melindungi fungsi hati, mengontrol gula darah, dan membantu memeliharaan kesehatan jantung.

Editors' Picks

5. Manggis

5. Manggis
Pexels/Quang Nguyen Vinh

Manggis adalah buah yang dikenal memiliki banyak kandungan antioksidan. Warna buah manggis yakni merah tua hingga ungu, sedangkan warna daging buahnya putih.

Kandungan antioksidan dalam buah manggis berfungsi membantu menunjang daya tahan tubuh dalam melawan kuman penyebab penyakit. Selain itu, kulit dari buah manggis juga dapat dimanfaatkan sebagai obat untuk berbagai penyakit hingga menghambat pertumbuhan kanker. Hal ini disebabkan, terdapat xanthone yang memiliki efek antibakteri, anti inflamasi, dan antijamur pada kulit manggis.

6. Mentimun

6. Mentimun
healthline.com

Mentimun adalah buah yang dapat tumbuh atau ditanam di dataran rendah sampai dataran tinggi ± 1.000 meter di atas permukaan laut. Mentimun sebenarnya termasuk sayuran buah yang cukup mudah untuk dibudidayakan.

Mentimun memiliki rasa buah yang manis, renyah dan menyegarkan berkat kandungan airnya yang cukup tinggi. Kandungan air dari buah mentimun dapet mencegah dehidrasi tubuh, mencegah kanker dan diabetes serta mampu mengatasi peradangan.

7. Mahkota Dewa

7. Mahkota Dewa
en.wikipedia.org

Mahkota dewa adalah buah dari salah satu tanaman yang dikenal sebagai tanaman hias sekaligus tanaman obat. Mahkota dewa mampunyai ciri-ciri berbentuk bulat dan permukaan kulitnya licin. Saat masih muda kulitnya berwarna hijau dan ketika sudah matang akan berubah menjadi warna merah.

Apabila dikonsumsi dan diolah dengan cara yang tepat, buah mahkota dewa berkhasiat menyembuhkan berbagai macam penyakit karena mengandung antioksidan. Umumnya buah mahkota dewa perlu dikeringkan dahulu, lalu diambil ekstraknya dan kemudian dijadikan kapsul agar mudah dikonsumsi.

8. Menteng

8. Menteng
id.wikipedia.org

Menteng adalah buah yang kulitnya berwarna hijau kekuningan atau kemerahan. Bagian luar dari buah menteng tampak licin dari luar, namun teksturnya lembut dan agak kenyal.

Buah menteng mengandung banyak nutrisI seperti karbohidrat, kalsium, vitamin A, vitamin C, zat besi, potasium, protein, lemak, fosfor, dan masih banyak lagi yang baik untuk kesehatan tubuh.

9. Malaka

9. Malaka
recipes.howstuffworks.com

Buah berikutnya dari huruf M adalah malaka. Malaka adalah buah yang berbentuk bulat seperti kelereng dan memiliki warna hijau atau merah agak kecokelatan.

Buah malaka mempunyai rasa sepat dan asam, tetapi akan berubah menjadi manis saat dikunyah. Kandungan vitamin C, asam amino, dan pektin dalam buah malaka dapat membantu menurunkan kolesterol.

10. Matoa

10. Matoa
healthbenefitstimes.com

Mama atau anak mama mungkin masih merasa asing ketika mengetahui nama buah satu ini. Matoa adalah buah asal tanah Papua yang sejenis leci atau kelengkeng.

Buah matoa sering digunakan untuk pengobatan tradisional. Kandungan antioksidan dalam buah matoa diyakini dapat membantu melancarkan pencernaan, meningkatkan jumlah bakteri baik atau probiotik, dan mencegah pertumbuhan bakteri jahat di usus.

Nah, itah tadi nama buah dari huruf M. Dari sepuluh buah di atas, buah mana yang menjadi favorit Mama dan anak mama?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk