TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Nama Buah dari Huruf Z yang Jarang Diketahui Anak

Beberapa nama buah dari huruf Z terdengar asing karena jarang diketahui

19 September 2022

Nama Buah dari Huruf Z Jarang Diketahui Anak
gardenerspath.com

Terdapat berbagai jenis buah yang tersebar di alam. Buah-buahan tentu saja mengandung banyak nutrisi yang baik bagi kesehatan anak mama.

Adanya jenis buah yang terlalu banyak ini, terkadang membuat si Kecil bingung untuk mengingat atau mengenali nama-nama buah.

Oleh karena itu, untuk mempermudah anak agar cepat hafal, Mama bisa memperkenalkan nama buah kepada anak dengan cara mengelompokkannya ke dalam urutan abjad pertama dari nama buah.

Nah, untuk menambah wawasan anak mama tentang nama buah, kali ini Popmama.com telah merangkum deretan nama buah dari huruf Z.

Disimak yuk Ma!

1. Zaitun

1. Zaitun
cheeseconnoisseur.com

Buah zaitun adalah buah dengan ukuran kecil yang tumbuh di pohon zaitun atau Olea Europaea. Pohon zaitun biasanya tumbuh di kawasan Mediterania. Italia dan Spanyol merupakan negara terdepan dalam memproduksi zaitun. Pohon zaitun adalah pohon yang telah ditemukan sejak ribuan tahun lalu.

Dalam bahasa Inggris zaitun disebut dengan olive. Buah ini saat masih mentah mempunyai warna hijau, kemudian akan berubah warna menjadi ungu gelap bahkan hitam. Terdapat jenis pohon zaitun yang menghasilkan buah zaitun berwarna pink atau merah muda.

Buah zaitun memiliki banyak manfaat, sebab minyak hasil olahan buah zaitun mengandung omega 9, omega 6, asam lemak jenuh, dan lain-lain. Buah zaitun berkhasiat dapat membantu menurunkan kolesterol jahat, mengendalikan tekanan darah, mengurangi risiko penyakit jantung, mencegah kanker, dan menurunkan rasa nyeri sendi. Buah zaitun juga merupakan buah dengan kandungan lemak yang cukup banyak dan sekitar 74% buahnya mengandung asam oleat.

2. Zuriat

2. Zuriat
newsdelivers.com

Nama dari buah satu ini mungkin terdengar asing bagi Mama atau anak mama. Buah zuriat adalah buah yang berasal dari kawasan Afrika Utara dan banyak dijumpai di Mesir, Arab Saudi, dan Yaman. Aroma dan rasa buah zuriat mirip seperti roti jahe atau agak mirip dengan rasa gula merah.

Buah zuriat mempunyai ukuran besar dan berbentuk bulat hingga lonjong dengan diameter rata-rata sekitar 6 - 10 sentimeter. Buah ini beraroma harum sekaligus manis. Kulit dari buah zuriat bertekstur keras serta berwarna cokelat yang mengkilat. Daging buahnya memiliki warna cokelat dengan tekstur kenyal dan berserat kenyal. Terdapat biji berbentuk lonjong besar berwarna putih yang kerasa di dalam buah zuriat.

Buah ini biasanya diolah dengan cara diekstrak, kemudian diminum airnya untuk mendapatkan manfaat kandungan antioksidan yang baik bagi kesehatan tubuh. Bauh zuriat mempunyai kandungan kaya akan karbohidrat, serat, dan antioksidan. Mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung antioksidan dipercaya baik untuk regenerasi sel reproduksi.

Beberapa studi juga menyatakan ekstrak dari buah zuriat memiliki kandungan fenol dan flavonoid yang cukup tinggi. Kandungan inilah yang menjadikan buah zuriat sebagai sumber antioksidan dan antibakteri yang baik. Buah zuriat dipercaya memiliki banyak khasiat, di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Meningkatkan kesuburan
  • Mencegah katarak dan migrain
  • Mampu menyehatkan jantung
  • Menurunkan kadar kolesterol
  • Mencegah bayi lahir dengan cacat bawaan

3. Zukini

3. Zukini
Pexels/Angele J

Buah zikini adalah buah yang sering kali dinilai mirip dengan mentimun dan timun Jepang . Padahal semuanya memiliki perbedaan. Zukini atau zucchini termasuk dalam sayur dari spesies Cucurbita Pepo dan sering disebut summer squash sebab berkaitan dengan beberapa jenis summer squash.

Buah zukini apabila disentuh maka akan mempunyai tekstur lebih lembut dan hangat dibanding mentimun. Ciri-ciri lainnya adalah jika buah zikini dibelah hingga terbuka akan terlihat lebih berwarna putih krem dan bijinya berukuran kecil. Biji zukini menyatu dengan daging buahnya.

Karena termasuk sayur, zukini dapat diolah menjadi beraneka macam masakan. Dapat dijadikan sebagai makanan utama, cemilan hingga menu MPASI anak. Zukini memiliki kandungan fosfor, zat besi, magnesium, dan lutein. Perlu Mama dan anak mama ketahui pula, dalam satu buah zukini terdapat kandungan nutrisi berupa kalori 16 kcal dan protein sebesar 1,2 gram. Manfaat yang bisa diperoleh dengan mengonsumsi buah ini adalah sebagai berikut:

  • Menurunkan tekanan darah tinggi
  • Menurunkan kadar kolesterol
  • Menyembuhkan asma
  • Mencegah kanker
  • Menurunkan kadar gula darah
  • Memperlancar sistem pencernaan
  • Menjaga kesehatan mata

Nah, itulah tadi beberapa nama buah dari huruf Z. Buah dari huruf Z memang hanya sedikit jumlahnya dan terdengar asing. Maka dari itu, semoga informasi ini dapat menambah wawasan Mama dan anak mama.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk