TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

10 Rekomendasi Dokter Spesialis Anak di Medan

Yuk Ma, segera kunjungi daftar nama dokter di Medan ini jika si Kecil sakit

20 Agustus 2022

10 Rekomendasi Dokter Spesialis Anak Medan
Pexels/Pavel Danilyuk

Ketika anak sedang sakit, tentu Mama merasa sangat khawatir bukan? Mama akan segara melakukan tindakan agar si Kecil segera sembuh.

Bukan hanya sekadar membeli obat di warung atau apotek terdekat, Mama akan berushan membawa si Kecil untuk menemui dokter.

Namun, mencari dokter spesialis anak yang sesuai dengan kriteria dan cocok tidaklah mudah ya, Ma. Diperlukan dokter yang sudah berpengalaman di bidangnya. Selain itu, kenyamanan dan keahlian dari seorang dokter sangat dibutuhkan agar si Kecil juga merasa nyaman serta tidak rewel saat diperiksa.

Berikut ini, Popmama.com telah merangkum beberapa dokter spesialis anak di Medan  yang dapat membantu mengobati si Kecil apabila sakit.

1. dr. Dina Lyfia, Sp.A

1. dr. Dina Lyfia, Sp.A
siloamhospitals.com/Siloam Hospitals

Rekomendasi dokter pertama adalah dr. Dina Lyfia, Sp.A. Dokter yang satu ini merupakan dokter spesialis anak yang melakukan praktik di Rumah Sakit Royal Maternity dan Rumah Sakit Siloam Dhirga, Medan.

Beliau adalah seorang dokter lulusan Universitas Sumatera Utara, Medan. Kini Dokter Dina juga tergabung dalam Ikatan Dokter Anak Indonesia.

Dalam praktiknya, beliau memberikan pelayanan dan bantuan terkait konsultasi kesehatan anak secara menyeluruh. Konsultasi tersebut berupa tes pendengaran OAE dan vaksin anak.

Untuk mendapatkan layanan medisnya, Mama perlu membayar mulai dari Rp250.000.

2. dr. Johannus Susanto Wibisono, Sp.A

2. dr. Johannus Susanto Wibisono, Sp.A
columbiaasia.com/Columbia Asia

dr. Johannus Susanto Wibisono, Sp.A adalah Dokter Spesialis Anak yang aktif melayani pasien di Columbia Asia Hospital Medan. Beliau memiliki gelar spesialisnya setelah menamatkan pendidikan di Universitas Sumatera Utara, Medan.

Dokter Johannus dikenal sebagai dokter anak yang mempunyai sifat ramah serta sabat ketika menangani para pasiennya. Beliau tergabung sebagai salah satu anggota di Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

Dokter Johannus memberikan layanan konsultasi seputar tumbuh dan kembang anak. Layanan kesehatan yang diberikan meliputi vaksin anak dan skrining tumbuh kembang anak. Biaya yang harus Mama keluarkan ketika mengunjungi dr. Johannus adalah mulai dari Rp 262.500.

3. dr. Rita Angraini, Sp.A

3. dr. Rita Angraini, Sp.A
rsupermatabunda.com/RSU Permata Bunda

dr. Rita Angraini, Sp.A adalah salah satu dokter yang melakukan praktik di RSU Permata Bunda Medan.

Beliau dulunya merupakan lulusan dari Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara.

Adapun layanan yang mampu diberikan oleh dr. Rita Angraini, Sp.A adalah layanan medis seperti konsultasi pernapasan anak, tes Pendengaran OAE, konsultasi psikologi anak, vaksin bayi, konsultasi saraf anak, konsultasi alergi anak, dan skrining tumbuh kembang anak.

4. Prof. dr. Chairul Yoel, Sp.A(K)

4. Prof. dr. Chairul Yoel, Sp.A(K)
columbiaasia.com/Columbia Asia

Prof. dr. Chairul Yoel, Sp.A(K) merupakan dokter anak di Medan yang kini bertugas melayani di Columbia Asia Hospital Medan.

Beliau adalah salah satu Dokter Spesialis Anak Konsultan Emergensi dan Rawat Intensif Anak lulusan Universitan Sumatera Utra. Dokter Chairul pun tergabung dalam ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI).

Layanan yang diberikan Dokter Chairul, yakni vaksin anak, skrining tumbuh kembang anak, tes pendengaran OAE, dan konsultasi kesehatan anak. Biaya yang harus Mama keluarkan mulai dari Rp485.100.

Baca juga:

Editors' Picks

5. dr. Lesmana Syahrir, Sp.A

5. dr. Lesmana Syahrir, Sp.A
siloamhospitals.com/Siloam Hospitals

Rekomendasi dokter selanjutnya yang dapat Mama kunjungi adalah dr. Lesmana Syahrir, Sp.A. Beliau merupakan dokter anak yang cukup berpengalaman dan tidak perlu diragukan lagi kemampuannya.

dr. Lesmana Syahrir, Sp.A. dulunya menamatkan Pendidikan Spesialis Anak di Universitas Padjadjaran, Bandung. Kini Dokter Lesmana melakukan praktik di Rumah Sakit Siloam Dhirga Surya, Medan.

Mama dapat berkonsultasi mengenai masalah kesehatan anak ke Dokter Lesmana karena beliau memberikan layanan konsultasi kesehatan anak dan vaksin anak. Biaya yang Mama butuhkan jika konsultasi bersama beliau adalah sekitar Rp200.000.

6. Prof. dr. Guslihan Dasa Tjipta, Sp.A (K)

6. Prof. dr. Guslihan Dasa Tjipta, Sp.A (K)
sham.co.id/RSUP HAM

Dokter spesialis anak selanjutnya yang bisa Mama kunjungi adalah Prof. dr. Guslihan Dasa Tjipta, Sp.A (K). Beliau merupakan seorang konsultan, hal ini bisa dilihat dari gelar K miliknya.

Dalam praktiknya, Prof. Guslihan bisa dihubungi pada saat jam praktik ataupun tidak. Apabila dengan dalam keadaan darurat, Mama bisa langsung membawa si Kecil menuju ke rumah beliau untuk dilakukan pemeriksaan.

Prof. Guslihan membuka praktik di Jalan Sekip No.4 Medan.

7. Dr. dr. Bugis Mardina Lubis, SpA (K)

7. Dr. dr. Bugis Mardina Lubis, SpA (K)
rsiastellamaris.com/RSIA Stella Maris

Rekomendasi dokter selanjutnya yang dapat Mama pilih adalah Dr. dr. Bugis Mardina Lubis, SpA (K). Dokter satu ini mendukung penuh MPASI, ASI, dan RUM (Rational Use of Medicine).

Dokter Bugis juga memberikan pelayanan di antaranya yakni imunisasi, pemeriksaan kesahatan bayi dan anak, perawatan bayi baru lahir, pemeriksaan jika si Kecil mengalami asma atau gangguan pernafasan serta melayani konsultasi anak remaja.

Dokter Bugis aktif praktik  di RS. Stella Maris tepatnya di Jalan Samanhudi Nomor 20, Medan.

8. dr. King Chandra, SpA

8. dr. King Chandra, SpA
rsiastellamaris.com/RSIA Stella Maris

Dokter spesialis anak selanjutnya adalah dr. King Chandra, SpA. Dokter Chandra dikenal sebagai salah satu dokter yang cukup populer di Medan. Beliau aktif praktik untuk melayani pasien di  RS. Stella Maris tepatnya di Jalan Samanhudi Nomor 20, Medan.

Mama tidak perlu merasa canggung dan terburu-terburu jika berkonsultasi dengan beliau, sebab Dokter Chandra akan senantiasa sabar mendengarkan keluhan Mama mengenai apa yang di derita oleh si Kecil.

9. Prof. dr. Abdullah Afif Siregar, Sp.A(K), Sp.JP, FIHA

9. Prof. dr. Abdullah Afif Siregar, Sp.A(K), Sp.JP, FIHA
columbiaasia.com/Columbia Asia

Seusai menamatkan Pendidikan profesi Kedokteran Umum dan Spesialis Anak di Universitas Sumatera Utara, Prof. Abdullah Afif juga melakukan praktik di Columbia Asia Hospital Medan dan Rumah Sakit Sri Ratu, Medan.

Selain itu, beliau merupakan anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), dan Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia (PERKI). Dilihat dari gelar beliau, tentu Prof. Abdullah Afif sudah berpengalaman untuk bisa mengobati si Kecil jika sedang sakit.

Mama bisa mendapatkan layanan dari Prof. Abdullah Afif berupa skrining tumbuh kembang anak dan vaksin anak. Biaya yang perlu Mama butuhkan apabila mengunjungi Prof. Abdullah Afif adalah sekitar Rp485.100.

10. dr. Dermawan, M.Ked(Ped), Sp.A

10. dr. Dermawan, M.Ked(Ped), Sp.A
columbiaasia.com/Columbia Asia

Rekomendasi terakhir ada dr. Dermawan, M.Ked(Ped), Sp.A. Beliau ini merupakan dokter spesialis anak yang dulunya menamatkan pendidikannya di Universita Sumatera Utara Medan.

Dokter Dermawan kini aktif melayani para pasiennya di Columbia Asia Hospital Medan. Beliau juga  terhimpun dalam Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI).

Dalam praktiknya, Dokter Dermawan memberikan beberapa pelayanan, seperti, vaksin anak, skrining tumbuh kembang anak, dan konsultasi kesehatan anak secara menyeluruh. Biaya yang harus Mama keluarkan untuk mendapat layanan ini adalah mulai dari Rp242.550.

Nah, itu dia 10 rekomendasi dokter spesialis anak di Medan yang perlu Mama ketahui jika ingin berkonsultasi perihal kesehatan si Kecil. Semoga bermanfaat ya, Ma.

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk