TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Inilah 9 Peralatan Renang Anak yang Harus Diketahui

Yuk siapkan ini sebelum anak Mama berenang

14 November 2021

Inilah 9 Peralatan Renang Anak Harus Diketahui
Pixabay/leoleobobeo

Berenang merupakan olahrga yang dapat dilakukan di akhir pekan dengan anak Mama. Sebelum mengunjungi tempat renang, Mama perlu mempersiapkan berbagai peralatan renang agar olahraga bisa dilakukan secara maksimal.

Mungkin banyak orang tua yang tidak terlalu memperhatikan peralatan renang yang harus disiapkan, tetapi peralatan cukup penting demi keberlangsungan melatih teknik berenang. Berikut ini terdapat beberapa peralatan renang anak yang harus disiapkan, yaitu:

1. Pakaian renang

1. Pakaian renang
Pexels/Ashley K Little

Peralatan yang paling penting sebelum berenang yaitu pakaian renang. Mama sangat memerlukan pakaian renang yang telah dirancang khusus dengan menggunakan bahan yang tidak minim menyerap air, jadi tidak akan menghalangi aktivitas anak Mama selama berenang.

Selain itu, pilih ukuran pakaian renang yang pas agar tidak menghalangi gerak anak saat berenang. Sebab jika pakaian renang terlalu besar, maka akan membuat pergerakan menjadi berat, sedangkan pakaian renang terlalu kecil, maka akan membuat anak menjadi sesak napas selama berenang.

2. Kaca mata renang

2. Kaca mata renang
https://unsplash.com

Sebelum berenang, usahakan memakai kaca mata renang yang bisa digunakan untuk anak. Sebab air kolam renang mengandung klorin, sehingga berpotensi besar dalam membuat mata anak menjadi perih dan iritasi.

Memakai kaca mata renang juga bisa membuat anak-anak melihat kondisi di bawah air kolam renang. Pilihlah kaca mata renang yang memiliki fitur anti-fog, jadi tidak akan membuat kaca mata berkabut meskipun sudah dipakai dalam waktu yang lama.

3. Topi renang

3. Topi renang
https://www.freepik.com

Mungkin topi renang tidak terlalu penting bagi sebagian orang, tetapi lebih baik memakai topi renang selama melakukan aktivitas renang. Hal ini dikarenakan air kolam renang mengandung bahan kimia.

Selain itu, jika anak tidak memakai topi renang, maka air dari kolam renang akan menyimpan air pada rambut dengan mudah dan membuat kepala terasa berat. Jadi anak butuh memakai topi renang yang terbuat dari bahan khusus yang tidak menyerap air. 

Editors' Picks

4. Pelampung berenang

4. Pelampung berenang
https://unsplash.com

Bahan dasar pelampung terbuat dari busa atau plastik yang akan membuat seseorang mengapung. Jika Mama khawatir anak akan tenggelam, persiapkan pelampung berenang yang digunakan di tangan agar lebih aman.

Terdapat cukup banyak bentuk pelampung, tetapi tujuan utama pemakaian pelampung yaitu agar anak dapat melatih gerakan kaki dengan bebas dan nyaman. Jadi anak akan melatih kekuatan kaki di kolam berenang dengan mudah.

5. Hand paddle

5. Hand paddle
https://en.wikipedia.org

Selain menyiapkan pelampung untuk melatih kaki saat berenang, Mama juga bisa persiapkan hand paddle untuk anak agar bisa melatih kekuatan tangan selama berenang. Fungsi dari hand paddle ini sangat berguna untuk melatih gerakan tangan saat berenang.

Tidak hanya anak-anak yang membutuhkan hand paddle, tetapi orang dewasa pun juga membutuhkan peralatan ini agar bisa menggerakkan tangan lebih leluasa selama berenang. Cara penggunaannya hand paddle hanya perlu dimasukkan ke telapak tangan, lalu bisa dilanjutkan dengan berenang seperti biasa.

6. Kaki katak

6. Kaki katak
https://www.blibli.com

Pasti Mama sudah pernah melihat kaki katak sebagai peralatan yang digunakan oleh perenang profesional saat berenang di laut. Tetapi, jenis kaki katak tersebut dengan kaki katak yang biasa digunakan di kolam renang sangat berbeda.

Kaki katak dibutuhkan untuk melakukan teknik renang gaya bebas, serta Mama hanya perlu mempersiapkan kaki katak yang pendek saja, tidak perlu yang terlalu panjang. Dengan menggunakan kaki katak, anak akan menikmati aktivitas berenang mereka.

7. Pull buoy

7. Pull buoy
https://www.blibli.com

Saat melakukan gaya kupu-kupu, kaki akan mudah tenggelam, sehingga akan menyulitkan anak saat belajar gaya tersebut. Mama bisa mempersiapkan Pull Buoy yang berfungsi untuk mengangkat kaki agar tidak tenggelam.

Pull Buoy biasa digunakan di antara kedua paha, jadi akan memudahkan kaki Mama selalu terapung. Selain itu, Mama bisa melatih anak gaya kupu-kupu sejak dini, agar terbiasa terangkat lurus.

8. Sunblock

8. Sunblock
Freepik/Freebird2000

Agar kulit tidak terbakar akibat paparan sinar matahari yang menyebabkan kulit menjadi menggelap atau belang, Mama perlu gunakan sunblock pada tubuh anak Mama. Pilihlah sunblock yang cocok untuk anak dan khusus untuk berenang.

Dengan begitu, anak siap berenang dengan perlindungan sunblock yang maksimal. Terdapat pakaian renang yang dapat memberikan proteksi UV, sehingga dapat membantu perlindungan sunblock terhadap kulit.

9. Handuk dan peralatan mandi

9. Handuk peralatan mandi
Freepik/aopsan

Handuk merupakan peralatan yang sangat penting untuk berenang, sebab saat anak selesai berenang, biasanya harus menunggu dulu dengan kondisi basah kuyup. Saat kondisi tersebut, lebih baik anak dikenakan handuk agar terhindar dari sakit.

Jangan lupa membawa peralatan mandi dari rumah untuk membersihkan seluruh badan dari air kolam renang yang mengandung klorin dan bakteri.

Demikian ulasan mengenai peralatan renang anak yang harus dipersiapkan sebelum anak hendak berenang di kolam renang umum. Bagaimana menurut Mama mengenai peralatan renang anak?

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk