6 Rekomendasi Olahan untuk si Kecil yang Susah Makan Sayur

Si kecil nggak suka makan sayur? coba cara ini yuk

30 Oktober 2020

6 Rekomendasi Olahan si Kecil Susah Makan Sayur
Pexels/Pixabay

Banyak anak-anak suka memilih-milih makanan dan terutama tidak menyukai sayur. Alasannya berbagai macam, ada yang merasa pahit, hambar, dan lain sebagainya.

Hal ini membuat Mama dibuat kebingungan harus memasak sayur apa lagi supaya ia mau makan. Sedangkan sayuran adalah asupan makanan yang sangat penting untuk tubuh kita, karena sayuran mengandung banyak manfaat serta berbagai vitamin.

Anak-anak sangat membutuhkan untuk masa pertumbuhannya. Mulai dari sayuran hijau hingga sayuran berwarna kuning memiliki kandungan antioksidan dan kaya akan gizi.

Nah, berikut Popmama.com berikan ide-ide rekomendasi olahan sayuran untuk si Kecil yang rasanya pasti disukai.

1.Olah sayur menjadi nugget sayur

1.Olah sayur menjadi nugget sayur
Pexels/Chan Walrus

Anak-anak paling suka sama chicken nugget, mereka selalu semangat kalau memakan nugget. Mama bisa ambil kesempatan itu dengan baik, yaitu membuat kreasi nugget sayur.

Nugget yang dibuat tetap dari bahan dasar daging ayam giling yang adonannya ditambah irisan sayur bayam dan wortel.

Buatlah cetakan nugget menyerupai binatang atau bentuk yang si Kecil sukai. Setelah digoreng hingga matang, sajikan bersama saus tomat. 

2. Mi bayam

2. Mi bayam
Pexels/lgh_9

Selain chicken nugget, mie juga salah satu makanan yang anak-anak suka. Mama juga bisa ambil ide dari makanan favoritnya. Kali ini mencampurkan sayur bayam dengan mi.

Caranya: haluskan bayam, lalu campur dengan telur, tepung terigu, dan tepung sagu hingga menjadi adonan mi.

Adonan tadi diuleni hingga halus, dipipihkan, dan dipotong memanjang seperti mi pada umumnya. Terakhir rebus mi-nya di air mendidih dan buat mi sesuai selera. 

Editors' Picks

3. Spaghetti saus tomat

3. Spaghetti saus tomat
Pexels/Pixabay

Pastinya selain mi, anak-anak juga dengan tekstur spaghetti yang kenyal. Sebagai variasi Mama harus ikuti trik membuat spaghetti yang dicampur sayuran.

Kali ini Mama membuat spaghetti yang sausnya diganti dengan tomat segar, bukan yang saus instan yang banyak dijual. Saus dari tomat segar tadi dicampur daging sapi giling.

Dengan begitu sang buah hati bisa tetap makan dan mendapat asupan sayur yang terjaga. 

4. Butterfly Sandwich

4. Butterfly Sandwich
Pexels/Anton Porsche

Dari namanya yang unik sudah pasti si Kecil penasaran untuk tahu rasanya. Yuk kita berkreasi roti tawar untuk sang buah hati.

Mama hanya siapkan roti gandum, selada, dan daging asap. Lalu bentuk rotinya menjadi bentuk kupu-kupu dan olesi rotinya dengan olive oil.

Panaskan wajan, panggang roti sekitar 2 menit. Setelah roti tampak warna coklat keemasan, sajikan roti dengan selada serta daging asap.

5. Vegetable egg roll

5. Vegetable egg roll
Pexels/Pixabay

Egg roll yang biasa Mama buat bisa disulap jadi egg roll yang dilengkapi dengan sayuran.

Mama cukup mengocok 3-4 butir telur ditambah irisan wortel, bayam, dan sayuran lainnya sesuai selera.

Kemudian di masak dadar dan gulung secara bertahap di atas teflon. Setelah matang, iris-iris supaya terlihat menarik perhatian si Kecil. 

6. Sate sayuran

6. Sate sayuran
Pexels/Pixabay

Sayuran yang dipanggang juga tak kalah menarik lho. Buatlah sate sayuran dengan menyediakan potongan wortel, brokoli, keju, dan daging asap.

Mulailah menusukkan sayur-sayuran tersebut ke tusukan sate. Lumuri satenya dengan margarin dan panggang hingga matang. Dijamin si Kecil suka.

Menu sayur di atas dapat memenuhi gizi si Kecil, dari sayuran yang dikonsumsi kaya akan serat, vitamin, kalium, zat besi, dan folat bagus untuk pertumbuhan sang buah hati. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.