Yuk, Intip 5 Tips Memilih Jaket Anak Balita yang Tepat

Pilihkan jaket dengan motif yang disukai anak

21 September 2019

Yuk, Intip 5 Tips Memilih Jaket Anak Balita Tepat
Freepik/Prostooleh

Memilih pakaian anak tidak semudah yang diperkirakan. Banyaknya pilihan terkadang membuat bingung orangtua untuk menentukan pilihan jaket mana yang cocok untuk sang buah hati.

Ya, mengenakan jaket bisa jadi salah satu cara agar si Kecil tetap hangat. Apalagi jika Mama sering membawanya berkendara dengan motor. 

Untuk itu Mama perlu melengkapi anak dengan perlengkapan yang menghangatkan bagi tubuhnya.

Nah, sebelum membeli jaket Mama juga harus cerdas memerhatikan beberapa hal agar nyaman saat dikenakan olehnya.

Lalu bagaimana cara memilih jaket yang bagus? Berikut 5 tips memilih jaket untuk anak balita yang tepat. Yuk simak ulasannya dari Popmama.com agar anak aman dan nyaman ketika mengenakannya :

1. Perhatikan bahan jaket anak yang akan dibeli

1. Perhatikan bahan jaket anak akan dibeli
Unplash/Micheile Henderson

Sebenarnya jaket untuk anak bukan sekadar fashion item yang wajib dimiliki. Tapi manfaat jaket sangat besar, terutama ketika cuaca sedang dingin.

Suhu yang tidak menentu akan membuat anak lebih mudah sakit. Jaket pun menjaga tubuh anak tetap hangat dan melindunginya dari suhu dingin maupun serangan virus.

Nah, yang paling utama saat memilih jaket adalah Mama harus memerhatikan bahan dasar pembuatannya. Kain yang dipilih untuk anak-anak harus membuat si Kecil merasa nyaman, salah satunya katun lembut.

Jenis bahan ini paling praktis dan nyaman untuk semua musim, terutama musim panas. Di mana bahan katun terbukti bisa menghindarkan anak dari rasa kepanasan dan ruam di kulitnya.

Sebaiknya hindari jaket dengan bahan seperti nylon dan polyster, karena keduanya tidak mampu menyerap keringat dengan baik.

2. Pilih yang sedikit longgar dan tidak ketat di badan anak

2. Pilih sedikit longgar tidak ketat badan anak
Freepik/Rawpixel.com

Saat hendak membelikan jaket anak, sebaiknya yang sedikit longgar di badannya. Hal ini supaya jaketnya bisa dikenakan hingga waktu yang lama.

Selain itu memudahkannya bernapas dan tidak menghambat aktivitas sehari-harinya saat memakai jaket tersebut.

Di mana pertumbuhan anak sangat pesat, sehingga orangtua harus paham dalam memilihkan ukuran jaket untuk sang buah hati. Maka hindari membeli jaket dengan ukuran yang telalu ketat. Sebab jaket yang ketat akan membuatnya tidak nyaman dan sesak di badan.

Jadi pastikan ukurannya sesuai dengan anak, yakni yang sedikit longgar tapi tidak juga terlalu besar.

Editors' Picks

3. Jaket berwarna cerah menyimbolkan kebahagiaan anak

3. Jaket berwarna cerah menyimbolkan kebahagiaan anak
Freepik/Prostooleh

Opsi ini sebenarnya bisa disesuaikan dengan warna kulit anak. Tapi sebaiknya Mama dapat mempertimbangkan warna jaket yang akan digunakan oleh si Kecil.

Pilihlah warna-warna yang cerah menggemaskan dan sesuaikan dengan karakter anak, karena warna yang ceria menyimbolkan kebahagiaan. Secara tak langsung itu akan mengantarkan suasana hangat dan suntikan semangat saat mereka mengenakan jaket.

Selain itu perhatikan juga saat musim hujan, Mama bisa menghindari pemilihan jaket warna putih agar saat terkena air hujan tidak mudah kotor atau dekil.

4. Pilih jaket jenis hoodie yang bisa menghangatkan tubuh dan kepala anak

4. Pilih jaket jenis hoodie bisa menghangatkan tubuh kepala anak
Unplash/Daiga Ellaby

Hal yang biasa membuat bingung oleh kebanyakan orangtua saat memilihkan jaket yakni terlalu banyaknya pilihan dan model.

Namun sebenarnya Mama tidak perlu bingung dengan banyaknya pilihan. Saat membelikan jaket untuk si Kecil, sebaiknya Mama memilih jaket hoodie. Jaket jenis ini dapat memberikan kehangatan di tubuh dan kepala anak karena ada kupluknya.

Terlebih lagi jaket hoodie sudah menjadi tren fashion. Apalagi kini ada banyak variasi dengan jumlah kantong, tali hingga model topinya yang unik di bagian jaketnya.

Jadi tidak ada salahnya Mama membelikan jaket untuk sang buah hati dengan detail hoodie berlengan panjang agar anak tetap hangat saat memakainya.

5. Pilih motif jaket yang disukai anak agar mereka senang memakainya

5. Pilih motif jaket disukai anak agar mereka senang memakainya
Unplash/Rhendi Rukmana

Mengajak anak pergi di malam hari, tentunya jaket sangat diperlukan untuk melindungi tubuh anak. 

Namun agar jaket yang dikenakan anak tidak terlihat dewasa, sebaiknya pilih jaket dengan motif yang disukai si Kecil. Untuk menampilkan kesan anak-anak, pilih jaket anak dengan motif hewan atau tokoh kartun kesukaan mereka.

Biasanya anak perempuan menyukai karakter princess atau bunga-bunga. Ada juga gambar superhero untuk anak laki-laki. Biarkan si Kecil memilih motif kesukaannya sendiri agar ia senang saat memakai jaketnya.

Nah, itu dia 5 tips memilih jaket anak yang aman dan nyaman untuk digunakan sehari-hari. Pastikan Mama membeli jaket anak yang berkualitas baik dan bisa dipakai dalam waktu panjang.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!