7 Cita-Cita Generasi Alpha yang Tidak Terpikirkan Sebelumnya

Dunia berubah, cita-cita anak pun berubah!

28 Januari 2020

7 Cita-Cita Generasi Alpha Tidak Terpikirkan Sebelumnya
techspot.com

Dunia dan peradaban manusia adalah hal yang dinamis. Keduanya terus berkembang dan berubah seiring berjalannya waktu. Mama tentu sudah merasakan dan melihat sendiri perubahan ini bukan?

Nah, salah satu hal yang juga mengalami perubahan adalah cita-cita. Jika rata-rata generasi milenial selalu bercita-cita menjadi dokter, polisi, guru, atau pegawai negeri sipil, maka beda halnya dengan generasi alpha.

Coba saja tanyakan cita-cita anak Mama sekarang, Mama mungkin akan kaget dengan jawaban anak. Bisa saja profesi unik yang anak sebutkan tidak pernah atau belum ada sebelumnya.

Nah, berikut Popmama.com sudah merangkum tujuh prediksi cita-cita generasi alpha:

1. Menjadi youtuber dan membuat konten video

1. Menjadi youtuber membuat konten video
masterfile.com

Sebagian besar generasi alpha sudah pandai menggunakan teknologi sejak kecil. Mereka pasti sudah tidak asing dengan platform berbagi video, seperti Youtube. Disana, mereka akan melihat Youtuber dengan berbagai usia mendapatkan uang dengan cara membuat konten video yang menarik.

Tidak menutup kemungkinan anak mendapatkan inpirasi untuk menjadi salah satunya. Oleh karena itu, jangan kaget jika anak Mama bercita-cita menjadi Youtuber ya, Ma!

2. Menginspirasi banyak orang sebagai selebgram

2. Menginspirasi banyak orang sebagai selebgram
fashionisers.com

Selain platform berbagi video, generasi alpha juga sudah berinteraksi dengan berbagai media sosial sejak kecil. Bahkan, bisa saja anak sudah memiliki idola di media sosial tersebut. Tidak menutup kemungkinan mereka bercita-cita menjadi selebgram seperti idola mereka.

Nah, Mama tidak boleh bersikap skeptis, selebgram juga bisa menjadi profesi yang menjanjikan lho, Ma. Jika Mama membimbing anak dengan baik, anak pun bisa menginspirasi banyak orang dari profesi tersebut.

3. Bermain game sebagai pemain game profesional

3. Bermain game sebagai pemain game profesional
yourteenmag.com

Apakah Mama salah satu orangtua yang sering memarahi anak karena terlalu banyak menghabiskan waktu untuk bermain game? Ternyata di masa depan, bermain game bisa menjadi salah satu profesi yang menjanjikan lho, Ma.

Apalagi, saat ini sudah banyak game yang di kompetisikan dalam kompetisi e-sport. Bahkan, e-sport adalah salah satu cabang yang dikompetisikan dalam Asian Games tahun 2018 lho, Ma.

Oleh karena itu, jangan bingung apabila anak Mama berkata cita-citanya adalah menjadi pemain game profesional. Jika dibimbing dengan baik, ia pasti bisa berhasil!

Editors' Picks

4. Menciptakan berbagai robot canggih sebagai teknisi robot

4. Menciptakan berbagai robot canggih sebagai teknisi robot
specialworld.net

Dibandingkan beberapa tahun lalu, saat ini robot memiliki peran yang besar dalam mempermudah kehidupan manusia. Bukan tidak mungkin jika di masa depan robot memainkan peran yang lebih penting lagi.

Bahkan saat itu, beberapa pekerjaan manusia mungkin sudah diambil alih oleh robot.

Oleh karena itu, teknisi robot adalah salah satu cita-cita yang sangat mungkin bagi generasi alpha. Kebutuhannya akan sangat besar karena robot sudah menjadi salah satu kebutuhan manusia.

5. Memberantas kejahatan sebagai polisi cyber

5. Memberantas kejahatan sebagai polisi cyber
parentcircle.com

Kehidupan dapat diibaratkan seperti dua sisi koin. Jika ada manusia yang menggunakan teknologi untuk kebaikan, maka akan ada manusia yang menggunakan teknologi untuk kejahatan.

Apalagi di masa depan, ketika teknologi sudah semakin canggih dan luas, risiko kejahatan cyber pun akan semakin tinggi.

Melihat kondisi tersebut, bisa saja polisi cyber menjadi salah satu profesi yang banyak dicita-citakan generasi alpha.

6. Menciptakan inovasi baru sebagai entrepreneur

6. Menciptakan inovasi baru sebagai entrepreneur
sheknows.com

Saat ini, banyak anak muda yang lebih memilih untuk merintis usaha sendiri dan menjadi entrepreneur. Oleh karena itu, sangatlah mungkin jika profesi ini menjadi cita-cita ideal generasi alpha nantinya.

Apalagi, dunia generasi alpha nanti akan dikelilingi oleh teknologi. Mereka pun memiliki kebebasan untuk berinovasi dan menciptakan start up-start up baru.

7. Pergi ke luar angkasa sebagai astronot

7. Pergi ke luar angkasa sebagai astronot
dubaiweek.ae

Beberapa tahun lalu, astronot masih menjadi profesi langka yang hanya bisa dicapai orang-orang tertentu. Namun di masa depan, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi akan meningkatkan peluang seseorang untuk menjadi salah satunya.

Apalagi saat ini, dunia sedang melakukan penelitian besar-besaran agar manusia bisa tinggal di luar angkasa nanti. Kebutuhan akan astronot pun akan semakin besar.

Nah, jika anak Mama bercita-cita jadi astronot, bekali dia dengan ilmu-ilmu yang dibutuhkan sejak dini ya, Ma!

Itulah tujuh prediksi cita-cita generasi alpha yang belum ada sebelumnya. Namun, cita-cita ini hanyalah prediksi. Seiring berjalannya waktu, bisa saja muncul cita-cita lain yang lebih unik lagi.

Tugas Mama sebagai orangtua adalah memahami cita-cita tersebut dan membimbing anak agar dapat meraihnya.

Jadi, apa cita-cita unik anak Mama?

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.