Jangan Diabaikan, Ini Tanda Anak Dihinggapi Kutu Rambut

Kutu rambut akan menyebabkan rasa gatal ekstrim di kepala anak

14 Januari 2020

Jangan Diabaikan, Ini Tanda Anak Dihinggapi Kutu Rambut
lisalewismd.com

Salah satu hama yang dapat menyerang anak adalah kutu rambut. Serangga kecil ini akan hinggap di kepala dan bertahan hidup dengan menghisap darah. Akibat gigitannya, kulit kepala anak akan terasa sangat gatal, terutama pada malam hari.

Selain membuat anak tidak nyaman, rasa gatal yang muncul berisiko membuat kulit kepala terluka lho, Ma, terutama jika anak menggaruk kepalanya dengan keras. Jika dibiarkan, luka ini dapat menimbulkan infeksi dan bernanah.

Melihat risiko yang dapat ditimbulkan kutu rambut, ada baiknya Mama segera melakukan penanganan ketika menyadari adanya kutu rambut di kepala anak. Nah, berikut tanda-tanda yang akan muncul ketika rambut anak dihinggapi kutu rambut:

1. Anak terus menerus menggaruk kepalanya

1. Anak terus menerus menggaruk kepalanya
putnam-consulting.com

Beberapa hari setelah kutu rambut hinggap di kepala, anak akan merasakan rasa gatal yang ekstrim di kepalanya. Rasa gatal tersebut muncul akibat kulit kepala terkena air liur kutu.

Oleh karena itu, segera periksa rambut anak jika Mama melihatnya menggaruk kepala terus menerus.

Selain rasa gatal, anak juga akan merasakan sensasi menggelitik di kulit kepala akibat pergerakan kutu rambut.

2. Anak sulit tidur di malam hari

2. Anak sulit tidur malam hari
todaysparent.com

Kutu rambut adalah serangga yang aktif di malam hari. Otomatis, rasa gatal yang anak rasakan akan memuncak pada waktu tersebut.

Oleh karena itu, segera periksa rambut anak jika ia terlihat lemas, kurang tidur, dan lebih rewel dari biasanya. Bisa jadi ia mengalami kesulitan tidur akibat gigitan kutu rambut.

Editors' Picks

3. Terdapat bintik-bintik putih di rambut anak

3. Terdapat bintik-bintik putih rambut anak
cdnparenting.com

Kutu rambut tidak hanya sekedar tinggal di kulit kepala, mereka juga berkembang biak. Mereka akan melepaskan telur-telur kecil berwarna putih hingga kekuningan dan menempatkannya di batang-batang rambut.

Jika ada bintik-bintik putih yang menyerupai ketombe di rambut anak, besar kemungkinan ia telah dihinggapi kutu rambut. Apalagi jika “ketombe” tersebut sulit dihilangkan.

4. Muncul benjolan merah di kepala dan leher anak

4. Muncul benjolan merah kepala leher anak
medicinenet.com

Tanda lain yang akan muncul ketika anak dihinggapi kutu rambut adalah munculnya benjolan merah di kepala anak. Benjolan tersebut muncul sebagai reaksi alergi terhadap air liur kutu rambut.

Tidak hanya di kepala, benjolan merah tersebut juga bisa muncul di sekitar leher, telinga, hingga bahu.

5. Kelenjar getah bening anak membengkak

5. Kelenjar getah bening anak membengkak
medicalnewstoday.com

Kelenjar getah bening adalah salah satu sistem pertahanan tubuh yang akan membengkak ketika tubuh mengalami infeksi.

Meski tidak selalu terjadi, kelenjar getah bening yang ada di belakang telinga anak dapat membengkak ketika anak dihinggapi kutu rambut. Pembengkakan tersebut terjadi karena luka yang timbul akibat gigitan kutu rambut mengalami infeksi.

Jika anak mengalami pembengkakan ini, segera ajak anak ke dokter untuk mendapatkan antibiotik ya, Ma.

Dibandingkan orang dewasa, kutu rambut lebih mudah menular pada anak-anak. Pasalnya, anak-anak sering bermain dengan saling menempelkan kepala.

Serangga ini juga dapat menular melalui aksesoris, topi, handuk, dan tempat tidur. Oleh karena itu, yuk, lebih waspada lagi, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.