Terpaksa LDR? Lakukan Cara Ini agar Tetap Dekat dengan Anak

Beberapa orangtua terpaksa jalani LDR dengan anak dan keluarga karena tidak bisa pulang ke rumah

31 Maret 2020

Terpaksa LDR Lakukan Cara Ini agar Tetap Dekat Anak
Cossittfamilylaw

Pandemi Covid-19 yang melanda berbagai negara turut memengaruhi kehidupan sehari-hari. Himbauan untuk meminimalisir perjalanan dan melakukan physical distancing diberikan demi mengurangi penyebaran virus. Bahkan, banyak daerah dan negara yang memberlakukan lockdown dan membatasi akses keluar masuk.

Akibat kebijakan-kebijakan baru tersebut, beberapa orangtua dan anak yang berada di daerah atau negara yang berbeda pun terpaksa menjalani hubungan jarak jauh untuk sementara.

Tentu akan terasa berat menjalani hubungan jarak jauh dengan anak, apalagi di saat pandemi sedang menjangkiti banyak negara seperti saat ini. Rasa khawatir dan ketakutan karena tidak bisa selalu mendampingi dan melindungi anak tentu ada.

Namun sebenarnya, hal tersebut tidak perlu ditakuti, apalagi di dunia modern sekarang ini. Kemajuan komunikasi akan mempermudah Mama untuk tetap dekat dengan anak. Ingat Ma, dimana ada kemauan disitu ada jalan.

Untuk membantu mengurangi kekhawatiran Mama, berikut Popmama.com telah merangkum tips-tips untuk tetap dekat dengan anak:

1. Manfaatkan teknologi komunikasi

1. Manfaatkan teknologi komunikasi
Popular Science

Dengan kemajuan teknologi komunikasi saat ini, jarak yang jauh akan terasa dekat. Banyaknya sarana yang tersedia akan membuat Mama tetap terhubung dengan anak meskipun berada di kota atau negara yang berlainan.

Apalagi jika Mama menggunakan layanan internet, Mama bisa melakukan panggilan telepon ataupun video call tanpa perlu mengkhawatirkan masalah biaya.

Jadi, luangkan waktu untuk bercakap-cakap lewat telepon ya, Ma. Buat jadwal khusus yang telah disesuaikan dengan jadwal Mama dan anak agar sesi percakapan berjalan dengan santai dan tidak terburu-buru.

Bagaimanapun, teknologi diciptakan untuk memudahkan kehidupan manusia bukan?

Editors' Picks

2. Kirimkan barang yang diperlukan

2. Kirimkan barang diperlukan
Freepik

Selama pandemi Covid-19 berlangsung, ada banyak benda yang kita butuhkan untuk menghindari penularan, seperti masker dan hand sanitizer. Kita juga membutuhkan makanan-makanan bergizi untuk meningkatkan daya tahan tubuh kita.

Nah, Mama bisa melindungi anak dari jarak jauh dengan mengirimkan barang-barang tersebut melalui jasa pengiriman barang.

Cara ini pun bisa menjadi salah satu solusi untuk mengurangi rasa khawatir yang Mama rasakan.

3. Saling mengirimkan video keseharian

3. Saling mengirimkan video keseharian
Freepik/Katemangostar

Meskipun berada di daerah atau kota yang berbeda, Mama dan anak tetap bisa dekat dengan saling mengirimkan video kegiatan sehari-hari lho.

Misalnya, Mama bisa mengirimkan video saat Mama sedang memasak atau anak mengirimkan video ketika bermain.

Dengan cara tersebut, Mama bisa mengetahui keseharian anak dan juga sebaliknya. Video-video tersebut pun bisa menjadi obat penghilang rindu dan khawatir.

Nah, saat ini ada banyak media sosial yang memfasilitasi kita untuk berbagi video. Mama bisa memanfaatkan media-media sosial tersebut.

4. Berdoa bersama dan saling menguatkan

4. Berdoa bersama saling menguatkan
Rock-cafe

Kondisi saat ini adalah kondisi yang berat bagi Mama dan anak. Oleh karena itu, ajaklah anak untuk berdoa bersama dan saling menguatkan.

Yakinkan anak bahwa kondisi ini akan cepat berlalu. Mama juga perlu menjaga agar anak tetap positif.

Lagi-lagi, teknologi menjadi penyelamat. Manfaatkan lah teknologi untuk melakukan hal tersebut. Mama bisa berdoa bersama dan saling menguatkan melalui panggilan telepon ataupun melalui video call.

5. Ikuti perkembangan berita

5. Ikuti perkembangan berita
Freepik/tirachardz

Tips selanjutnya yang perlu Mama lakukan adalah mengikuti perkembangan berita. Saat ini, ada banyak berita terkait perkembangan Covid-19, baik berupa informasi mengenai virus tersebut maupun perubahan kebijakan-kebijakan yang diambil pemerintah.

Nah, Mama perlu mengikutinya agar dapat mengambil langkah tepat ketika muncul pemberitaan baru. Sebagai contoh, Mama bisa segera menjadwalkan perjalanan untuk menemui anak ketika keadaan sudah dinyatakan kondusif.

Bagaimana, Ma? Jarak bukanlah halangan bukan? Meskipun berbeda dengan cara konvensional, Mama tetap bisa membangun komunikasi dan tetap dekat dengan anak.

Semoga tips-tips di atas mengurangi kekhawatiran yang Mama rasakan ya! Tetap di rumah dan stay safe!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.