7 Rekomendasi Buku Cerita untuk Anak

Buku cerita juga dapat memberikan pelajaran hidup pada anak

30 November 2021

7 Rekomendasi Buku Cerita Anak
Freepik/pvproductions

Buku cerita selalu menjadi pilihan setiap orangtua untuk sekadar menghibur anak atau menambah pengetahuan anak. Terdapat beberapa buku cerita yang cukup menarik untuk dibaca dan diceritakan pada anak.

Selain itu, dengan membacakan buku cerita tentunya dapat membangun adanya kedekatan emosional antara orangtua dan juga anak-anak.

Namun, Mama tentu harus dapat memilih cerita seperti apa yang disukai anak serta bagaimana alur dan jalan cerita pada buku tersebut. Hal ini tentu sangat penting untuk diperhatikan.

Pada setiap cerita yang terdapat dalam buku tentunya memberikan pengalaman dan pelajaran baik yang dapat dipetik dan di ajarkan pada sang anak. Tidak hanya berisi buku-buku yang populer, namun buku cerita yang bernuansa islami pun juga dapat Mama persiapkan untuk si Kecil.

Berikut ini Popmama.com sudah merangkum buku cerita yang dapat diberikan pada anak

1. Penguin Says “Please”

1. Penguin Says “Please”
shopee.co.id

Buku cerita yang akan dibahas pertama adalah buku cerita dengan judul 'Penguin Says "Please"'. Buku ini merupakan ciptakaan karya Michael Dahl. Penguin Says "Please" ini berfokus pada penggunaan tata krama yang baik dan benar.

Dalam cerita ini, si Penguin senang sekali mengajak para pembacanya untuk dapat mengucapkan kata minta tolong. Buku ini tergolong sederhana dan tentunya sangat bermanfaat untuk melatih perkembangan anak agar dapat mengucapkan kata 'tolong'.

Selain itu, buku ini juga dilengkapi dengan gambar-gambar karya ilustrator Oriol Vidal. Gambar ilustrasi ini tentunya sangat menarik dan juga memiliki warna yang cukup jernih. Sehingga akan membuat anak-anak senang membaca dan mendengarkan cerita dari buku ini.

2. Bella dan Balon Merah

2. Bella Balon Merah
rabbitholeid.com

Buku yang satu ini merupakan terbitan dari Rabbit Hole. Buku ini diciptakan dan diilustrasikan oleh sepasang suami istri yang bernama Devi Raissa dan Guntur G.

Buku ini menceritakan tentang Bella yang mencari-cari balonnya yang sedang terbang. Namun, ketika menemukannya ternyata balon tersebut ditemukan oleh para keluarga beruang dan membuat mereka menjadi senang dan bahagia.

Cerita ini membuat anak untuk dapat melatih kemampuannya agar dapat memiliki rasa empati, berpikir keras dalam memecahkan masalah, mengenal emosi serta dapat mengambil keputusan. Tentunya hal mendasar seperti ini sangat diperlukan untuk melatih perkembangan anak.

Buku ini termasuk buku yang paling murah dari terbitan Rabbit Hole. Walaupun begitu, buku ini memiliki pelajaran yang baik untuk perkembangan anak.

Editors' Picks

3. Excuse Me: A Little Book of Manners

3. Excuse Me A Little Book of Manners
shopee.co.id

Buku selanjutnya yang dapat menjadi rekomendasi buku cerita anak adalah "Excuse Me: A little Book of Manners". Buku ini ditulis dan diilustrasikan oleh Karen Katz. Sama halnya seperti buku yang pertama, buku ini juga mengajarkan anak untuk dapat memiliki tata krama yang sopan.

Ungkapan kata seperti 'tolong' dan 'terima kasih' tentunya akan lebih mudah diingat bila disertai dengan kata, "Excuse Me!". Dengan adanya buku ini tentu dapat memperkenalkan pada anak mengenai kata-kata dasar atau magic word yang harus dimiliki dan sangat diperlukan untuk melatih manners.

Mulai dari bersendawa hingga merusak mainan saudara, buku ini akan mengajarkan pada anak mengenai berbagai macam karakter-karakter yang ada dalam lingkungan yang tentunya sangat familiar bagi mereka.

Buku cerita ini juga akan mengajarkan mereka agar dapat mengucapkan kata, seperti permisi dan juga kata maaf.

4. Tentang Anak : Berbagi

4. Tentang Anak Berbagi
shopee.co.id

Buku ini merupakan salah satu dari seri dari buku Tentang Anak. Tentang anak merupakan sebuah wadah informasi serta edukasi kesehatan dan tumbuh kembang anak yang diinisiasikan oleh dr. Mesty, Sp.A

Sama seperti seri buku lainnya, pada buku kali ini mengajarkan sikap baik untuk dapat berbagi dengan orang lain. Seri buku ini memiliki berbagai cerita yang sangat berhubungan dengan kehidupan sehari-hari.

Buku ini juga dapat mengajarkan si Kecil agar mulai belajar berbagi terhadap suatu hal. Tentunya menanamkan sifat yang baik seperti ini melalui contoh sederhana seperti yang berada di dalam buku dapat melatih perkembangan dan emosional anak menjadi lebih baik.

5. Seri Fun Cican: Ketika Cican Marah

5. Seri Fun Cican Ketika Cican Marah
id.carousell.com

Buku Ketika Cican Marah sangat cocok diberikan pada anak saat mulai belajar membaca. Buku ini mempunyai kertas yang tebal, glossy serta mudah untuk dibersihkan menggunakan lap. Selain itu, buku ini juga memberikan gambar yang cukup menarik sehingga akan membuat anak menyukainya.

Kata-kata yang dihadirkan juga tidak terlalu banyak sehingga membuat anak tidak mudah bosan, namun tetap dapat membantu anak dalam mempelajari setiap kata demi kata dari cerita tersebut. Buku ini juga menghadirkan beberapa kata sulit yang diucapkan seperti "menangis" dan "mengaduh". 

Tidak hanya itu, dengan buku ini juga dapat mengajarkan tentang berbagai macam emosi dan cara mengelolanya dengan baik. Menariknya, tidak hanya dapat sekaligus belajar membaca, namun buku ini juga mengajarkan anak dalam belajar self-healing.

6. Tristan The Traveler: Negeri Kincir Angin

6. Tristan The Traveler Negeri Kincir Angin
tokopedia.com

Buku yang satu ini tentunya sangat menarik untuk dibaca karena menceritakan tentang perjalan seseorang yang bernama Tristan ke negeri Belanda. Melalui buku ini, tentunya akan mengajarkan anak berbagai kata-kata yang tidak terdapat pada buku anak yang ada di Indonesia.

Selain itu, jumlah kata yang terdapat pada buku ini juga tidak terlalu banyak sehingga akan membuat si Kecil tidak mudah bosan. si Kecil pun juga akan senang ketika belajar membaca. Ilustrasi yang diberikan pun akan membuat anak menjadi mudah memahami segala situasi yang diceritakan pada buku.

Tentunya hal ini sangat menarik, mengingat anak-anak sangat suka melihat-lihat gambar. Tetapi, buku ini memiliki ukuran yang cukup besar dengan kertas yang tidak terlalu tebal. Sehingga akan lebih baik dibaca dengan didampingi oleh Mama.

7. Halo Balita: Kisah Nabi Muhammad S.A.W

7. Halo Balita Kisah Nabi Muhammad S.A.W
shopee.co.id

Apabila Mama ingin mengajarkan anak mengenai cerita-cerita yang berkaitan dengan agama, tentunya buku yang berkisah tentang nabi ini dapat menjadi pilihan mama. Buku cerita yang satu ini memperkenalkan kisah perjalanan tentang Nabi Muhammad SAW.

Buku ini menceritakan tentang kehidupan yang dialami oleh nabi semasa hidupnya, mulai dari kisah orangtuanya, perilaku dan lain sebagainya. Tentunya buku yang satu ini penting untuk dibacakan pada anak agar anak juga dapat meniru perilaku baik dari sang nabi.

Nah, itulah rekomendasi buku cerita yang dapat diberikan pada anak. Dari 7 buku cerita tersebut buku yang manakah yang menjadi favorit si keci?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk