15 Tebak-tebakan Buah untuk Anak TK

Kira-kira si Kecil tahu buah ini tidak, ya?

19 Juni 2022

15 Tebak-tebakan Buah Anak TK
Pexels/Trang Doan

Buah-buahan tentunya memiliki berbagai macam manfaat karena memiliki kandungan yang baik bagi tubuh. Maka dari itu buah-buah tentunya baik dikonsumsi, terutama bagi annak-anak.

Di antara berbagai jenis buah, buah jenis apa saja yang sudah diketahui oleh si Kecil? Di usia saat ini anak tentunya sudah dapat mengenal bentuk, warna dan ciri-ciri dari buah itu sendiri.

Hal ini tentunya baik bagi perkembangan anak dan sekaligus menambah pengetahuan anak mengenai bentuk dan manfaat dari buah tersebut. Untuk dapat mengetahui jenis buah, Mama dapat mengajak anak untuk melakukan tebak-tebakan.

Berikut ini Popmama.com sudah merangkum tebak-tebakan buah untuk anak TK yang bisa diikuti si Kecil. Yuk, ajak anak ikutan!

1. Buah Mangga

1. Buah Mangga
Freepik/user3802032

Masuk pada buah tebakan pertama, buah apakah ini?

Buah ini memiliki warna kulit yang hijau dan tak jarang ada pula yang berwarna kuning. Buah ini memiliki bentuk bulat yang memanjang pada bagian ujungnya. Selain itu, isi daging dari buah ini berwarna kuning dan memiliki biji yang cukup besar. Buah ini juga memiliki rasa yang enak dan menyegarkan.

Ya, jawabannya adalah buah mangga.

Buah mangga merupakan salah satu buah-buah yang memiliki kandungan vitamin A, C, D, zat besi, kalsium dan berbagai kandungan lainnya. Mangga juga memiliki manfaat mengurangi kadar kolesterol serta tekanan darah dan juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

2. Buah Jeruk

2. Buah Jeruk
Pexels/Karol Olson

Buah yang kedua memiliki bentuk bulat dengan warna kuning. Kemudian isinya juga berwarna kuning yang dapat dibagi menjadi beberapa bagian. Buah ini juga memiliki biji bulat di dalamnya. Selain itu, buah ini juga memiliki rasa yang manis ketika dimakan.

Buah apakah itu?

Jawabannya adalah buah jeruk.

Buah jeruk memiliki kandungan vitamin C yang cukup banyak. Buah ini sudah dibudidayakan di Asia semenjak ribuan tahun yang lalu, termasuk Indonesia. Hal ini karena buah ini memiliki habitat yang cocok dengan iklim tropis yang ada di Indonesia sehingga membuat buah ini dapat tumbuh cukup subur.

3. Semangka

3. Semangka
Pexels/Karolina Grabowska

Buah apakah yang cukup besar ini?

Buah ini memiliki ukuran yang besar dengan bentuk bulat dan kadang melonjong. Buah ini juga sangat berat sehingga harus dipegang dengan kedua tangan. Kulitnya berwarna hijau dan memiliki corak garis zig zag dengan warna hijau pula.

Selain itu, buah ini memiliki daging yang berwarna merah dan kuning serta memiliki biji kecil-kecil tipis berwarna hitam dan putih dengan jumlah yang cukup banyak. Buah ini juga memiliki rasa yang enak dan manis dan cukup menyegarkan.

Jawabannya adalah buah semangka.

Semangka merupakan buah yang berasal dari setengah gurun di Afrika Selatan dan sudah dapat dijumpai di banyak negara lainnya. Buah ini masih satu kerabat dengan buah labu, melon dan juga timun. Semangka dapat dipanen dan dimakan langsung atau juga dapat dibuat untuk jus.

4. Buah Stroberi

4. Buah Stroberi
Freepik/azerbaijan_stocke

Sama-sama berwarna merah dengan ukuran yang kecil, buah apakah ini?

Buah ini memiliki bentuk seperti kerucut bulat dan memiliki daun dibagian pangkalnya. Buah ini memiliki kulit dengan warna putih kehijauan saat mulai masak dan akan berubah menjadi warna merah sepenuhnya.

Bagian kulitnya terdapat bintik-bintik seperti biji yang berwarna hitam. Selain itu, buah ini memiliki rasa manis dan juga asam.

Ya, jawabannya adalah buah stroberi.

Pada awalnya buah stroberi ini tumbuh di daerah Eropa. Stroberi juga memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi dan juga mineral kalium. Buah ini juga memiliki bentuk, ukuran, warna, rasa yang berbeda.

Hal ini bergantung dari cara perawatan buah ini. Stroberi pun saat ini juga banyak sekali dimanfaatkan dengan cara dibudidayakan secara luas.

5. Buah Pisang

5. Buah Pisang
Pexels/alleksana

Apakah nama jenis buah yang satu ini?

Buah ini memiliki bentuk yang panjang dan awalnya memiliki warna hijau yang kemudian berubah menjadi warna kuning ketika sudah masak. Pada bagian dalamnya isi buah ini berbentuk padat dan berwarna putih. Buah ini dapat dimakan langsung dengan cara dikupas kulitnya menggunakan tangan.

Jawabannya adalah buah pisang.

Buah pisang merupakan buah yang cukup dikenal luas di Indonesia. Selain dapat dimakan secara langsung buah ini juga dapat dimakan dengan cara diolah terlebih dahulu, seperti dikukus ataupun digoreng.

Pisang memiliki kandungan serat yang tinggi dan kadang juga dijadikan sebagai makanan pencuci mulut. Pisang juga memiliki berbagai ukuran, mulai dari pisang kecil hingga pisang yang berukuran besar.

6. Buah apel

6. Buah apel
Pexels/Suzy Hazelwood

Apakah nama buah ini?

Buah ini memiliki kulit berwarna merah. Terkadang juga berwarna hijau jika belum masak. Buah ini memiliki daging berwarna putih yang keras namun tetap memiliki kulit yang lembut. Rasanya manis dan terdapat beberapa biji di dalamnya.

Ya, jawabannya adalah buah apel.

Buah apel pertama kali tumbuh di daerah Asia Tengah hingga akhirnya mulai menyebar ke seluruh penjuru negeri. Apel memiliki manfaat baik di konsumsi oleh tubuh.

Buah yang satu ini dapat membantu dalam menyehatkan adanya masalah pencernaan, maka dari itu buah ini sangat baik dikonsumsi oleh penderita diare.

Editors' Picks

7. Buah pir

7. Buah pir
Pexels/Polina Kovaleva

Apa nama buah yang satu ini?

Buah ini ada yang memiliki kulit berwarna kuning dan ada pula yang berwarna hijau. Dagingnya berwarna putih dan terdapat beberapa biji di dalamnya. Buah ini juga memiliki bentuk bagian atas yang bulat kecil sedangkan di bagian bawah lebih besar. Rasanya pun perpaduan dari manis dan asam.

Jawabannya adalah buat pir.

Buah pir dipercaya memiliki kandungan manfaat yang baik bagi tubuh sedari dulu. Pir memiliki asupan makanan dengan gizi yang cukup seimbang. Selain itu, buah ini dipercaya dapat menjaga kesehatan pencernaan. Maka dari itu, buah ini dapat mengurangi terjadinya sembelit, diare dan sulit buang air besar.

8. Buah nanas

8. Buah nanas
Pexels/Pineapple Supply Co

Apa nama buah yang satu ini?

Buah ini memiliki kulit yang tebal, keras dan berduri. Buah ini berbentuk seperti balok dan berwarna kuning. Pada bagian atasnya terdapat daun yang besar. Daging buah ini berwarna kuning dan memiliki rasa perpaduan antara manis dan asam.

Jawabannya adalah buah nanas.

Buah nanas merupakan buah asli dari Amerika Selatan dan sudah cukup lama dibudidayakan. Nanas termasuk buah yang memiliki kalori yang cukup rendah, namun tetap memiliki nutrisi yang baik untuk tubuh. Nanas juga baik dikonsumsi dan dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

9. Buah anggur

9. Buah anggur
Pexels/Kai-Chieh Chan

Apakah nama buah yang satu ini?

Buah ini memiliki bentuk bulat kecil-kecil dan berwarna ungu, merah dan hijau. Buah ini juga memiliki rasa yang manis dan dapat dimakan langsung.

Jawabannya adalah buah anggur.

Buah ini sudah dibudidayakan di Timur Tengah sejak sebelum masehi. Anggur termasuk dalam tanaman merambat yang memiliki berbagai manfaat, seperti jus anggur, membuat jelly, minuman anggur, minyak biji anggur dan kismis.

Anggur diketahui juga dapat mengurangi tekanan darah dan dapat mencegah terjadinya pembekuan darah.

10. Buah kiwi

10. Buah kiwi
Pexels/Polina Kovaleva

Apakah nama buah satu ini?

Buah ini memiliki bentuk bulat dengan sedikit lonjong serta memiliki kulit berwarna cokelat. Sementara pada dagingnya berwarna hijau. Buah ini mempunyai perpaduan rasa yang manis dan juga asam bila dimakan.

Jawabannya adalah buah kiwi.

Kiwi merupakan buah yang disebut juga dengan buah beri namun dengan ukuran yang lebih besar. Buah ini diketahui berasal dari lembah sungai Yangtze di Cina Utara. Kiwi memiliki rasa yang segar dan cukup lezat serta dapat diolah dengan berbagai bentuk atau dimakan secara langsung.

11. Buah pepaya

11. Buah pepaya
Pexels/picmamba.com

Apakah nama buah ini?

Buah ini memiliki bentuk lonjong yang memanjang dan mempunyai warna oranye dan juga hijau. Daging buah ini juga berwarna oranye dengan terdapat biji di dalamnya. Buah ini juga memiliki rasa manis dan banyak sekali dijumpai di pekarangan rumah warga.

Jawabannya adalah buah pepaya.

Buah pepaya memiliki tekstur yang lembek dan juga lunak. Pepaya memiliki antioksidan yang tinggi sehingga dipercaya dapat mengurangi risiko terjadinya kanker. Selain itu, buah ini diketahui juga dapat meningkatkan kesehatan jantung.

12. Buah sirsak

12. Buah sirsak
planterandforester.com

Apaka nama dari buah ini?

Buah ini memiliki bentuk lonjong dengan bentuk yang besar. Kulitnya juga memiliki duri yang tajam dan berwarna hijau. Daging buah ini sendiri berwarna putih dan terdapat biji di dalamnya. Buah ini juga memiliki rasa manis asam.

Jawabannya adalah buah sirsak.

Buah sirsak banyak ditemukan di daerah beriklim tropis, salah satunya di Indonesia. Buah ini memiliki kandungan antioksidan dan dapat membantu dalam menjaga kesehatan mata. Selain itu, buah ini juga memiliki berbagai manfaat karena memiliki kandungan mineral dan vitamin yang baik untuk tubuh.

13. Buah manggis

13. Buah manggis
Pexels/Quang Nguyen Vinh

Apakah nama buah yang satu ini?

Buah ini memiliki bentuk seperti bula dengan ukuran yang kecil dan memiliki kulit yang tebal. Daging dari buah ini sendiri memiliki warna putih susu dengan sedikit getah berwarna kuning. Sementara kulitnya memiliki warna merah keunguan dan mempunyai rasa yang manis.

Jawabannya adalah buah manggis.

Buah manggis memiliki panjang pohon setinggi 10-15 meter. Buah ini juga mudah dibuka dan memiliki sifat yang kenyal. Manggis pertama kali di ditemukan oleh Laurent Garcin yang berkebangsaan Prancis. Manggis juga dijumpai di beberapa negara lainnya, seperti Thailand, Malaysia, dan India bagian Selatan.

14. Buah melon

14. Buah melon
Pexels/Polina Kovaleva

Apakah nama buah yang satu ini?

Buah ini memiliki bentuk bulat berukuran besar dan berwarna hijau. Rasanya manis dan memiliki daging berwarna hijau ke kuningan atau berwarna oranye.

Jawabannya adalah buah melon.

Melon kerap dikonsumsi sebagai makanan penutup atau makanan selingan. Buah ini juga dapat dimakan langsung atau diiris dan dijadikan campuran dengan es buah.

Selain itu, melon diyakini juga memiliki kandungan air yang cukup tinggi. Buah ini pun juga cocok disantap saat cuaca panas karena rasanya yang segar.

15. Buah delima

15. Buah delima
Pexels/hitesh choudhary

Apakah nama buah yang satu ini?

Buah ini memiliki warna merah. Buah ini juga memiliki biji yang cukup banyak dengan ukuran yang kecil dan bentuk yang bulat panjang dan pipih. Kulitnya cukup tebal dan memiliki rasa manis asam.

Jawabannya adalah buah delima.

Buah delima memiliki banyak manfaat yang tentunya tidak perlu diragukan lagi. Delima memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi. Buah ini berasal dari Asia Tengah dan banyak dibudidayakan di Timur Tengah.

Buah ini dapat diolah dalam bentuk jus, dicampur dengan berbagai makanan atau dimakan secara langsung. 

Nah, itulah berbagai macam tebak-tebakan tentang buah-buah yang dapat diikuti si Kecil.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk