Tradisi Merawat Kulit Anak dengan Bahan Tradisional yang Alami

Banyak khasiat yang akan dirasakan oleh anak mama, coba sekarang, Ma!

26 Mei 2022

Tradisi Merawat Kulit Anak Bahan Tradisional Alami
Freepik/User18526052

Banyak sekali produk perawatan bayi dan anak di pasaran. Namun, tak semua cocok untuk anak-anak mama. Bisa jadi beberapa produk akan membuat kulit anak mama iritasi, luka, dan parahnya bisa menjadi penyakit kulit. 

Keadaan ini kerap membuat Mama menjadi pusing dalam memilih produk perawatan untuk anak.

Salah satu solusinya, Mama dapat memilih melakukan perawatan tubuh si Kecil dengan menggunakan bahan-bahan alami yang ada di alam. Bahan yang berasal dari alam dipercaya berkhasiat untuk manusia, termasuk dalam hal perawatan tubuh. 

Sayangnya, perawatan menggunakan bahan-bahan alami sangat merepotkan karena membutuhkan usaha lebih dalam mempersiapkan bahan serta proses pembuatannya. Hingga akhirnya tradisi perawatan dengan bahan tradisional mulai meredup.

Namun, Mama tak perlu khawatir lagi, berikut ini Popmama.com telah merangkum tips untuk melakukan tradisi perawatan kulit anak dengan menggunakan produk tradisional yang alami. Simak dan langsung coba yuk, Ma! 

Editors' Picks

1. Hindari produk dengan kandungan detergen, paraben, SLS, dan pewarna

1. Hindari produk kandungan detergen, paraben, SLS, pewarna
Freepik/Kwangmoop

Kulit bayi dan anak-anak berbeda dengan orang dewasa, Ma. Kulit mereka lebih tipis dan sensitif. Untuk itu, Mama dianjurkan untuk menggunakan produk perawatan kulit yang alami.

Produk alami merupakan produk yang terbuat tanpa menggunakan bahan kimia sama sekali atau menggunakan bahan kimia dengan persentase yang kecil. Maka dari itu, produk-produk alami ini sangat cocok dan pas untuk bayi dan balita, Ma. 

Sayangnya, terkadang ada beberapa produk bayi yang mengklaim alami namun tidak benar-benar alami.

Untuk itu, dalam memilih produk alami, Mama jangan lupa memperhatikan komposisinya, ya. Hindari produk perawatan tubuh anak yang mengandung detergen, paraben, SLS, dan pewarna.

2. Pilih produk tradisional yang gunakan bahan alami asli

2. Pilih produk tradisional gunakan bahan alami asli
Freepik.com/jcomp

Salah satu produk perawatan tubuh tradisional untuk bayi yang aman adalah Tropee Bebe. Sebab, produk ini benar-benar terbuat dari bahan tradisional yang asli dari alam Indonesia. 

Selain itu, produk ini juga telah dinyatakan bebas detergen, paraben, SLS, dan pewarna sehingga benar-benar nyaman digunakan oleh bayi dan balita mama.

"Trobee Bebe merupakan brand asli Indonesia yang fokus dalam mengembangkan produk perawatan bayi dan anak menggunakan bahan alami dan tradisional yang berkualitas," jelas Idrus Halim. 

Idrus pun mengungkapkan, "Bagi kami, perawatan menggunakan bahan alami dan tradisional untuk si Kecil adalah yang terbaik."

Produk ini hadir dengan berbagai rangkaian perawatan untuk anak. Mulai dari minyak kemiri, hair lotion, shampo kemiri, minyak telon, body wash, hingga hair wash. Benar-benar lengkap ya, Ma. Kini, Mama tak perlu repot-repot lagi deh cari produk perawatan yang aman dan alami untuk si Kecil. 

3. Pilih produk yang telah mendapat izin edar dari BPOM dan bersertifikasi halal dari MUI

3. Pilih produk telah mendapat izin edar dari BPOM bersertifikasi halal dari MUI
Dok. Tropee Bebe

Keamanan produk perawatan bayi ini juga telah diuji oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) serta sudah mendapat izin edar. Bahkan, produk perawatan bayi ini juga telah mendapat sertifikasi halal dari MUI lho, Ma. Jadi benar-benar baik untuk digunakan oleh anak mama. 

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih produk tradisional yang benar-benar menggunakan bahan alami. 

Kini, Mama sudah tidak pusing lagi kan dalam memilih produk untuk si Kecil? Jika Mama tertarik ingin mencoba produk ini, bisa langsung cek e-commerce, ya. 

Semoga informasi ini bisa menghilangkan rasa takut Mama menggunakan produk alami dan dapat membantu menemukan produk yang cocok untuk si Kecil. Selamat mencoba, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk