Anies Baswedan: 16% Kenaikan Kasus Corona di Jakarta adalah Anak-Anak

Tahan dulu untuk ajak anak keluar rumah ya, Ma

22 Juni 2021

Anies Baswedan 16% Kenaikan Kasus Corona Jakarta adalah Anak-Anak
Freepik/Waridsara.p

Kenaikan virus corona di Indonesia akhir-akhir ini cukup tinggi. Saat ini, masyarakat Indonesia yang telah dinyatakan positif virus corona telah mencapai 2 juta jiwa. Dari semua yang terpapar, anak-anak dan balita ikut termasuk di dalamnya. 

Di DKI Jakarta ratusan anak dinyatakan positif corona. Situasi ini sangat mengkhawatirkan. Alangkah baiknya Mama dan anak-anak menghabiskan waktu berlibur di rumah saja. 

Supaya lebih jelas, berikut Popmama.com telah merangkumkan informasi dari Anies Baswedan selaku Gubernur DKI Jakarta terkait virus corona di DKI Jakarta. Simak yuk, Ma

Editors' Picks

1. Kasus positif corona pada anak mencapai ratusan

1. Kasus positif corona anak mencapai ratusan
Freepik/Prostooleh

Akhir-akhir ini kasus positif corona di Indonesia melonjak tajam. Di DKI Jakarta sendiri, kasus virus corona mencapai rekor baru pada Minggu, 20 Juni 2021, yakni 5.582, 16 persen di antaranya anak-anak. 

"Tapi yang mengkhawatirkan, Minggu lalu kita alami kasus harian tertinggi, yaitu 5.582 kasus baru. Dari angka itu, 665 anak usia 5-18 tahun dan 224 adalah kasus anak di bawah 5 tahun, balita. Jadi 16 persen dari kenaikan kasus adalah anak-anak," kata Anies Baswedan di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (22/6/2021). 

Dari data-data tersebut, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan kondisi Jakarta saat ini mengkhawatirkan. 

2. Wabah yang beredar kemungkinan virus jenis baru

2. Wabah beredar kemungkinan virus jenis baru
Youtube.com/EA Mask

Melonjaknya angka positif Covid-19 membuat Anies menyatakan situasi wabah COVID-19 saat ini berbeda dengan tahun sebelumnya.

Menurutnya, penyebaran ini dikarenakan jenis virus varian baru yang lebih cepat menular terhadap anak-anak. 

"Kita menghadapi situasi wabah yang berbeda dengan awal tahun kemarin. Besar kemungkinan adalah varian baru yang dengan mudah menular, termasuk kepada anak-anak," tutur Anies.

3. Kondisi di luar sedang tidak baik-baik saja, Anie imbau anak-anak tetap di dalam rumah

3. Kondisi luar sedang tidak baik-baik saja, Anie imbau anak-anak tetap dalam rumah
Freepik/Angel.nt

Situasi gawat ini membuat Anies mengimbau para orangtua untuk tidak membiarkan anak bermain di luar rumah demi keselamatan masing-masing.

"Saya berharap kepada keluarga di Jakarta lebih berhati-hati. Usahakan di rumah saja. Anak-anak biarkan bermain di rumah saja demi keselamatan semuanya. Karena penanganan untuk anak-anak tentu membutuhkan pendampingan orang dewasa sehingga muncul kompleksitas yang tidak sederhana," ujar Anies.

Walaupun besar keinginan Mama dan anak untuk bermain di luar guna mengisi waktu berlibur, tetapi di rumah saja menjadi pilihan terbaik untuk saat ini. 

Jangan gegabah ya, Ma. Jangan sampai memaksakan diri keluar rumah untuk bersenang-senang dan berakhir terpapar virus.

Yuk, kita di rumah saja terlebih dahulu! Simpan dulu uang berliburnya, ditabung lagi, setelah virus ini hilang, langsung bersenang-senang sepuasnya. Semoga Mama dan keluarga terhindar dari paparan virus corona dan pastinya selalu bahagia!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.