10 Aplikasi Parenting untuk Mengawasi Anak saat Bermain Gadget

Mudah dan murah, coba yuk, Ma!

24 April 2021

10 Aplikasi Parenting Mengawasi Anak saat Bermain Gadget
Freepik

Di zaman yang serba canggih ini semua orang bermain gadget. Dari usia muda hingga dewasa semuanya fasih dalam menggunakan perangkat gadget.

Untuk orang dewasa biasanya sudah bisa mengatur diri dalam menggunakan gadget, mereka sudah dapat memilah mana yang baik dan mana yang buruk.

Namun, anak-anak masih telalu muda dan lugu untuk menggunakan gadget secara aman.

Banyak hal berbahaya yang bisa saja sewaktu-waktu menyerangnya. Bisa melalui website, pesan teks, pesan telepon, dan lainnya.

Selain itu, anak-anak pun belum bisa berapa lama ia mengguakan gadget. Jika ia menemukan permainan yang menyenangkan, bisa saja dia memainkannya selama berjam-jam tanpa berhenti.

Kontrol pada anak dalam menggunakan gadget masih sangat minim, peran Mama dan Papa sangat penting untuk membimbing anak agar bisa memiliki batasan sesuai usianya. 

Untuk melindungi anak dari kejahatan gadget tersebut bukan berarti Mama harus menghalanginya menggunakan gadget.

Izinkan anak-anak untuk menggunakana di bawah pengawasan Mama. Jika Mama tidak bisa stand by 24 jam mengawasi anak menggunakan gadget, Mama bisa coba aplikasi parenting yang bisa membantu untuk mengontrol anak menggunakan gadgetnya. 

Berikut ini, Popmama.com telah merangkum beberapa informasi aplikasi parenting untuk mengawasi anak yang menggunakan gadget.

1. Google Family Link

1. Google Family Link
play.google.com

Aplikasi Google Family Link ini dapat membantu Mama memantau kegiatan anak-anak saat menggunakan gadget. Dengan aplikasi ini Mama bisa membatasi waktu pemakaian perangkat dan mengunci perangkat sesuai yang telah diatur oleh Mama.

Jadi, Mama dapat dengan mudah memandu anak saat mereka belajar, bermain dan menjelajahi dunia internet.

Mama juga dapat menyetujui atau memblokir aplikasi yang ingin diunduh oleh anak dari Google Play Store.

Selain itu, aplikasi ini juga dapat mengelola pembelian dalam aplikasi dan menyembunyikan aplikasi tertentu di perangkat anak-anak mama. 

Aplikasi ini juga dilengkapi fitur untuk melacak keberadaan anak mama. Lengkap banget kan, Ma?

Dengan satu aplikasi Mama bisa langsung mengontrol anak dengan jarak jauh. 

2. Kids Place – Parental Control

2. Kids Place – Parental Control
play.google.com

Aplikasi ini bisa dibilang seperti asisten pribadi mama untuk menjaga anak. Sebab, aplikasi ini memiliki fitur yang lengkap untuk para orangtua dalam mengawasi anak.

Aplikasi Kids Place - Parental Control bisa membantu untuk mencegah anak membuat panggilan telepon, memlakukan SMS, mendownload aplikasi baru, memblokir pembelian di Play Store, memblokir situs web, dan mengatur durasi penggunaan gadget.

Jika anak mama pernah melakukan transaksi online, mungkin sudah saatnya Mama download aplikasi ini di smartphone milik Mama dan Papa.

3. Qustodio Parental Control

3. Qustodio Parental Control
YouTube/Qustodio

Aplikasi ini dapat membantu Mama memantau smartphone anak-anak. Dengan Qustodio Parental Control, Mama dapat mengatur batas waktu untuk aplikasi dan game.

Tidak hanya itu, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk melacak, memfilter panggilan, memantau SMS, hingga melacak keberadaan ponsel anak. Apliksi ini dapat membantu Mama mengawasi hingga 15 perangkat sekaligus.

Jika anak mama tipe anak yang suka bertualang, bermain hingga susah diketahui keberadaanya, coba aplikasi ini untuk membantu melacak posisi anak yuk, Ma.

4. Kaspersky SafeKids

4. Kaspersky SafeKids
YouTube/Kaspersky

Kaspersky SafeKids merupakan aplikasi yang dapat digunakan Mama untuk memblokir situs berbahaya, mengelola penggunaan aplikasi, mengatur batas waktu layar, hingga memantau keberadaan anak saat bermain bersama ponselnya.

Jika Mama memasang versi premium pada aplikasi ini, Mama memiliki akses untuk memeriksa riwayat penelusuran YouTube anak-anak. Selain itu, Mama juga akan mendapat pemberitahuan real time tentang apa yang mereka lakukan dengan ponselnya. 

Editors' Picks

5. SecureTeen Parental Control

5. SecureTeen Parental Control
play.google.com

Aplikasi ini bisa membantu Mama untuk mengontrol anak selama 24 jam. Dengan aplikasi ini Mama bisa mengatur berapa lama anak-anak menggunakan ponsel atau tablet.

Selain itu, aplikasi ini bisa melacak aktivitas anak pada situs jejaring sosial, memeriksa riwayat pencarian web, dan mengontrol semua aktivitas anak degan gadgetnya. 

6. ESET Parental Control

6. ESET Parental Control
play.google.com

Dengan aplikasi ESET Parental Control Mama dapat melakukan pemantauan seperti pemblokiran aplikasi, kontrol aplikasi berbasis waktu, pencari lokasi anak, dan menunjukkan situs web yang paling banyak dikunjungi.

Mama juga bisa memasukkan usia anak dan katagori yang akan diblokir otomatis, seperti perjudian dan pornografi. 

7. MMGuardian Parental Control

7. MMGuardian Parental Control
Youtube/MMGuardian

Fitur-fitur dalam aplikasi ini dapat membantu Mama untuk mudah melacak SMS, panggilan, tautan Web, penggunaan aplikasi, dan memblokir semua yang tidak diperlukan anak. Aplikasi ini bisa memantau gadget anak dari jarak jauh.

Aplikasi ini juga akan memberikan notifikasi pada Mama saat pesan teks atau penelusuran web pada gatget anak menunjukkan sexting, cyberbullying, pikiran untuk bunuh diri, dan banyak lagi. Selain itu, aplikasi ini juga bisa memberi notifikasi ketika anak memiliki atau mengirim pesan MMS, bersifat dewasa atau menunjukkan sexting.

8. Kids Zone

8. Kids Zone
play.google.com

Kids Zone dapat membantu Mama untuk menerapkan batas waktu layar, memblokir pembelian dalam aplikasi, memblokir pembelian di Google Play Store, memblokir SMS dan teks. Aplikasi ini juga bisa membatasi penggunaan media sosial, seperti Facebook, Instagram, Twitter, Snapchat dan media sosial lainnya.

9. Plano

9. Plano
play.google.com

Plano pada dasarnya adalah aplikasi kesehatan mata yang memberikan pengguna berbagai fitur untuk mengelola penglihatan dan kesehatan mata anak.

Dengan aplikasi ini orang tua dapat memberikan pemantauan kesehatan mata seperti, deteksi mata ke layar, petunjuk istirahat mata, pemantauan postur, deteksi cahaya rendah dan filter cahaya biru. 

10. FamilyTime

10. FamilyTime
play.google.com

Dengan aplikasi FamilyTime Mama dapat dengan mudah mengaktifkan pencarian aman, mengatur batas layar, memblokir aplikasi, memantau panggilan dan SMS. Dengan aplikasi ini Anda bisa menyetel batas waktu pemakaian perangkat harian pada aplikasi tertentu di perangkat Android milik anak mama. 

Aplikasi FamilyTime ini juga akan memberi laporan tentang aplikasi apa yang sering digunakan anak dan berapa lama mereka menggunakannya.

Itulah aplikasi parenting yang dapat membantu Mama mengawasi anak dalam bermain gadget. Semoga aplikasi tersebut benar-benar meringankan Mama dalam mengawasi anak-anak.

Semua aplikasi tersebut dapat diunduh melalui Google Play Store atau Apple App Store. Selamat mencoba, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.