Guru Berperan Penting untuk Anak, Yuk Ajak Anak Bacaan Doa untuk Guru

Saling mendoakan atas kebaikan adalah hal positif. Maka dari itu, yuk mulai doakan ibu bapak guru.

14 April 2021

Guru Berperan Penting Anak, Yuk Ajak Anak Bacaan Doa Guru
Freepik/wavebreakmedia_micro

Guru adalah pahlawan tanda tanda jasa. Para guru mendidik dan membagi ilmu kepada anak muridnya tanpa pamrih. Ia hanya ingin anak didiknya bisa sukses dalam menggapai cita-citanya.

Atas segala ilmu yang telah diberikan oleh guru, sebagai murid pasti ada rasa ingin membalas kebaikan tersebut. Nah cara paling mudah yaitu dengan mendoakan. Hal tersebut sesuai dengan pesan Rasulullah SAW.

Nabi SAW berpesan, “Siapa yang memberikan kebaikan untukmu, maka balaslah. Jika kamu tidak mampu membalasnya, doakanlah ia hingga kamu yakin telah benar-benar membalasnya.” (HR. Abu Daud).

Kali ini Popmama.com akan membagikan  bacaan doa untuk guru yang dapat Mama ajarkan ke anak.

Editors' Picks

1. Pentingnya peran guru bagi anak 

1. Penting peran guru bagi anak 
Freepik/Pressfoto

Peran guru sangat penting untuk anak-anak karena beliau memberi segala ilmu yang dimilikinya untuk para murid. Tak hanya ilmu tentang pelajaran akademik saja, ilmu tentang kehidupan dan budi pekerti pun diajarkan agar muridnya cerdas dalam bidang akademik dan memiliki kepribadian yang baik. Atas segala dedikasi yang telah diberikan oleh seorang guru, anak-anak selaku murid perlu menyayangi gurunya. 

Selain itu, anak-anak pun perlu menghormati sosok guru karena guru adalah seseorang yang menggantikan figur orang tua saat berada di sekolah. Maka dari itulah anak harus menghormati guru layaknya orangtua sendiri. 

Menghormati, menyayangi, dan memuliakan seseorang yang lebih tua pun terkandung dalam hadis riwayat Ahmad berikut ini:

لَيْسَ مِنَّا مَنْ لَمْ يُجِلَّ كَبِيرَنَا، وَيَرْحَمْ صَغِيرَنَا، وَيَعْرِفْ لِعَالِمِنَا

Artinya:
“Tidak termasuk golongan kami orang yang tidak memuliakan yang lebih tua dan menyayangi yang lebih muda serta yang tidak mengerti (hak) orang yang berilmu (agar diutamakan pandangannya).” (H.R. Ahmad).

2. Doa agar guru dimuliakan oleh Allah SWT

2. Doa agar guru dimuliakan oleh Allah SWT
iqra.id

Karena perjuangannya, kesabarannya, serta ketelatenannya dalam mendidik, anak-anak selaku  murid dapat membalas kebaikan tersebut dengan mendoakan agar gurunya dimuliakan oleh Allah SWT. 

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِمَشَايِخِنَا وَلِمَنْ عَلَّمَنَا وَارْحَمْهُمْ، وَأَكْرِمْهُمْ بِرِضْوَانِكَ الْعَظِيْمِ، فِي مَقْعَد الصِّدْقِ عِنْدَكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Allahummaghfir li masyayikhina wa liman ‘allamana warhamhum wa akrimhum bi ridlwanikal ‘adzim fi maq’adis shidqi ‘indaka ya arhamar rohimin

“Ya Allah, ampunilah guru-guru kami dan orang yang telah mengajar kami. Sayangilah mereka, muliakanlah mereka dengan keridhaan-Mu yang agung, di tempat yang disenangi di sisi-Mu, wahai Yang Maha Penyayang di antara penyayang.”
 

2. Doa agar ilmu yang diberikan oleh guru menjadi berkah

2. Doa agar ilmu diberikan oleh guru menjadi berkah
www.gettingsmart.com

Guru mengajarkan anak muridnya banyak hal sehingga mereka memiiki banyak pengetahuan baru. Atas kebaikannya tersebut, doakanlah agar aib seorang guru ditutupi dan ilmu yang didapat oleh anak-anak menjadi berkah.

اَللَّهُمَّ اسْتُرْ عَيْبَ مُعَلِّمِي عَنِّي وَلَا تُذْهِبْ بَرَكَةَ عِلْمِهِ مِنِّي

Allâhumma-stur ‘aiba mu‘allimî ‘annî walâ tadzhab barakata ‘ilmihi minnî

“Ya Allah, tutupilah aib guruku dariku, dan jangan Engkau hilangkan berkah ilmunya dariku.”

Itulah beberapa doa untuk guru. Yuk mulai ajarkan si Kecil mendoakan gurunya. Semoga baik dari anak mama dapat membawa kebaikan pula untuknya di masa depan. Semangat terus ya Ma dalam mengajarkan kebaikan pada anak!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.